Tanda Smartphone atau Tablet Anda Telah Diretas

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Smartphone saat ini adalah komputer yang kuat yang memungkinkan kita untuk melakukan tugas yang hanya satu generasi yang lalu akan dianggap sebagai fiksi ilmiah. Perangkat juga sering mengandung sejumlah besar informasi rahasia, termasuk konten teks dan komunikasi email kami, serta akses ke berbagai akun melalui aplikasi pra-masuk. Karena itu, sangat penting untuk menjaga perangkat aman dari peretas, dan untuk mengambil tindakan korektif segera jika telepon seseorang dilanggar. Tetapi bagaimana Anda bisa tahu apakah ponsel cerdas Anda telah disusupi? Berikut adalah beberapa gejala yang harus diwaspadai.

    Ada alasan selain pelanggaran yang dapat menyebabkan perangkat bertindak tidak normal. Namun, jika perangkat Anda tiba-tiba mulai menunjukkan beberapa perilaku yang dipertanyakan, atau masalah yang relevan muncul tak lama setelah Anda mengklik beberapa tautan, mengunduh beberapa aplikasi dari pasar pihak ketiga, membuka beberapa lampiran, atau melakukan sesuatu yang kini Anda pertanyakan, Anda mungkin ingin untuk mengambil tindakan korektif, seperti yang dibahas di bawah ini:

    Ponsel cerdas atau tablet Anda tampaknya lebih lambat dari sebelumnya

    Malware yang berjalan di latar belakang dapat memengaruhi kinerja aplikasi yang sah pada suatu perangkat, dan transmisi malware dapat memperlambat koneksi jaringan suatu perangkat. Penting untuk disadari, bahwa pembaruan ke sistem operasi perangkat kadang-kadang juga dapat menyebabkan perangkat mengalami penurunan kinerja, jadi jangan panik jika Anda baru saja memperbarui sistem operasi Anda dan kinerja sekarang tampaknya menurun. Demikian juga, jika Anda mengisi memori pada perangkat Anda atau menginstal banyak aplikasi prosesor dan bandwidth, kinerja juga dapat turun.

    Perangkat Anda mengirim atau menerima pesan teks aneh

    Jika teman atau kolega Anda melaporkan menerima pesan yang tidak Anda kirim, mungkin ada yang salah (ini juga berlaku untuk email). Demikian juga, jika Anda melihat pesan teks aneh masuk, mungkin terkait dengan pelanggaran.

    Aplikasi baru diinstal pada perangkat Anda - dan Anda tidak menginstalnya

    Meskipun produsen perangkat atau penyedia layanan Anda dapat menginstal aplikasi secara sah dari waktu ke waktu karena pembaruan, jika aplikasi baru tiba-tiba muncul, Anda ingin memastikan bahwa mereka halal. Lakukan pencarian Google di aplikasi dan lihat apa yang dikatakan situs teknologi andal tentang mereka. Seperti yang saya bahas dalam artikel minggu lalu, kerentanan dalam sistem operasi dapat membuat malware Android atau iOS meningkatkan hak istimewa dan dengan demikian memperoleh kemampuan untuk menghindari fitur keamanan - memungkinkannya untuk mencuri data Anda, merekam panggilan dan pesan teks, membajak sosial Anda -Media dan sesi perbankan online, dan mendatangkan segala macam malapetaka.

    Baterai perangkat Anda terkuras lebih cepat dari sebelumnya

    Kode ekstra berjalan di latar belakang (misalnya, malware yang terus-menerus memantau dan menangkap aktivitas pengguna dan menyampaikannya ke pihak ketiga) menggunakan daya baterai.

    Situs web tampak agak berbeda dari sebelumnya

    Jika seseorang menginstal perangkat lunak perusak yang merupakan "proxy" pada perangkat Anda yaitu, duduk di antara browser Anda dan internet dan menyampaikan komunikasi di antara mereka (sambil membaca semua konten komunikasi dan, mungkin, memasukkan berbagai instruksi untuknya sendiri) - ini mungkin memengaruhi tampilan beberapa situs.

    Beberapa aplikasi berhenti berfungsi dengan baik

    Jika aplikasi yang dulu berfungsi dengan benar tiba-tiba berhenti bekerja, itu mungkin juga merupakan tanda proksi atau malware lain yang mengganggu fungsi aplikasi.

    Anda melihat peningkatan penggunaan data atau pesan teks (SMS)

    Jika Anda memantau data atau penggunaan SMS dan melihat penggunaan yang lebih besar dari yang diharapkan, terutama jika kenaikan itu dimulai tepat setelah beberapa "peristiwa mencurigakan," itu mungkin merupakan tanda bahwa malware mengirimkan data dari perangkat Anda ke pihak lain. Anda bahkan dapat memeriksa penggunaan data Anda per aplikasi  jika salah satu dari mereka sepertinya menggunakan terlalu banyak data untuk fungsionalitas yang disediakannya, sesuatu mungkin salah. Jika Anda menginstal aplikasi dari appstore pihak ketiga, Anda dapat mencoba menghapus aplikasi dan menginstalnya kembali dari sumber yang lebih terpercaya tetapi jika ada malware di perangkat Anda, melakukannya mungkin tidak selalu memperbaiki masalah.

    Tagihan telepon seluler Anda menunjukkan biaya tak terduga

    Penjahat dapat mengeksploitasi perangkat yang terinfeksi untuk melakukan panggilan telepon luar negeri yang mahal atas nama proxy pihak jauh melalui perangkat Anda, dapat mengirim pesan SMS ke nomor internasional, atau menelepon biaya dengan cara lain.

    "Munculan" muncul di perangkat Anda dan belum pernah muncul sebelumnya

    Sama seperti di komputer, beberapa malware perangkat seluler menghasilkan jendela sembul yang meminta pengguna untuk melakukan berbagai tindakan. Jika Anda melihat pop-up, berhati-hatilah.

    Email Anda dari perangkat diblokir oleh filter spam

    Jika email dikirim dari Anda Perangkat tiba-tiba diblokir oleh filter spam. Itu bisa menjadi tanda bahwa konfigurasi email Anda telah diubah dan email sekarang sedang disampaikan melalui beberapa server tidak sah yang memungkinkan pihak jahat membaca pesan Anda.

    Perangkat Anda mencoba mengakses situs "buruk"

    Jika Anda menggunakan perangkat Anda di jaringan yang memblokir akses ke situs dan jaringan bermasalah yang bermasalah (banyak bisnis memiliki teknologi seperti itu di jaringan perusahaan dan membawa perangkat Anda sendiri (BYOD)) dan Anda mengetahui bahwa perangkat itu mencoba mengakses situs tersebut tanpa sepengetahuan Anda, perangkat Anda mungkin terinfeksi.

    Anda mengalami gangguan layanan yang tidak biasa

    Jika Anda mengalami panggilan terjatuh, ketidakmampuan untuk melakukan panggilan pada saat Anda tampaknya memiliki kekuatan sinyal yang baik, atau suara-suara aneh yang terjadi selama percakapan telepon Anda, sesuatu mungkin salah. Biasanya, masalah ini menunjukkan masalah teknis yang tidak terkait dengan pelanggaran, tetapi tidak selalu demikian. Jadi, jika Anda melihat gejala-gejala ini tidak lama setelah Anda mengambil tindakan yang sekarang Anda sesali, Anda mungkin ingin mempertimbangkan apakah Anda perlu mengambil tindakan korektif.

    Pelanggaran dan / atau kebocoran data

    Tentu saja, jika Anda mengalami beberapa kebocoran data, Anda harus selalu memeriksa untuk menentukan sumber masalahnya - dan proses pengecekan jelas termasuk memeriksa ponsel cerdas Anda.

    Jadi apa yang harus Anda lakukan jika Anda mencurigai perangkat Anda diretas?

    Jika Anda mencurigai bahwa ponsel Anda terinfeksi, jalankan perangkat lunak anti-malware ponsel (lebih disukai jalankan lebih dari satu penawaran vendor) dan hapus semua aplikasi yang tidak Anda kenal. Jika memungkinkan, bersihkan perangkat, pulihkan pengaturan pabrik, dan instal ulang aplikasi dari toko aplikasi terpercaya. Jelas, gunakan perangkat lunak keamanan internet di perangkat Anda di masa depan. Jika Anda khawatir perangkat telah di-root oleh malware, perlihatkan kepada profesional.(Indri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tanda Smartphone atau Tablet Anda Telah Diretas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar