Fakta Menarik Tentang Menstruasi Anda

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Fakta yang tidak Anda ketahui tentang menstruasi Anda, tetapi mungkin seharusnya ada mengetahuinya! Ok, jadi Anda mungkin tahu dasar-dasar ketika datang ke siklus menstruasi namun, di sini saya sajikan kepada Anda  fakta periode menarik yang mungkin Anda tidak tahu, tapi itu bisa terbukti sangat bermanfaat.

    1. Anda dapat memiliki sedikitnya 150 atau sebanyak 450 periode dalam hidup Anda

    Setiap wanita memiliki panjang siklus yang sedikit berbeda yang rata-rata dapat bervariasi dari setiap 21 hingga 36 hari. Namun, ini tidak akan secara drastis mengubah jumlah periode yang dialami seorang wanita sepanjang hidupnya sehingga faktor-faktor apa yang dapat memengaruhi hal ini?

    Nah, budaya dan cara hidup masuk ke dalamnya. Secara tradisional, (dan masih sampai hari ini dalam budaya tertentu dan kelompok orang di seluruh dunia) seorang wanita akan punya bayi dan kemudian terus menyusui selama beberapa tahun - tidak hanya untuk standar 6 bulan seperti yang biasa dilakukan dalam budaya Barat saat ini. .

    Menariknya, sebagai seorang wanita menyusui itu dapat berfungsi sebagai kontrasepsi alami (karena interaksi hormon-hormon tertentu) dan karenanya, dia tidak mendapatkan menstruasi. Ini cenderung berlangsung selama beberapa tahun sampai menyusui berkurang namun, pada titik ini wanita sering hamil sekali lagi dan seluruh siklus dimulai lagi.

    Rutinitas ini berarti bahwa seorang wanita dapat hidup dengan periode yang relatif sedikit selama masa suburnya. Yaitu, jika dia memilih untuk menyusui anaknya terlalu lama dan cukup sering. Kira-kira setiap 3-4 jam, bahkan pada malam hari, dituntut memiliki efek yang diinginkan. Jadi, membuat bayi Anda tidur sepanjang malam mungkin menjadi bonus dan tujuan modern bagi banyak orang, tetapi kemungkinan besar akan menghasilkan kembalinya periode Anda dengan cepat setelah melahirkan.

    2. Rata-rata usia mulai untuk periode telah berubah

    Secara umum, usia di mana wanita memulai menstruasi mereka menjadi semakin muda. Satu abad yang lalu, usia rata-rata mulai untuk periode adalah 16 tetapi sekarang rata-rata adalah 12 tahun dan itu tidak biasa bagi perempuan semuda 8 tahun untuk memulai pubertas juga.

    Hal ini diduga disebabkan oleh sejumlah faktor seperti kesehatan dan diet keseluruhan yang lebih baik. Namun, hal-hal lain seperti stres, kelebihan berat badan dan iklim semua dapat mempengaruhi usia di mana anak perempuan mulai pubertas.

    3. Anda dilahirkan dengan semua telur Anda

    Ya, Anda memperoleh semua telur yang Anda butuhkan selama berada di dalam rahim - bahkan sebelum Anda dilahirkan! Faktanya, Anda akan memulai hidup dengan lebih dari beberapa juta telur yang jauh lebih banyak daripada yang Anda butuhkan, itu pasti!

    Saat Anda mencapai pubertas dan siklus haid dimulai, salah satu telur ini matang setiap bulan dan dilepaskan. Semua telur tambahan berangsur-angsur mati ketika jam biologis Anda berdetak dan inilah mengapa Anda tidak dapat memiliki bayi lagi setelah mencapai menopause.

    4. Kehamilan dan menstruasi dapat berjalan beriringan

    Banyak yang beranggapan bahwa Anda tidak bisa hamil saat menstruasi, dan Anda tidak akan mengalami menstruasi jika Anda hamil. Yah, aku benci untuk membocorkannya padamu, tetapi tak satu pun dari asumsi ini yang benar.

    Pertama, mari kita pertimbangkan seks selama menstruasi Anda. Oke, jadi tidak mungkin Anda akan hamil saat berhubungan seks saat ini, tetapi itu bukan tidak mungkin. Kemungkinan terjadinya hal ini akan tergantung pada panjang siklus Anda - jika Anda memiliki siklus yang sangat singkat (dan biasanya periode yang lebih berat) maka itu mungkin. Ini karena sperma dapat bertahan hidup dalam tubuh hingga 5 atau 6 hari jadi jika Anda berovulasi 5 - 6 hari setelah menstruasi, Anda bisa hamil.

    Jadi, katakan Anda hamil, tentu ini berarti Anda tidak perlu khawatir tentang periode lain untuk 9 bulan ke depan. Yah, secara teknis - itu pasti tidak akan menjadi periode 'benar' tetapi Anda bisa berdarah sedikit. Ini cukup umum selama beberapa bulan pertama kehamilan dan dapat terjadi karena beberapa alasan tetapi selalu terbaik untuk memeriksakannya ke dokter atau bidan.

    5. Beberapa periode bukan periode yang sebenarnya

    Seperti yang Anda ketahui, menstruasi Anda terjadi ketika, setelah dibangun sepanjang bulan, lapisan rahim keluar. Jadi, ini adalah periode yang sebenarnya, jika Anda mengalami perdarahan saat ini maka itu tidak dianggap seperti itu. Contoh sempurna dari ini adalah periode yang Anda dapatkan jika menggunakan pil kombinasi. Ini bukan 'periode yang sebenarnya' karena itu terjadi ketika kadar hormon tinggi tiba-tiba menurun.

    Juga, seperti yang disebutkan di atas, ada contoh lain periode yang tidak khas seperti pada awal kehamilan. Juga, yang disebut pendarahan implantasi dapat terjadi ketika telur yang dibuahi tertanam di dinding rahim. Jika Anda tidak yakin mengapa Anda mengalami perdarahan dengan siklus menstruasi biasa, Anda harus selalu berkunjung ke dokter.

    6. Periode yang terlewat tidak selalu berarti Anda hamil

    Kesalahpahaman lainnya adalah bahwa menstruasi yang terlewat secara otomatis berarti Anda hamil karena sebenarnya dapat terjadi karena sejumlah alasan. Yang sedang berkata, saya akan menyarankan Anda mengambil tes kehamilan terlebih dahulu hanya untuk memastikan!

    Ketidak seimbangan hormon, stres atau bahkan berat badan Anda dapat memiliki dampak yang signifikan pada siklus menstruasi Anda sehingga sering kali ini adalah kasus mempertimbangkan gaya hidup Anda dan memperhatikan gejala Anda untuk mencoba dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

    7. Anda tidak perlu menstruasi saat minum pil

    'Periode bebas pil minggu' pertama kali diperkenalkan karena dianggap wanita akan menyukai ide itu, daripada benar-benar memiliki tujuan fisiologis. Istirahat dari kontrasepsi dapat terasa lebih alami dan juga dapat meyakinkan.

    Sebagian besar studi keselamatan pada pil kontrasepsi telah dilakukan pada uji coba di mana istirahat ini dimasukkan namun, dianggap sangat aman untuk menjalankan hingga tiga paket pil bersama tanpa istirahat. Untuk beberapa orang, mereka mendapati bahwa gejalanya lebih buruk setelah menjalankan pil bersama-sama dan berpotensi menimbulkan periode yang sedikit lebih berat dan lebih menyakitkan.

    8. Anda kehilangan sejumlah kecil darah setiap bulan dari yang Anda harapkan

    Jika Anda menggunakan kontrasepsi hormonal, Anda cenderung mengalami periode yang sangat ringan karena kadar hormon yang lebih terkontrol. Namun, bahkan jika Anda tidak menggunakan obat ini, Anda mungkin masih berpikir Anda kehilangan lebih banyak darah daripada yang sebenarnya.

    Rata-rata wanita kehilangan antara 10 dan 35ml darah sepanjang durasi setiap periode. Ini hanya sekitar 1 - 2 sendok makan darah, ditambah rata-rata itu tersebar selama 5 hari sehingga mungkin tidak sebanyak yang Anda kira!

    9. Menstruasi yang berat bisa berarti Anda memiliki ketidak seimbangan hormon

    Namun beberapa wanita mengalami periode yang lebih berat dari periode normal, jika Anda bertanya-tanya apa yang merupakan periode berat maka saya sarankan Anda melihat halaman periode berat kami.

    Jika Anda menduga menstruasi Anda sangat berat, penting untuk memperhatikan gejala Anda karena itu bisa menunjukkan Anda memiliki ketidakseimbangan hormon. Dalam hal ini menstruasi yang berat sering disertai dengan perubahan suasana hati, kram menyakitkan dan kembung.

    10. Anemia bisa menjadi lingkaran setan

    Biasanya tubuh kita cukup baik dalam menjaga kita tetap hidup, bahkan ketika kemungkinan melawan kita, tetapi ketika datang ke anemia itu tidak begitu efisien.

    Anemia terjadi ketika ada kekurangan zat besi, masalah yang sering disebabkan oleh menstruasi yang berat, dan gejalanya meliputi kelelahan, sesak napas, dan jantung berdebar-debar.

    Bahkan jika Anda mengalami anemia, menstruasi yang berat tidak akan berhenti dan Anda berisiko kehilangan sel darah merah yang semakin berharga. Ini bisa menjadi lingkaran setan sehingga Anda harus berhati-hati - pertimbangkan untuk berkunjung ke dokter jika Anda curiga Anda menderita anemia.

    11. Otak Anda dapat dipengaruhi oleh menstruasi Anda

    Tidak drastis jadi jangan terlalu khawatir! Namun, penelitian yang dilakukan di University of Bath menunjukkan bahwa fungsi kognitif dan rentang perhatian dapat dipengaruhi sebagai akibat dari nyeri haid - yang menjelaskan episode-episode kabut otak dan kurangnya konsentrasi saat itu - phew!

    12. Menstruasi Anda bisa membuat Anda berbau

    Ok, jadi di sini ada satu hal lagi untuk membuat Anda sadar, Anda mungkin mencium sedikit berbeda pada saat menstruasi Anda. Namun yakinlah, ada sejumlah alasan mengapa hal ini mungkin terjadi, tetapi sebagian besar wanita tidak melihat adanya perbedaan.

    13. Anda dapat segera berhak cuti periode

    Yah, saya tidak yakin berapa banyak dari Anda akan menganggap ini sebagai positif secara pribadi saya agak khawatir itu bisa lebih negatif. Beberapa perusahaan telah menggunakannya dan 'Cuti Periode' melibatkan memberi perempuan opsi untuk mengambil jenis cuti sakit berbayar khusus, khususnya untuk masalah masa.

    Salah satu alasan saya percaya bahwa 'Cuti Periode' belum tentu jalan ke depan adalah bahwa itu tidak benar-benar menyelesaikan masalah yang dihadapi. Jika gejala Anda sangat parah sehingga Anda perlu mengambil cuti kerja maka Anda mungkin menderita PMS yang benar-benar perlu ditangani dengan benar.

    14. Berat badan dapat memiliki pengaruh

    Tahukah Anda bahwa kelebihan atau kekurangan berat badan juga bisa memengaruhi siklus menstruasi Anda?

    sel-sel dalam tubuh Anda bertindak sebagai cadangan kecil untuk hormon sehingga memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat benar-benar membuat Anda tidak seimbang. Namun, ini juga berlaku untuk faktor gaya hidup lain seperti kelebihan alkohol atau stres.

    Jadi, sudah waktunya untuk mengendalikan, memperhatikan gejala Anda dan menghentikan menstruasi Anda menjadi lebih baik dari Anda. Semoga berhasil!(Indri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fakta Menarik Tentang Menstruasi Anda
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar