Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ikan gurame ialah salah satu jenis ikan yang mempunyai prospek yang cerah jika dibudidayakan dengan benar dan baik. Semakin lama kamu ternak maka akan semakin mahal juga harganya. ikan gurame juga sangat banyak diminati oleh masyarakat pada umumnya karena memiliki daging yang sangat tebal dan begitu lezat serta juga memiliki duri yang sedikit dan yang paling luar biasanya adalah tidak mengandung kolesterol jadi jusrtu itu tidak salah dari kondektur hingga direktur menyukai ikan gurame.

    Berbagai macam banyak cara budidaya ikan gurame misalnya: budidaya ikan gurame di kolam yang beralaskan terpal, budidaya ikan gurame di kolam yang beralaskan tembok, budidaya ikan gurame di kolam yang beralaskan tanah, dan lain-lainnya.

    Karena pembudidayaan ikan gurame ini cukup membutuhkan waktu yang sangat lama sampai kurang lebih dari satu tahun, dan ini juga menyebabkan harga jual ikan gurame di pasar menjadi mahal. Dan pada umumnya di daerah pegunungan ikan gurame hanya diberi makanan tumbuh-tumbuhan saja dan maka produksi pembesaran ikan gurame kalah dengan daerah pesisir contohnya Indramayu dan Cirebon.

    Kandungan Nutrisi yang ada pada Ikan Gurame

    Kandungan nutrisi yang dimiliki ikan gurame menurut sani (2014) mengandung berupa protein sebesar 18,95%, lemak 2,45%, vitamin A: 749 IU/100 mg, vitamin B1: 0,0792 mg/100 g, vitamin B2: 0,083/100 g dan vitamin B3: 1,22 mg/100g.

    Morfologi Ikan Gurame

    Ikan Gurame mempunyai ciri bentuk fisik yang sangat khas, misalnya bentuk badan yang pipih agak panjang dan lebar. Semua bagian tubuh tertutup sisik yang kuat dengan tepi nya yang agak kasar. Dan pada bagian mulutnya yang kecil, miring atau tidak tepat pada bawah bibir. Bibir bagian bawah nampak terlihat menyembul sedikit dibandingkan dengan bagian bibir yang atas. Secara umum, bentuk ikan gurame dewasa berbeda dengan ikan gurame muda. Perbedaan itu bisa dilihat dan diamati dari ukuran tubuhnya, warnanya, dan bentuk kepala dan dahinya. Dilihat dari perilaku dan segi warna, ikan gurame  muda lebih menarik dibandingkan dengan ikan gurame yang telah dewasa.

    Habitat Ikan Gurame

    Tipe perairan yang sering disukai oleh ikan gurame ialah tipe perairan yang tenang dan dalam misalnya rawa, waduk, dan danau. Ikan gurame memiliki alat pernapasan yang berupa tambahan (labirin) sehingga ikan gurame dapat bertahan hidup dalam kondisi air yang kotor. Ikan gurame sangat cocok dipelihara yakni pada ketinggian tempat hingga 900 mdpl dan tumbuh sangat cepat dan baik pada rentang suhu berkisaran 25-29 derajat celcius. Jika ikan gurame tumbuh pada suhu berkisaran 15 C akan berakibatkan lambatnya pertumbuhan dan terganggunya sistem reproduksinya.

    Tips Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar dan Cepat Panen

    1.  Carilah Lokasi yang tepat untuk membudidayakan Ikan Gurame kamu

    Hal yang harus kamu perhatikan dalam membudidayakan ikan gurame adalah mencari lokasi yang bagus. Kolam ikan gurame bisa terbuat dari apa saja. Budidaya ikan gurame di kolam yang di tembok, budidaya ikan gurame di kolam tanah, dan masih banyak yang lainnya. Akan tetapi, lebih baiknya jika kolam yang kamu buat mendapatkan sinar matahari secara langsung. Dan itulah penyebab nya, budidaya ikan gurame lebih dianjurkan pada dataran rendah dibandingkan di dataran tinggi. Dan setelah dilakukannya penelitian, ternyata ikan gurame lebih mudah tumbuh di daerah dataran dengan ketinggian 900 meter diatas permukaan laut

    2. Pilihlah Benih Ikan Gurame yang Sehat

    Langkah berikut nya untuk membudidayakan ikan gurame agar cepat besar ialah dengan memilih benih yang sehat. Ukuran ikan gurame yang sehat ialah memiliki berat kurang lebih 100 gram. Dan kemudian carilah benih yang lokasinya tidak jauh dari kolam budidaya kamu. hal ini bertujuan untuk agar benih ikan gurame yang kamu beli , akan lebih mudah untuk menyesuaikan lingkungan dengan kolam kamu.

    3. Keringkan kolam sebelum benih ikan gurame kamu masukkan kedalam kolam

    Langkah selanjutnya setelah membeli benih, kamu harus mengeringkan kolam tersebut sebelum benih ikan gurame dimasukkan. Hal ini bertujuan agar ikan gurame kamu bebas dari serangan berbagai penyakit misalnya jamur.(Iksan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar