Jurusan yang Banyak Peluang Kerjanya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Semenjak revolusi industri di inggris pada abad ke 18 lalu, kebutuhan akan tenaga kerja kasar semakin berkurang atau tidak dibutuhkan dikarenakan fungsinya yang digantikan oleh mesin yang lebih mampu melakukan tugas yang repetitif dan berat.

    Maka karena itu, fokus orang mencari kerja mulai berubah, dari sekedar hanya menjadi buruh pabrik yang tugasnya cenderung selalu berulang-ulang dan memerlukan tenaga besar menjadi tenaga ahli yang menjadi tidak memerlukan tenaga banyak namun memerlukan skill dan kemampuan yang tinggai.

    Maka dari itu banyak orang yang berlomba-lomba masuk ke perguruan tinggi terutama yang bergengsi dengan harapan dapat mendapatkan skill dan kemampuan yang diperlukan agar dapat bersaing di pencarian kerja nantinya.

    Akan tetapi, sebelum langsung memilih jurusan ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu agar nantinya menyesal karena memilih jurusan yang salah. Hal-hal yang patut dipertimbangkan adalah minat dan bakat dari calon mahasiswa terhadap jurusan yang tersedia. Variabel lainnya yang patut dipertimbangkan adalah kesempatan mendapatkan peluang kerja yang tinggi di pasar.

    Macquare University, universitas asal australia melakukan survey untuk melihat jurusan yang sekiranya akan mendapatkan peluang kerja yang tinggi di tahun 2020, berikut adalah jurusan-jurusannya:

    1. Teknik Informasi

    Tidak mengejutkan memang, jikalau peluang kerja dari jurusan teknik informasi akan mendapatkan peluang kerja yang sangat tinggi mengingat berkembang pesatnya teknologi di zaman sekarang. Bahkan banyak perusahaan-perusahaan yang fokus pada bidang teknologi memiliki nilai valuasi yang sangat tinggi, contohnya apple, google, dan microsoft. Di indonesia pun memiliki gojek, traveloka, dan tokopedia yang memiliki nilai valuasi yang sangat tinggi.

    Selain dari perusahaan yang memang fokus di bidang teknologi, perusahaan lainnya pun sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang teknologi, misalnya kebutuhan untuk mengamankan data dari serangan hacker, atau kebutuhan akan sistem yang dapat mempermudah dan menghemat biaya dalam proses bisnis berikut.

    Dengan melihatnya pentingnya tenaga ahli yang berasal dari jurusan teknik informatika ini, maka diperkirakan permintaan tenaga ahli yang berhubungan dengan teknologi informasi akan meningkat sampai 26,5 persen pada tahun 2020. karenanya, jurusan ini dapat dipertimbangkan jikalau ingin meneruskan kuliah.

    2. Matematika, bisnis, dan akuntansi

    Masih berhubungan dengan perkembangan teknologi tadi, hal itu pula menyebabkan permintaan akan tenaga ahli yang di bidang ilmu hitung yang khususnya di bidang keuangan dan akuntansi meningkat sampai 22 persen pada tahun 2020. Salah satu faktor lainnya yang menyebabkan meningkatnya minat terhadap jurusan ini ialah, kebutuhan akan data-data termasuk data keuangan di zaman sekarang ini.

    3. Ilmu psikologi dan kesehatan

    Diperkirakan permintaan akan jurusan ini akan meningkat sampai 40 persen pada tahun 2020. hal ini tidak mengherankan, mengingat semakin banyaknya masyarakat yang mulai melek akan pentingnya kesehatan di era sekarang ini. Hal ini ditambah meningkatnya jumlah populasi manusia khususnya di indonesia.

    Faktor penambah lainnya ialah, dengan gaya hidup sekarang ini, semakin banyak orang yang mulai merasa lelah secara mental dan stres sehingga membutuhkan dukungan dari ahli psikologi.

    4. Media dan desain komunikasi

    Dengan ditandainya revolusi industri 4.0 maka kebutuhan akan tenaga kasar berkurang, sebagai gantinya kebutuhan akan tenaga profesional termasuk di bidang kreatif akan meningkat. Hal ini menyebabkan meningkatnya permintaan tenaga profesional di bidang hiburan, marketing, dan iklan sebanyak 15 persen di tahun 2020.

    Perpindahan fokus media dari cetak menuju digital juga membantu meningkatnya permintaan akan jurusan ini, sehingga banyak perusahaan mulai berlomba-lomba merekrut profesional di bidang kreatif untuk membuat produk mereka semakin unik dan menarik.

    5. Hukum, teknik, dan guru

    Tulang punggung atau sosok kunci dari perkembangan revolusi industri 4.0 masih dipegang oleh tenaga ahli di bidang teknik. Diperkirakan akan ada peningkatan sekitar 22 persen untuk para insinyur atau tenaga ahli di bidang teknik.

    Diprediksi pula kebutuhan akan tenaga ahli hukum akan meningkat sebanyak 17,6 persen pada tahun 2020, yang akan membuat jurusan ini akan tetap relevan nantinya.

    Hal yang menarik justru datang dari bidang pendidikan, permintaan dari bidang pendidikan untuk usia dini akan meningkat sebanyak 27 persen sedangkan guru akan meningkat sebesar 21 persen. Terlihat pada tahun depan jurusan ini akan menjadi tren baru yang akan menarik minat para calon mahasiswa nantinya.(Randhi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jurusan yang Banyak Peluang Kerjanya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar