Trend dan Manfaat E-Commerce bagi Perkembangan Bisnis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Dengan meningkatnya minat pebisnis terhadap e-commerce industri, setiap pebisnis entah itu pebisnis besar maupun kecil – berniat untuk memiliki akun ataupun situs e-commerce nya sendiri dimana mereka dapat menjajakan jasa ataupun barang yang mereka miliki. Pebisnis dapat memiliki banyak manfaat dalam memilih e-commerce karena menawarkan berbagai manfaat kepada pebisnis besar maupun eceran. E-commerce sendiri menyediakan banyak keunggulan yang sayang untuk dilewatkan,

    Saat ini e-commerce sudah merevolusi bagaimana seseorang atau perusahaan melakukan bisnis. Saat ini pelanggan dapat membeli apapun secara online 24 jam dan mendapatkan pengalaman berbelanja yang luar biasa. Sebelum memilih bisnis e-commerce berikut adalah beberapa keuntungan yang ditawarkan bisnis e-commerce:

    Kenyamanan dan kemudahan

    Untuk kebanyakan orang, e-commerce menjelma menjadi pilihan utama dikarenakan kemudahan dan kenyamanannya. Mereka dapat membeli barang apapun yang dijajakan di e-commerce kapanpun dan dimanapun yang mereka inginkan. Layanan yang ditawarkan pun sangat cepat, tanpa ada proses yang bertele-tele, pelanggan langsung dapat mengetahui harga, dan kapan barang yang dibeli akan sampai

    Tersedia kapan saja

    Salah satu kelebihan model bisnis ini adalah pelanggan dapat memesan barang yang diinginkan kapan saja tanpa harus menunggu kehadiran penjual. Hal ini pun menguntungkan pelanggan karena mereka dapat membeli barang apa pun di saat waktu membutuhkan.

    Hemat modal

    Sekarang, tidak perlu menginvestasikan uang yang besar untuk membeli ruko, insuransi, ataupun infrastruktur dikarenakan yang dibutuhkan hanyalah ide yang unik, barang yang berkualitas, dan situs cantik yang akan menarik perhatian pelanggan kamu yang berharga.

    Sebelum memulai menjalani bisnis e-commerce ada baiknya melihat tren-tren yang akan terjadi dalam bisnis tersebut. Hal ini penting karena dapat mempengaruhi keputusan bisnis krusial di masa depan. Berikut adalah tren-tren yang mungkin akan muncul dalam bisnis e-commerce

    Personalisasi dan keterlibatan pelanggan

    Dibandingkan dengan toko tradisional, bisnis e-commerce memiliki kelemahan di bagian interaksi antar muka dengan pelanggan. Toko online tidak dapat petugas yang dapat memberi rekomendasi berdasarkan minat, selera, dan pilihan mereka.

    Sebagai gantinya, perusahaan e-commerce menawarkan kesempatan personalisasi melalui pengalaman dalam berbelanja. Dengan menggunakan data-data yang didapat dari pelanggan selama berbelanja sebagai contoh barang-barang yang pernah dibeli, kata kunci pencarian yang pernah digunakan, dan lain-lain, sistem dapat memberikan rekomendasi yang berbeda-beda kepada pelanggan tergantung kepada datanya. Hal ini dapat membuat pelanggan menghabiskan waktu lebih lama berada di situs anda.

    Visualisasi interaktif produk

    Banyak pelanggan yang ragu untuk membeli barang di toko online dikarenakan keraguan yang muncul saat melihat ilustrasi dari barang. Mereka pasti bertanya-tanya apakah gambar sesuai dengan barang yang akan diterima nantinya, apakah kualitasnya bisa terjamin, apakah produk ini palsu, dan lain-lain.

    Solusinya ialah dengan menyediakan review online terhadap produk yang hendak dibeli dan visual interaktif yang dapat membantu pelanggan menentukan pilihan dalam membeli produk. Dengan teknologi saat ini, sangat dimungkinkan menyediakan visual produk dalam bentuk 360 derajat yang artinya pelanggan dapat melihat setiap bagian dan sisi dari produk. Juga dapat menggunakan teknologi Augment Reality dan Visual Reality untuk menghadirkan pengalaman yang jauh lebih menarik

    AI, asisten dan chatbot

    Pada zaman sekarang ini, robot akan lebih mendapatkan peran yang jauh lebih signifikan di  berbagai aspek hidup manusia, termasuk di bidang bisnis. Contohnya menggunakan robot untuk dijadikan asisten dengan memanfaatkan AI sehingga dapat menyediakan customer service yang tersedia 24 jam sehingga dapat menekan pengeluaran.

    Itulah beberapa manfaat dan prediksi mengenai e-commerce, semoga dapat membantu pengusaha yang berniat untuk memanfaatkan e-commerce untuk meningkatkan pangsa pasar mereka atau yang ingin memanfaatkan e-commerce untuk memulai bisnis mereka.(Randhi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Trend dan Manfaat E-Commerce bagi Perkembangan Bisnis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar