Tiga Desa Terpilih Jadi Desa Wisata Terbaik

Daftar Isi

     

     Foto: Istimewa

    LancangKuning.Com, PEKANBARU - Pengembangan sektor pariwisata terus menjadi perhatian ekstra. Salah satu diwujudkan dengan pengembangan potensi pariwisata sampai ke pelosok desa.

    Dalam implementasinya Dinas Pariwisata Riau telah memilih 3 desa wisata terbaik Bumi Lancang Kuning. Desa tersebut meliputi Desa Aliantan, Desa Koto Mesjid, dan Kampung Buatan Lestari Kabupaten Siak.

    Baca Juga: LSM Sebut Jokowi tak Tindak Lanjuti Program SBY Terkait Penanganan Karhutla di Riau 

    Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman menilai, pengembangan wisata sampai ke desa memberikan nilai positif. Hal ini berperan meningkatkan kapasitas pengelola dan masyarakat desa wisata, agar mampu meningkatkan dan mengembangkan desa wisata.

    “Hal ini juga bagian dari implementasi dari sinergi program pengembangan desa wisata. Untuk penilaiannya melibatkan 3 orang dewan juri, melibatkan akademisi, praktisi pariwisata dan unsur pemerintah,” paparnya, Selasa (13/8/2019) mengutip mediacenterriau.

    Untuk pemilihan desa wisata terbaik tersebut juga menggunakan metode dan spesifikasi yang terukur. Misalnya metode yang digunakan dewan juri ketika melakukan penilaian, diantaranya, administrasi, tata kelola, jejaring serta pola promosinya dan faktor penunjang wisata lainnya.

    Dalam tahapan penilaian tersebht, juara pertama diraih Desa Aliantan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Juara terbaik 2 Desa Koto Mesjid, Kabupaten Kampar. Sedangkan juara terbaik 3 Kampung Buantan Lestari Kabupaten Siak.

    Baca Juga: Bali di Guncang Gempa Bumi 5.0 Magnitudo

    Untuk pemenang terbaik pertama mendapatkan uang pembinaan sebesar 10 juta rupiah. Kemudian juara kedua mendapat 7 juta rupiah, terakhir ke 3 mendapat 5 juta rupiah. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tiga Desa Terpilih Jadi Desa Wisata Terbaik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar