Ini Alasannya Kenapa Kamu Harus Cinta Dan Bangga Menjadi Orang Riau !

Daftar Isi

    LANCANG KUNING - Emang sih sekarang mungkin Riau dikenal sebagai Daerah Asap oleh Provinsi lain di Indonesia. Namun, dibalik itu kamu juga harus tahu bahwa Riau juga menyimpan berbagai fakta, kekayaan, keindahan dan keunikan yang membuat kamu warga Riau bangga menjadi Warga di Bumi Lancang Kuning.

    1.       Riau Adalah Provinsi Terkaya Di Indonesia

    Riau merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alam yang didominasi oleh minyak bumi, gas alam, dan kelapa sawit. Pada tahun 2012 lalu, pendapatan provinsi Riau mencapai 91 triliun Rupiah karena sumber daya alam yang melimpah. (liputan6.com)

    2.       Di Atas Minyak, Di Bawah Minyak

    Riau terkenal sebagai provinsi yang kaya akan minyak bumi, minyak bumi dapat dihasilkan dari bawah tanah, dan juga atas tanah. Seharinya, Riau bisa menghasilkan minyak bumi sekitar 365.827 barrel per hari. (liputan6.com)

    3.       Kebun Kelapa Sawit Di Mana-Mana

    Luasnya lahan perkebunan kelapa sawit yang ada di riau sekitar 2,3 juta hektar dan menghasilkan CPO sebanyak 8.198.962 ton per tahun. (liputan6.com)

    4.       Istana Siak & Istana Sayap

    Ada 2 istana megah yang terdapat di Provinsi Riau, yaitu Istana Siak Sri Indrapura dan Istana Sayap Palelawan. Kedua istana ini sama-sama menawarkan keindahan khas Melayu yang luar biasa.

    5.       Candi Muara Takus

    Riau juga memiliki Candi yang merupakan bukti dan peninggalan kejayaan Kerajaan Sriwijaya di Riau. Candi ini bernama Candi Muara Takus yang terdapat di Kabupaten Kampar.

    6.       Wisata Alam Riau Juga Tidak Kalah Indah

    Riau juga kaya dengan wisata alam yang memiliki potensi wisata yang tinggi. Seperti Ombak Bono, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Air Terjun 86, Air Terjun Merangin, Pantai Solop, Pantai Ketapang dan masih banyak lagi. Jadi gak perlu, jauh-jauh ke Jawa atau Bali, Riau juga menyimpan potensi Wisata yang berlimpah !

    7.       Kuliner Riau

    Riau kaya dengan berbagai macam kuliner yang lezat yang hanya ada di Riau. Sebut saja Gulai Patin, Asam Pedas Baung, Ikan Salai, Bolu Komojo, Lempuk Durian, Sup Tunjang, Sambal Terasi dan lain sebagainya. Kalau udah ngerasain Sajian khas Riau, dijamin pengen coba lagi !

    Riau merupakan tempat dimana 5.543.031 jiwa hidup (Badan Pusat Statistik Provinsi Riau, 2010) yang terdiri dari berbagai suku dan budaya. Dengan begitu, selain merupakan daerah yang kaya akan kekayaan alam dan potensi wisata yang berlimpah, Riau juga merupakan daerah yang kaya akan budaya. Gimana, makin cinta kan sama Riau ?

    (Ylz)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ini Alasannya Kenapa Kamu Harus Cinta Dan Bangga Menjadi Orang Riau !
    Sangat Suka

    81%

    Suka

    13%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    5%

    Komentar