Ragam Aplikasi dan Standar Komunikasi Data

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Model OSI bukanlah definisi tunggal tentang bagaimana komunikasi data sebenarnya terjadi di dunia nyata. Sejumlah protokol mungkin ada di setiap lapisan. Model OSI menyatakan bagaimana proses harus dibagi dan protokol apa yang harus digunakan pada setiap lapisan. Jika vendor jaringan mengimplementasikan salah satu protokol di setiap lapisan, komponen jaringannya harus bekerja dengan penawaran vendor lain. Model OSI memiliki tujuh lapisan

    1. Lapisan Fisik menyediakan 1 as listrik dan mekanik ke jaringan, medium (kabel). Lapisan ini memberikan lapisan data-link (lapisan 2) kemampuannya untuk mengangkut aliran bit data serial antara dua sistem yang berkomunikasi; itu menyampaikan bit yang bergerak sepanjang kabel. Ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa bit mentah masuk dari satu tempat ke tempat lain, tidak peduli apa bentuknya, dan (berkaitan dengan karakteristik mekanik dan listrik kabel)
    2. (Lapisan Data-Link menangani transfer fisik, 'membingkai (perakitan data menjadi satu unit atau blok), dan fungsi kontrol aliran dan kontrol kesalahan melalui satu tautan transmisi) ia bertanggung jawab untuk mendapatkan data yang dikemas untuk lapisan Fisik. Lapisan tautan data menyediakan lapisan jaringan (lapisan 3) kemampuan transfer informasi yang andal) Lapisan tautan data sering dibagi lagi menjadi dua bagian - Logical Link Control (LLC) dan Medium Access Control (MAC) - tergantung pada implementasi

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Lapisan Jaringan menyediakan untuk transfer data dalam bentuk paket di seluruh jaringan komunikasi. Itu membangun, memelihara, dan, mengakhiri koneksi logis dan fisik di beberapa jaringan yang saling berhubungan. Aspek kunci dari transfer ini adalah perutean paket dari sumber ke mesin tujuan yang biasanya melintasi sejumlah tautan transmisi dan simpul jaringan tempat perutean dilakukan. Perutean adalah proses pemilihan jalur dari banyak jalur yang tersedia ke tujuan. sehingga paket data mencapai tujuan dengan cepat, efisien, andal sesuai kebutuhan. Fungsi ini membuat jaringan lapisan paling kompleks dalam model referensi. Lapisan jaringan juga bertanggung jawab atas.
    2. Lapisan Transport memastikan data berhasil dikirim dan diterima antara dua node akhir. Jika data dikirim secara tidak benar, lapisan ini memiliki tanggung jawab untuk meminta pengiriman kembali data. Juga memastikan data diteruskan ke lapisan atas dalam urutan yang sama di mana mereka dikirim. Secara khusus, ini menyediakan layanan pertukaran pesan yang andal dan independen jaringan ke tiga lapisan berorientasi Aplikasi. Lapisan ini bertindak sebagai antarmuka antara lapisan tiga bagian bawah dan atas Dengan menyediakan lapisan sesi (lapisan 5) dengan layanan transfer pesan yang andal, ia menyembunyikan operasi terperinci dari jaringan yang mendasarinya dari lapisan sesi.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    1. Lapisan Sesi memutuskan kapan harus menghidupkan dan mematikan komunikasi antara dua komputer. Ini menyediakan mekanisme yang mengontrol proses pertukaran data dan mengoordinasikan interaksi di antara mereka. Ini mengatur dan membersihkan saluran komunikasi antara dua komponen yang berkomunikasi. Berbeda dengan lapisan jaringan (layer 3), ini berkaitan dengan program yang berjalan di setiap mesin untuk membuat percakapan di antara mereka. Beberapa tumpukan protokol yang paling sering ditemui, termasuk TCP / IP, tidak menerapkan lapisan sesi.
    2. Lapisan Presentasi melakukan konversi kode dan pemformatan ulang data (terjemahan sintaksis). Ini adalah penerjemah jaringan, memastikan data dalam bentuk yang benar untuk aplikasi penerima. Tentu saja, aplikasi pengirim dan penerima harus dapat menggunakan data yang berlangganan salah satu bentuk sintaksis data abstrak yang tersedia. Paling umum, aplikasi menangani sendiri terjemahan data semacam ini alih-alih menyerahkannya ke lapisan Presentasi.

     

    1. Lapisan Aplikasi menyediakan antarmuka antara perangkat lunak yang berjalan di komputer dan jaringan. Ini menyediakan fungsi ke perangkat lunak pengguna, termasuk akses dan manajemen transfer file (FTAM) dan layanan surat elektronik

    Sayangnya, protokol di dunia nyata tidak sesuai dengan definisi yang rapi ini. Beberapa produk dan arsitektur jaringan menggabungkan lapisan. Yang lain meninggalkan lapisan. Yang lain membelah lapisan-lapisan itu. Tetapi tidak peduli bagaimana mereka melakukannya, semua produk jaringan yang bekerja mencapai hasil yang sama - mendapatkan data dari sini ke sana.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ragam Aplikasi dan Standar Komunikasi Data
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar