Grounding Pada Sistem Telekomunikasi

Daftar Isi

    Lancang Kuning Dengan meningkatnya permintaan untuk instalasi jaringan komputer, landasan dan ikatan telekomunikasi telah menjadi peluang yang berkembang bagi kontraktor listrik. Meskipun prinsip-prinsip dasar yang serupa berlaku, memahami terminologi telekomunikasi dan pertimbangan khusus telah menjadi tantangan.

    Seperti halnya pembumian listrik tradisional, jaringan dan peralatan telekomunikasi harus dihubungkan ke layanan kelistrikan. Namun, hanya membumi baja struktural tidak cukup ketika menangani sistem telekomunikasi. Sensitivitas peralatan elektronik mensyaratkan agar kabel dan daya telekomunikasi disamakan secara efektif untuk mencegah loop atau transien yang dapat merusak peralatan. Ini berarti merancang sistem pembumian dan pengikatan lengkap yang melampaui metodologi dasar "kawat hijau".

    Grounding

    Grounding (pembumian) adalah Sambungan penghantar, baik disengaja atau tidak disengaja, antara sirkuit listrik atau peralatan dan bumi, atau beberapa konduktor yang berfungsi sebagai pengganti bumi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Sistem kelistrikan dan sistem pengkabelan komunikasi yang diharuskan dibumikan harus terhubung ke bumi. Mekanisme grounding harus menyediakan cara yang andal untuk secara aman melakukan voltase yang ditimbulkan oleh petir, lonjakan saluran, atau kontak yang tidak disengaja dengan saluran atau peralatan tegangan tinggi ke tanah.

    Bonding

    Bonding adalah Sambungan permanen bagian konduktif logam dari peralatan dan penutup konduktor untuk memastikan dan jalur konduktif listrik di antara mereka yang akan memastikan kontinuitas listrik dan memiliki kapasitas yang cukup untuk melakukan dengan aman setiap arus asing yang mungkin dibebankan ke tanah.

    Ikatan diperlukan karena bahan konduktif secara elektrik seperti baja struktural, nampan kabel logam, dan struktur pendukung logam dapat diberi energi jika terjadi kontak dengan: petir, lonjakan garis, atau kontak yang tidak disengaja dengan saluran tegangan tinggi.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    Praktik menciptakan ikatan yang efektif adalah menciptakan jalur yang andal untuk arus gangguan ke tanah sistem kelistrikan. Praktik ikatan yang efektif membantu menyamakan potensi yang disebabkan oleh kesalahan sistem listrik dan petir yang jika tidak akan merusak peralatan dan membahayakan individu. Balapan logam, baki kabel, rak, penutup, atau pelindung kabel logam harus terikat secara efektif untuk memastikan kapasitas untuk melakukan segala gangguan arus ke ground.

    Balap logam, baki kabel, selubung kabel, selubung kabel, selungkup, rangka, fiting, dan bagian pengangkut logam tidak lancar lainnya yang dapat berfungsi sebagai konduktor pentanahan, dengan atau tanpa penggunaan konduktor pentanahan peralatan tambahan, harus terikat secara efektif jika diperlukan untuk memastikan kontinuitas listrik dan kapasitas untuk melakukan dengan aman setiap arus gangguan yang mungkin dikenakan pada mereka.

    Setiap cat, enamel, atau pelapis nonkonduktif lainnya harus dilepas pada ulir, titik kontak, dan permukaan kontak atau disambungkan dengan alat kelengkapan yang dirancang untuk membuat pelepasan seperti itu tidak perlu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Telecom Main Grounding Busbar (TMGB)

    TMGB adalah ekstensi berdedikasi dari sistem elektroda grounding bangunan untuk infrastruktur telekomunikasi. Karena itu adalah titik lampiran pusat untuk TBB dan peralatan, TMGB harus menyediakan akses mudah bagi personel telekomunikasi. TMGB adalah busbar tembaga pra-bor dengan ukuran lubang NEMA standar dan jarak untuk sambungan lug tertentu yang akan digunakan.

    Itu harus cukup besar untuk memenuhi aplikasi saat ini dan mengakomodasi pertumbuhan di masa depan. Diperlukan minimum 6mm ketebalan dan lebar 100mm. Banyak varietas batang tanah tersedia, dan beberapa datang sebagai kit dan dapat disesuaikan untuk memenuhi persyaratan spesifik aplikasi. Pigtail CADWELD pra-las tersedia dalam berbagai ukuran konduktor dan panjang, terisolasi atau telanjang, siap untuk dilampirkan ke tanah bangunan

    Untuk mengurangi resistensi, pelapisan electrotin lebih disukai. Namun, jika tidak dilapisi, permukaan kawin harus dibersihkan sepenuhnya. Di mana papan panel telekomunikasi terletak dengan TMGB, mereka harus memiliki ground bus peralatan (atau selungkup logam) bergantian yang terikat pada TMGB / TGB. Semua jarak bebas yang sesuai harus dipertahankan sambil menempatkan TMGB sedekat mungkin ke papan panel. Koneksi ke TMGB atau lugs harus berupa las eksotermik. Lasan eksotermik menyediakan koneksi yang membantu memastikan integritas jangka panjang sistem pembumian.(Manda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Grounding Pada Sistem Telekomunikasi
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar