Pengertian Reproduksi Grafika

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Saat  ini  telah  banyak  institusi  dan industri  yang  membutuhkan  tenaga  kreatif  bidang  desain  komunikasi  visual  untuk menyelesaikan  berbagai  permasalahan komunikasi visual yang menyangkut institusi atau  industri tersebut. 

    Berbagai institusi  dan industri yang bergerak di  bidang komunikasi visual  antara  lain  meliputi  bidang  grafika (penerbitan  dan  percetakan),  periklanan, penyiaran  televisi,  biro  iklan,  biro  desain, rumah  produksi  multimedia,  biro  animasi, humas  lembaga  pemerintah  maupun  swasta, wiraswasta,  dan  sebagainya. 

    Perguruan Tinggi Swasta merupakan  bentuk  penyelenggaraan pendidikan  yang  didirikan  oleh  masyarakat dalam  kontribusi nya  terhadap  pendidikan nasional. Meningkatnya  kebutuhan  tenaga kreatif  bidang  desain  komunikasi  visual tersebut mendorong beberapa perguruan tinggi untuk  membuka  jurusan  atau  program  studi.

    Pada  program  studi  tersebut mengajarkan bermacam  mata  kuliah  yang menunjang kebutuhan bermacam bidang industri kreatif  yang  bergerak  pada  ranah  desain komunikasi  visual.  Salah  satu  diantaranya adalah  mata  kuliah  Metode  Reproduksi Grafika,  yang  menunjang  industri  grafika (penerbitan  atau publishing  dan percetakan).

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dimana industri grafika saat ini menjadi salah satu industri kreatif yang berkembang dengan pesat, terutama di bidang penerbitan. Meskipun banyak kalangan yang menyatakan bahwa industri penerbitan mengalami penurunan karena digitalisasi tapi kenyataanya penerbitan adalah industri yang bergerak tidak hanya pada ranah fisik berupa yang di cetak, namun sudah memasuki ranah digital dalam bentuk elektronik.

    Mata  Kuliah  Metode  Reproduksi Grafika bertujuan agar mahasiswa memahami proses  pembuatan  karya desain  komunikasi visual  yang  baik  dan  benar,  sehingga menghasilkan  karya  akhir  yang  siap dicetak dan dipublikasikan pada khayalak atau disebut dengan istilah Final Artwork (FA).

    Pembuatan Final  Artwork (FA)  dalam penciptaan  karya desain komunikasi  visual merupakan  standar kualitas dalam industri grafika pada khususnya dan  industri  yang  berkaitan  dkv yang lainnya. Sehingga mahasiswa mampu menghasilkan karya-karya desain yang sudah memenuhi standar industri dan sudah layak digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara luas. 

    Namun  selama  ini  karya-karya mahasiswa  mata  kuliah  Metode  Reproduksi Grafika tersebut setelah mendapatkan nilai dari dosen  hanya  disimpan  kedalam  media penyimpanan  bila  berupa  file  atau  hanya ditumpuk di gudang bila berupa hasil cetakan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    Setelah  lama  berlalu  sebagian  karya-karya mahasiswa  tersebut  digunakan  sebagai referensi untuk kampus, akan tetapi  sebagian besar lainnya akan dilupakan dan hilang. Karya-karya mahasiswa yang dihasilkan diantaranya desain undangan pernikahan, desain buku dan layout  buku  serta  desain  katalog,  yang semuanya lengkap dengan file sumbernya yang dapat  digunakan  sebagai  template  yang  siap digunakan untuk cetak berulang.

    Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan  diatas  maka  penulis  mempunyai inisiatif  untuk  memanfaatkan  karya-karya mahasiswa  mata  kuliah  grafika  sehingga mempunyai  nilai  ekonomis  dimana  hasilnya dapat  dimanfaatkan  oleh  pihak  mahasiswa pihak  kampus,  dan  dapat  dimanfaatkan masyarakat  secara  luas. 

    Secara etimologi metode reproduksi grafika terdiri dari tiga suku kata yaitu metode, reproduksi dan grafika menurut kamus bahasa Indonesia pengertian ketiga kata tersebut adalah:

    1)  Metode  merupakan suatu cara  yang beraturan dipakai untuk melakukan  suatu pekerjaan agar bisa mencapai hasil yang diharapkan, cara  kerja yang  bersistem agar bisa mempermudah pekerjaan terhadap suatu kegiatan agar bisa mencapai suatu  tujuan  yang  telah ditentukan. 

    2)  Reproduksi yaitu pengembangbiakan, memperbanyak, tiruan, dan hasil ulang.

    3) Grafika merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang suatu cetak-mencetak (pada kertas atau logam). 

    Sehingga  dari ketiga pengertian tersebut, Metode Reproduksi Grafika  dapat  diartikan  sebagai  segala  cara teratur  dalam  mewujudkan  bentuk  visual berupa  huruf,  tanda,  dan  gambar  yang diperbanyak  melalui  proses percetakan  yang disampaikan kepada masyarakat luas.

    Produk cetak dikategorikan ke dalam pencetakan komersial dan majalah. Klasifikasi ini membedakan barang cetakan dengan frekuensi publikasi.  Karena proses produksi juga sangat bergantung pada kondisi dasar ini, percetakan biasanya mengkhususkan pada satu atau segmen pasar lainnya.

     Pencetakan komersial mengacu pada produk cetak yang diproduksi sesekali (misalnya, katalog, brosur, selebaran, kartu nama, dll.). Periodik  adalah materi  cetak  yang  muncul  secara  berkala (misalnya  surat  kabar,  jurnal,  majalah). Penerbitan rumah dan perusahaan adalah klien tipikal untuk dicetak secara berkala.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Dalam reproduksi grafika terdapat urutan proses produksi. Urutan produksi yang ada dalam produksi media cetak terdiri dari tahapan :

     1)  Prepress,

     2)  Proses pencetakan aktual (press), dan finishing (postpress). 

    Tahap-tahap produksi individu ini dihubungkan oleh aliran material, seperti pelat cetak antara prepress dan press dan lembaran yang dicetak antara press dan postpress.  tahap produksi  telah  menjadi semakin  ditandai oleh  aliran data.  Informasi diubah baik untuk produksi aktual produk-produk cetakan khusus dan untuk organisasi bisnis dan siklus produksi. Informasi dan data merupakan persyaratan penting untuk fungsi proses produksi individual yang optimal dan dapat diandalkan.

    Galeri merupakan wadah untuk seni yang dipamerkan  dan  memiliki  kualitas  visual tersendiri  yang  memengaruhi  pengalaman seseorang  tentang  seni  yang  dikandungnya (Carrier,  Jones,  2016:2).  Menurut Julianto (Koran Tempo, 2013), galeri merupakan suatu tempat menjual benda seni.  Istilah  online  berarti mendapatkan  akses  untuk  internet  dan menggunakan  internet  (Matthew,  2004:273). Berdasarkan  pengertian-pengertian  di  atas maka  Galeri  online  dapat  diartikan  sebagai wadah  untuk  memajang  karya  seni  yang dipamerkan dan diperjual belikan dengan cara online.(Indah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Reproduksi Grafika
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar