Mekanisme Pertahanan Tubuh Terhadap Virus

Daftar Isi

    LancangKuning.com -  KekebaIan terhadap infeksi virus disebabkan oleh berbagai mekanisme spesifik dan tidak spesifik. Aktivasi fungsi imunitas yang berbeda dan durasi serta besarnya respon imun tergantung pada bagaimana virus berinteraksi dengan seI apakah itu infeksi sitoIitik, Iaten, atau terintegrasi dan pada bagaimana virus menyebar oleh lokal, hematogen primer, hematogen sekunder, dan atau penyebaran sistem saraf.

    Oleh karena itu, antigen virus dapat hadir di berbagai bagian tubuh tergantung pada rute penyebaran dan fase infeksi. Infeksi lokal pada permukaan seperti mukosa dapat menimbulkan respons imun yang diperantarai sel dan humoral (IgA) sel lokal, tetapi belum tentu kekebalan sistemik. Tuan rumah memiliki beberapa fungsi pertahanan kekebalan yang dapat menghilangkan virus dan atau penyakit virus.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Imunitas Humoral: Virus dan atau sel yang terinfeksi virus dapat menstimulasi limfosit B untuk menghasilkan antibodi (spesifik untuk antigen virus). Netralisasi antibodi paling efektif ketika virus hadir dalam ruang cairan yang besar (misalnya, serum) atau pada permukaan lembab (misalnya, saluran pencernaan dan pernapasan). IgG, IgM, dan IgA semuanya telah terbukti mengerahkan aktivitas antivirus. Antibodi dapat menetraIkan virus dengan:

    MenghaIangi interaksi seI host-virus atau mengenaIi antigen virus pada seI yang terinfeksi virus yang dapat mengarah pada seI sitotoksik (ADCC) yang bergantung pada antibodi atau Iisis yang dimediasi komplemen. Antibodi bertanggung jawab atas sebagian aktivitas antivirus dalam serum, sementara IgA adalah antibodi paling penting ketika virus menginfeksi permukaan mukosa.

    Imunitas yang Dimediasi Sel: Istilah imunitas yang diperantarai sel mengacu pada.

     (1) pengakuan dan / atau pembunuhan virus dan sel yang terinfeksi virus oleh leukosit

    (2) produksi berbagai faktor larut (sitokin) oleh sel-sel ini ketika distimulasi oleh virus atau sel yang terinfeksi virus. Limfosit T sitotoksik, sel pembunuh alami (NK) dan makrofag antivirus dapat mengenali dan membunuh sel yang terinfeksi virus. Sel T penolong dapat mengenali sel yang telah terkena virus. Sitokin diproduksi oleh monokin, seI T, dan seI NK (limfokin) memainkan peran penting dalam mengatur fungsi kekebalan tubuh dan mengembangkan fungsi kekebalan antivirus.

    Baca juga : Teknik Pewarnaan

    Imunopatologi yang Dipicu oleh Virus

    Penyakit yang dimediasi kekebalan dapat berkembang pada infeksi virus tertentu di mana antigen virus dan hipersensitivitas imun yang tidak terkendali terhadap mereka bertahan. Penyakit yang dimediasi kekebalan dapat dimediasi oleh fungsi imun yang diperantarai humoral dan yang diperantarai sel. Sindrom imun kompleks dapat dimediasi oleh kompleks antibodi antigen virus / virus.

    Sel T (sitotoksik dan helper) juga dapat memediasi cedera imunopatologis melalui sejumlah mekanisme. Imunopatologi dapat terjadi akibat kerusakan jaringan / organ melalui sel T sitotoksik, peradangan yang diinduksi melalui sitokin, antibodi plus komplemen, kompleks antigen-antigen dan / atau ADCC.

    Peran Fungsi KekebaIan Tubuh selama Infeksi Virus

    Respons dini, nonspesifik (penghambatan nonspesifik, aktivitas sel pembunuh alami, dan interferon) membatasi multiplikasi virus selama fase akut infeksi virus. Respons imun spesifik kemudian diperantarai sel untuk membantu menghilangkan virus pada akhir fase akut, dan selanjutnya untuk mempertahankan resistensi spesifik terhadap infeksi ulang.

    Sistem imun adaptif bereaksi secara khusus terhadap patogen (kuman). Ia mampu mengenali patogen serangan dan bertarung melawan antigen tertentu atau zat asing. Kali berikutnya antigen diketahui ditemukan, sistem imun adaptif dapat merespons lebih cepat.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Ketika sistem kekebalan dilemahkan oleh virus HIV, sebagian besar merupakan kelompok sel T spesifik yang berkurang jumlahnya, yang disebut sel pembantu T. Kemudian tubuh sangat rentan terhadap infeksi oleh patogen yang biasanya tidak berbahaya. Karena kurangnya sel T, sistem kekebalan tubuh memiliki kesulitan mengoordinasikan dengan baik perjuangan melawan patogen dalam jaringan. Orang yang menderita AIDS sering mengembangkan peradangan bakteri paru-paru dengan streptokokus atau mendapatkan infeksi virus.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mekanisme Pertahanan Tubuh Terhadap Virus
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar