Prosedur Mitigasi Bencana Alam

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bencana alam sering sekali terjadi di negara Indonesia tercinta ini, negara kita sangat sulit untuk jauh dari bencana alam dikarenakan letaknya yang berada di katulistiwa sebab itu bencana selalu menghampiri. Bagi sebagian orang pasti sangat tidak menginginkan adanya bencana alam.

    Periksa Bencana Masa Lalu

    Para profesional dalam manajemen darurat memahami bahwa selalu ada peluang untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan mereka saat ini. Bagian dari meIindungi masa depan komunitas bangsa kita adaIah dengan memperhatikan dengan seksama apa yang berjaIan baik (dan apa yang tidak berjalan baik) di masa lalu. Kapten Danko menjelaskan bagaimana memeriksa bencana sebelumnya membantu memajukan para pemimpin dalam pemahaman mereka tentang apa yang mungkin bekerja Iebih baik ketika bencana berikutnya melanda:

    “Dalam program [keamanan tanah pascasarjana lulusan Northeast], misalnya, kita akan melihat kasus-kasus kebakaran hutan dan angin topan yang lalu, membandingkan respon dari Badai Katrina dengan respon dari Badai Harvey. Keduanya merupakan peristiwa banjir yang sangat luas di wilayah metropolitan utama tetapi tingkat keberhasilan dari dua upaya respons sangat berbeda. Kami melihat alasannya: Apa yang unik? Apa yang berubah dalam kebijakan? Apa yang berubah dalam agensi? Apa yang mengubah cara respons itu diatur? Apa yang berbeda secara lokal? Di tingkat negara bagian dan secara federal? "

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Danko mengatakan para pemimpin harus membiasakan diri untuk bertanya pada diri sendiri jenis pertanyaan tentang bencana masa lalu untuk membantu mempersiapkan diri bagi yang akan datang.

    Akrab dengan Proses dan Kebijakan Darurat

    Ada lebih banyak hal dalam manajemen darurat daripada sekadar merespons krisis. Dibutuhkan pelatihan bertahun-tahun untuk mengetahui apa peran yang tepat yang harus diambil oleh seorang pemimpin dalam keadaan darurat dan bagaimana respons dan operasi pemulihan harus dilakukan. Kapten Danko menekankan bahwa salah satu tujuan utama MA dalam program Keamanan Dalam Negeri adalah untuk memastikan lulusan mengetahui aturan manajemen darurat dan alur kerja di dalam dan luar.

    “Penting untuk memastikan bahwa semua siswa kami memahami kebijakan dan proses di balik apa yang merupakan keamanan dalam negeri dan manajemen darurat yang efektif. Kami memiliki undang-undang, dan bahkan seluruh program, yang membahas bagaimana logistik manajemen darurat bekerja dan bagaimana kami merespons. Apakah siswa kami akan merespons bencana alam atau buatan manusia, kami ingin memastikan bahwa mereka akan mempelajari kebijakan dan prosedur penting ini.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Teknologi Semarang

    "Cara Iain agar masyarakat dapat mengurangi kerusakan, meningkatkan perlindungan mereka, dan segera bangkit setelah bencana besar adalah dengan menyadari semua sumber daya yang tersedia bagi mereka. DaIam beberapa kasus, komunitas yang lebih kecil mungkin tidak mengetahui program yang dapat mereka manfaatkan atau lembaga yang dapat mereka mitrakan untuk membantu dengan bantuan darurat. Pengetahuan yang berlaku tentang kebijakan dan prosedur saat ini akan memperkenalkan kepada para pemimpin dengan setiap sumber daya yang tersedia.

    Jenis mitigrasi bencana

    Tindakan mitigrasi bencana dapat berupa struktural dan juga non-struktural. Kegiatan mitigrasi harus memasukkan pengukuran dan penilaian lingkungan resiko yang berkembang. Kegiatan dapat mencakup pembuatan alat komprehensif dan proaktif yang membantu memutuskan di mana harus memfokuskan pendanaan dan upaya pengurangan risiko.

    Contoh tindakan mitigrasi lainnya termasuk:

    • Pemetaan bahaya Adopsi dan penegakan
    • Penggunaan lahan dan praktik zonasi
    • Menerapkan dan menegakkan kode bangunan
    • Pemetaan dataran banjir
    • Kamar aman tornado yang diperkuat
    • Mengubur kabel listrik untuk mencegah penumpukan es
    • Budidaya rumah di daerah rawan banjir
    • Program kesadaran publik mitigrasi bencana
    • Program asuransi

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Rencanakan, dan Rencanakan Lagi

    Pada akhirnya, tidak ada cara untuk mencegah terjadinya beberapa bencana. Mengetahui hal ini merupakan keuntungan. Pemimpin manajemen darurat mencapai hasil terbaik ketika mereka realistis tentang semua risiko potensial.

    “Salah satu cara terbaik kita dapat membuat masyarakat kita tangguh adalah melalui perencanaan,” Kapten Danko mengingatkan kita. "Perhatikan baik-baik apa risikonya bagi komunitas Anda, buat rencana untuk mengurangi risiko itu, dan tanggapi serta pulihkan jika perlu."

    Rencana mitigasi bencana yang berhasil tidak terjadi dalam semalam, katanya. Tetapi program-program seperti MA dalam Homeland Security dirancang untuk mempersiapkan siswa memahami dan mengevaluasi risiko sehingga suatu hari mereka dapat secara efektif melindungi komunitas mereka — di mana pun mereka berakhir.(Putra)

    Sumber : https://www.northeastern.edu/graduate/blog/natural-disaster-mitigation/ 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prosedur Mitigasi Bencana Alam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar