Cara Import Tabel Ke database MySql PhpMyadmin

Daftar Isi

    LancangKuning.com - PhpMyadmin merupakan salah satu DBMS(Database Management System) berdasarkan namanya Phpmyadmin menggunakan bahasa pemrograma php. PhpMyadmin memiliki beberapa fungsi dasar seperti create untuk menambahkan data baru, edit untuk mengedit atau merubah data yang telah ada dan drop untuk menghapus data yang sudah ada. Untuk mengakses data yang sudah ada phpmyadmin juga memiliki beberapa fitur seperti select untuk menampilkan data, update untuk mengganti atau merubah baris dalam data dan delete untuk menghapus data yang ada. Terkadang kita ingin memindahkan sebuah table dalam sebuah database ke database lain nya baik dalam satu perangkat yang sama maupun berbeda perangkat. Untuk melakukan hal tersebut kita bisa menggunakan fitur eksport dalam database untuk memindahkan data dari table dan fitur import untuk memasukan data dari table ke database yang baru. Berikut ini merupakan cata mengimport table ke database Mysql.

    • Hidupkan Xampp

    Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka PhpMyadmin dengan browser yang anda gunakan. Jangan lupa aktifkan webserver lokal anda bisa menggunakan xampp atau wampp maupun sofware lain nya. Kemudian masuk ke link “Localhost/ PhpMyadmin”  ikuti gambar dibawah.

                 

    • Buka Mysql

                  

    • Akses database

    Langkah selanjutnya anda bisa mengakses table yang anda ingin ambil data table nya. pada tutorial ini akan mengambil data dari database pets_db.

              

    • Pilihlah table.

    Pililah table yang akan di akan di gunakan lihat juga atribut yang terdapat dalam table tersebut. Pastikan anda sudah memilih data table yang benar.     

    • Akses menu eksport

    Kemudian anda bisa memilh menu eksport, pada menu eksport

    • Pilih medore eksport

    Pada menu eksport memiliki beberapa fasilitas yang diberikan anda bisa mengeksport seluruh isi dari table yang anda juga bisa memilih beberapa baris yang ada dalam table. Yang terdapat dalam menu metode eksport:

    Dalam metode kostom beberapa pengaturan yang ada seperti di bawah ini:

    • Pilih Format File

    Langkah ini merupakan langkah terakhir dalam proses eksport file phpmyadmin. Anda bisa memilih format dari file yang anda inginkan kemudian anda tentukan lokasi penyimpanan dari file anda:

           

    • Buat Database

    Selanjutnya kita akan memindahkan data dari yang sudah kita eksport tadi kedalam database yang baru atau anda bisa mengunakan database yang sudah ada. Kemudian akses database anda.

    • Akses menu import

    Kemudian anda bisa mengklik menu import. Dalam menu import menyediakan beberapa fasilitas anda bisa memasukan file yang telah anda import tadi jangan lupa samakan jenis format dari file. Karna pada tutorial ini mengunakan format xml maka format yang di gunakan adalah xml anda bisa menyesuaikan sesuai dengan format fie yang anda gunakan. Kemudian klik tombol kirim.

    • Pilih lokasi file berkas

    • Format dari berkas

    • Data berhasil di masukan. Data dari table anda berhasil di masukan. Anda bisa memilihat data dari table yang sudah anda masukan tadi:​

    Itu tadi tutorial bagaiman cara mengimport data dari satu table dalam satu database ke table database lain nya. semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda yang masih binggung bagaiman cara mengimport sebuah table dari database. (Zulkarnaim)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Import Tabel Ke database MySql PhpMyadmin
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar