Cara Bangkit Dari Kegagalan Dalam Berwirausaha

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berwirausaha merupakan salah satu cara mendapatkan hasil atau nafkah demi kehidupan sehari-hari. Banyak keuntungan dari berwirausaha, seperti menjadi bos sendiri, bisa mengendalikan pemasaran, langsung terjun kelapangan, dan masih banyak lagi. Tapi, meskipun demikian, tetap ada resiko jika kita mengatur wirausaha dengan seenaknya saja, tentu ada system yang digunakan agar usaha menjadi lebih disiplin dalam hal manajemen. Jika saja dari awal tidak mempunyai sebuah manajemen yang baik, maka akan ada resiko buruk yang akan muncul setelahnya. Resiko itu bisa berdampak tidak baik untuk kemajuan usaha, bahkan bisa sampai bangkrut, gagal, tidak ada pelanggan, dan sebagainya.

    Ada banyak cara untuk memanajemen usaha, seperti:

    1. Mengatur Jam Kerja

    Sebenarnya dari awal membangun usaha pun pasti sudah ada jam kerja. Akan tetapi, mengatur jam kerja disini dimaksudkan pada aturan istirahat, manajemen waktu, dan saat waktu senggang. Jam istirahat memang digunakan untuk istirahat yang cukup, seperti makan, minum, meredakan pikiran stress, dan relaksasi, jangan digunakan untuk hal yang sia – sia, seperti selfi tidak jelas, main game, main gadget, dan sebagainya. Saat waktu senggang, seperti belum ada pembeli datang, gunakan waktu tersebut untuk menilai hasil peningkatan rugi – untung atau yang disebut waralaba.

    2. Mengendalikan Keuangan

    Keuangan sangat mendukung pada modal maupun system kerja. Jika saja keuangan tidak di manajemen dengan baik maka resiko negative pun akan muncul. Mulai dari kurangnya modal, anggaran perbaikan usaha berkurang, sulit menambah fitur usaha, sampai usaha tersebut gagal atau bangkrut.

    3. Atur Seluruh Karyawan Maupun Diri Sendiri

    Seringnya rasa malas menggangu diri sendiri maupun karyawan. Maka dari itu buatlah aturan yang mengatur diri sediri ataupun karyawan. Karyawan harus lebih cepat datang dibanding dengan jam buka usaha, itu berlaku juga bagi diri sendiri. Lakukanlah sanksi yang tegas sesuai dengan kesalahan yang dibuat, itu pun berlaku juga bagi diri sendiri.

    Itu beberapa cara manajemen yang bisa dipakai. Bagaiman jika kita sudah gagal atau bangkrut dari berwirausaha? Ada beberapa cara untuk bangkit dari kegagalan. Semua usaha mempunyai potensi untuk gagal. Jadi bagaiman cara agar bangkit dari kegagalan?. Namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan:

    • Pelajari Hal Yang Membuat Kegagalan

    Dari kejadian kegagalan, pasti ada hal yang membuat kita gagal. Maka dari hal tersebut kita bisa belajar, bagaimana agar tidak gagal, apa hal yang dapat membendung kegagalan tersebut, bagaimana cara agar kegagalan itu tidak lagi terulang. Dari hal itu, bisa kita simpulkan “ambil pelajaran dari kegagalan “.

    • Berfikir Bahwa Bukan Hanya Anda Yang Pernah Gagal

    Terkadang pikiran yang sering menghantui kita adalah depresi, menganggap bahwa kitalah yang paling menderita. Akan tetapi, masih banyak orang yang gagal bahkan menderita diluar sana. Maka dari itu berfikirlah bahwa bukan hanya kita yang merasa gagal, dan jadikan kegagalan tersebut menjadi peluang untuk menuju hal yang lebih cerah.

    • Memulai Lagi Dari Awal

    Jika kita pernah gagal, ada baiknya kita harus mempunyai jiwa yang bisa bertahan dalam keadaan apapun. Agar bisa membaut usaha yang dimulai lagi, kita membutuhkan jiwa yang kuat. Katakana pada diri sendiri, ayo mulai lagi dan buat hal baru jangan sampai kegagalan terulang kembali. Intinya mulai aja dulu, baru setelah itu perjuangkan usaha tersebut.

    • Motivasi Eksternal Dan Internal

                    Ingatlah banyak orang yang susah payah mencari nafkah di kehidupan ini. Motivasi diri agar membuka lagi sebuah usaha. Misalnya motivasi eksternal dari keluarga, lihatlah keluarga yang senatiasa tersenyum bersama, gembira bersama, sedih bersama, buatlah hal itu menjadi motivasi pada diri sendiri. Selanjutnya motivasi internal dari diri sendiri, berfikirlah bahwa anda bisa, anda mampu bersaing, anda mampu untuk bangkit kembali dari kegagalan. Jangan berfikir ada tidak bisa, karena apa yang kita pikirkan akan menjadi motor penggerak diri.

    • Ingatlah Masa Sukses Dulu

    Kesuksesan pada masa dulu akan menjadi kunci kesuksesan mendatang. Saat kita gagal maka ingatlah kegiatan baik pada masa dulu agar sukses, jadikan itu sebagai landasan membentuknya suatu usaha yang baru. (Bintang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Bangkit Dari Kegagalan Dalam Berwirausaha
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar