Tahun Ini Hewan Kurban di Siak Meningkat

Daftar Isi

    SIAK - Tahun 2019 in, hewan akan di kurban akan meningkat dari tahun sebelumnya, data yang diperoleh tahun 2018 hewan kurban yang di kurban sebanyak 2561 ekor, yang terdiri dari 1906 ekor sapi, 99 ekor kerbau dan 596 ekor kambing.

    Hal itu disampaikan Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Siak Susuilawati, saat dijumpai di gedung DPRD Siak, Senin (5/8/19) siang.

    "Untuk tahun ini meningkat hewan kurban, namun angka pastinya kita belum tahu, karena belum sampai ke pemilik kurban, melainkan saat ini baru sampai ke pengepul hewan," kata Susi.

    Sejauh ini, dari data yang diperolehnya, hewan yang akan di kurbankan nantinya, Susi mengatatakan dalam kondisi sehat, karena sebelum di kirim ke pemilik kurban hewan tersebut akan diperiksa terlebih dahulu.

    "Pemeriksaan sebelum di sembelih maupun setelah di sembelih, pemeriksaan antimortem namanya itu," kata Susi.

    Susi mengatakan, hewan kurban tersebut akan diperiksaa dari tim medis yang ada di seluruh Kecamatan di Kabupaten Siak.

    "Kemudian pada saat pneyembelihan, kita akan turunkan tim melakukan pemeriksaan posmotem setelah disembelih, untuk antisipasi terhadap kemungkinan  adanya penyakit-penyakit menular pada hewan," terannya.

    Susi mengatakan, dari Dinas saat ini sudah turun ke seluruh Kecamatan untuk mengecek kondisi hewan kurban, meski ia akui belum maksimal, karena ada beberapa daerah yang sapinya belum sampai ke tempat pengepul sapi.

    "Untuk memastikan jumlah kurban itu pada malam hari raya kurban, dan mungkin ada tambahan lagi pas hari raya iru. Kita baru bisa menyamapikan data tetap setelah hari Tasryik," terannya. (LK/Gus_li)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tahun Ini Hewan Kurban di Siak Meningkat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar