Beberapa penjelasan MSDM Menurut Para Ahli

Daftar Isi

    LancangKuning.com - MSDM atau Manajemen sumber daya manusia merupakan ilmu atau bagaimana mengontrol hubungan dan peran sumber daya atau tenaga kerja yang dimiliki oleh setiap orang secara terampil dan cekatan serta dapat dipergunakan dengan penuh sehingga mendapatkan tujuan yang diinginkan, bersama karyawan, perusahaan dan masyarakat menjadi lebih maksimal.

    Faktor manusia sangat diperlukan dalam sebuah organisasi sehingga muncul sebuah ilmu manajemen yaitu MSDM atau Manajemen Sumber Daya Manusia yang mempelajari masalah kepegawaian dan ketenagakerjaan.

    Para ahli mendefinisikan MSDM adalah sebagai berikut:

    • Manajemen Sumber Daya Manusia yaitu dalam mencapai sebuah tujuan perusahaan yang  terdapat suatu perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengawasan terhadap pengembangan, pengadaan, pemeliharaan, pengintegrasian dan pemisah tenaga kerja  (Anwar Prabu Mangkunegara, 2001:2)
    • Menurut Henry Simamora MSDM ialah suatu penilaian, pengembanggaan, pendayagunaan, pengelolaan individu dan pemberian jasa para pekerja atau anggota organisasi  (Henry Simamora, 1999:3)
    • MSDM adalah titik tujuan individu maupun organisasi yang dicapai dengan seleksi, penarikan, pemeliharaan, pengembangan, dan juga penggunaan sumber daya manusia (Handoko, 2000:4)
    • Menurut Mangkunegara MSDM adalah merupakan suatu pengembangan pengkoordinasian, dan pemberian balas jasa, perencanaan, pengintegrasian, pengorganisasian, pengawasan dan pelaksanaan terhadap pengadaan, pemisahan tenaga kerja dan pemeliharaan dalam  mencapai tujuan perusahaan (Mangkunegara, 2002:2)
    • Ilmu yang mendalami kelompok kerja, membuat pekerjaan, memberikan imbalan kepada karyawan atas pekerjaan maupun usahanya dan memberdayakan karyawan di dalam perusahaan tersebut, Suatu pendekatan yang dapat meningkatkan kinerja karyawan (Bohlarander dan Snell, 2010:4)
    • Menurut Melayu SP. Hasibuan MSDM merupakan rangka mewujudkan tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat secara efektif terdapat seni dan ilmu untuk mengatur peran hubungan kerja. (Melayu SP. Hasibuan)
    • MSDM adalah pemanfaatan aplikasi yang sangat tepat pada kemampuan dalam akuisisi, pemeliharaan dan pengembangan sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu organisasi secara efektif dari pemanfaatan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang optimal oleh suatu organisasi atau perusahaan .(Ahcmad S. Rucky)
    • Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan pengarahan, pengorganisasian, perencanaan, pengecekkan atas pengadaan, pemberian kompensasi, pengembangan, pemutusan dan pemeliharaan hubungan karyawan dimaksud membantu tujuan individu, masyarakat dan organisasi. (Tulus)
    • Manajemen Sumber Daya Manusia Adalah suatu keadaan yang terdiri dari berbagai macam perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian kegiatan yang berhubungan dengan analisis suatu pekerjaan, evaluasi pekerja, promosi, pengadaan, pengembangan, promosi, pemutusan dan pemberian hubungan kerja dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. (Mutiara S. Panggabean)
    • Menurut Fustino Manajemen Sumber daya Manusia ialah suatu gerakan pengakuan terhadap pentingnya unsur manusia sebagai sumber daya yang amat potensial dan perlu dikembangkan  sehingga sanggup memberikan kontribusi yang penuh dan terbaik untuk organisasi dan bagi pengembang dirinya. (Fustino Cardos Gomes, 2002:3)
    • Manajemen Sumber Daya Manusia adalah dimana suatu proses menilai, melatih, memperoleh dan memberikan pemerataan kepada karyawan, kesehatan, memperhatikan hubungan antar karyawan, malah keadilan dan keamanan. (Dessler, 2006:5)
    •  Manajemen Sumber Daya Manusia menurut Sastrohadiwiryo ialah manajemen tenaga kerja yang menggantikan manajen sumber daya manusia. Manajemen pengurusan, pengaturan, pengembangan dan pembinaan unsur tenaga pekerja yang memiliki jabatan sebagai buruh dan karyawan. (Sastrohadiwiryo)

    Dari definisi yang di uraikan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa MSDM merupakan bagian dari manajemen keorganisasian menekankan unsur SDM dan sudah menjadi tugas MSDM agar dapat mengelola unsur manusia secara baik supaya diperoleh tenaga kerja yang bagus tepat sesuai pekerjaannya, sehingga mampu bekerja optimal agar tercapainya tujuan suatu organisasi dan perusahaan.

    Secara Sederhana MSDM dapat dipahami sebagai pengoperasian SDM merupakan pengimplementasian dari fungsi manajemen dalam aktivitas operasional demi terwujudnya tujuan perusahaan(Andani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Beberapa penjelasan MSDM Menurut Para Ahli
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar