Begini Tips Memilih Hewan Kurban yang tepat

Daftar Isi

    Foto :vstory
    Sumber : pixabay

    LancangKuning.Com, JAKARTA – Idul Adha 1440 H telah diputuskan jatuh pada hari minggu 11 agustus 2019. Setiap perayaan hari besar umat muslim ini selalu diikuti dengan kegiatan Qurban. Kegiatan qurban dilakukan dengan menyembelih hewan baik sapi, kambing hingga unta untuk kemudian dagingnya dibagi untuk masyarakat yang membutuhkan.

    Qurban adalah salah satu ibadah yang dinanti untuk umat muslim Indonesia. Berbondong-bondong masyarakat membeli hewan qurban untuk beribadah dan saling berbagi kepada masyarakat yang berhak. hewan qurban yang dibeli haruslah sehat dan baik sehingga manfaatnya dapat diterima oleh saudara saudara.

    Memilih hewan kurban terbaik membutuhkan kecermatan dan ketiltian. Berikut beberapa tips yang dapat kami berikan untuk membantu teman-teman mencari hewan kurban yang sesuai.

    1. Umur Hewan kurban telah sesuai

    Terdapat kriteria umur hewan untuk berkurban. Sapi pada umumnya dapat dikurban ketika mencapai umur 2 tahun. Kambing diharuskan telah berumur dari 1 tahun. Kondisi hewan di umur tersebut dianggap sudah cukup usia dan siap dikurban dengan kondisi daging yang telah mencukupi.

    2. Bebas dari penyakit

        Hewan kurban yang diperbolehkan dilarang memiliki penyakit. Diantaranya hewan kurban dilarang untuk mengalami kebutaan, sakit, pincang hingga kurus badannya. Kambing atau sapi yang teman-teman pilih haruslah yang terlihat sehat dengan tubuh yang gemuk atau berisi.    

    3. Hewan telah berganti gigi

        Hewan kurban telah mengalami pergantian gigi seri depan maupun bawah. Pergantian gigi menunjukan perkembangan hewan kurban telah mencapai umur yang matang untuk dikurbankan.

    4. Tubuh Hewan Kurban Sehat

        Berdasarkan pemeriksaaan hewan kurban haruslah berstatus sehat dengan ciri cirinya berdasarkan kementrian agama adalah, bulu bersih tidak kusam, lincah, nafsu makan baik, suhu tubuh normal dan lubang pada tubuh bersih serta normal. Teman teman diharap memperhatikan tanda ini pada setiap hewan yang ditawarkan oleh penjual.

    5. Kebersihan tempat penjualan hewan terjamin

         Kebersihan dan perawatan hewan kurban semasa penjualan dan pertumbuhan harus terjamin. Hewan kurban dengan tubuh sehat berasal dari kandang yang rapi, bersih, terjaminnya makanan serta air bagi hewan. Sebelum memutuskan membeli hewan pastikan tempat penjualan telah menjamin kesehatan hewan kurban. (LKC)

    Sumber : kementrian agama dan pertanian RI

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Begini Tips Memilih Hewan Kurban yang tepat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar