Pengertian dan Fungsi Public Relations      

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Public relations adalah satuan fungsi manajamen yang menjadi jembatan antara perusahaan dengan publiknya. Public relations membantu tempat dia bekerja agar publik mau bekerjasama dengan baik, internal maupun eksternal dalam upaya menciptakan iklim opini publik yang menguntungkan lembaga/organisasi.

    Aktivitas Public Relations yaitu menyelenggarakan komunikasi timbal balik/dua arah antara lembaga dan publik untuk tercapainya tujuan tertentu demi kemajuan dan citra positif lembaga yang bersangkutan. Hal ini sangat berkaitan dengan pembentukan opini publik.

    Public Relations merupakan garda terdepan ketika menghadapi situasi genting/krusial seperti konflik internal maupun eksternal, pertikaian maupun krisis yang menimpa lembaga atau organisasi. Pada kondisi ini Public Relations wajib menengahi (mediator) serta menjelaskan secara jujur dan terbuka sehingga masalah dapat terselesaikan dengan baik tanpa membuat salah satu pihak merasa dirugikan. Sebagai mediator, Public Relation tidak sekedar menyelesaikan masalah bagi lembaganya, tetapi Public Relation juga memiliki tanggung jawab sosial yang harus memegang teguh baik etika dan kejujuran sehingga citra positif lembaga/organisasi tetap terjaga di mata publik.

    Berdasarkan penelitian International Public Relations Association (IPRA) pada tahun 1981, beberapa fungsi Public Relations diantaranya yaitu :

    1. Memberikan sarana konseling yang berdasarkan pemahaman perilaku manusia
    2. Menganalisa trend masa depan dan meramalkan akibatnya bagi lembaga/organisasi
    3. Melakukan riset pendapat, sikap, pandangan dan harapan masyarakat terhadap lembaga/organisasi serta memberi saran dan tindakan yang diperlukan untuk menghadapinya
    4. Menciptakan dan membina komunikasi dua arah dengan informasi yang utuh dan benar
    5. Mencegah konflik akibat salah pengertian serta menjadi mediator jika terjadi konflik
    6. Meningkatkan rasa hormat dan rasa tanggung jawab sosial di dalam lembaga
    7. Menyelaraskan kepentingan lembaga terhadap kepentingan umum sehingga tidak ada bentrok antar kepentingan
    8. Menciptakan hubungan yang baik antara produsen dan konsumen
    9. Merekrut tenaga kerja yang kompeten dan menjaga tenaga kerja agar tidak keluar dari lembaga/organisasi
    10. Memasyarakatkan produk atau jasa yang disediakan
    11. Mengusahakan peningkatan laba maximal
    12. Menciptakan jati diri lembaga/organisasi dengan citra yang baik
    13. Memahami masalah nasional maupun internasional

    Public relations juga bisa diartikan bagaimana meraih audience. Tidak terpaku melalui media mainstream seperti televisi atau koran, hal ini juga dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya yaitu dapat melalui konten website yang baik, konten video yang baik di youtube, konten blog, dan masih banyak lagi. Hal ini berarti menuntut seorang Public Relations untuk belajar mengasah skill dalam membuat konten yang baik, baik dalam artian konten tersebut informatif, benar (tidak hoax), baik untuk lembaga/organisasi maupun publik.(Fadhil)                       

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian dan Fungsi Public Relations      
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar