Cara Membiasakan Anak Makan Sayur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sayur sering kali menjadi menu yang di abaikan dalam makanan oleh anak-anak saat makan, Mereka sering menyisakan sayuran yang mereka makan dalam bekal yang di siapkan oleh orang tua mereka. Akan menjadi masalah jika anak-anak tidak memakan sayur mereka akan kekurangan gizi yang di dapat dari sayuran seperti vitamin yang bermanfaat pada tubuh. Berikut ini merupakan cara supaya membiasakan anak dalam memakan sayur: 

    1. Menu masakan yang menarik

    Menu dari masakan yang kita masak setiap hari pasti membuat anak menjadi bosan dan membuat anak enggan untuk memakan makanan nya, Anda bisa memilih menu masakan yang menarik gabungkan lah sayuran dengan bahan lain nya seperti bakso, bentuk juga makanan menjadi bentuk yang unik sehingga anak tertarik untuk memakan makanan tersebut.

    1. Menjadi Contoh

    Ketika waktu makan ajaklah anak makan bersama tunjukan kepada anak bahwa sayur sayuran itu enak di makan. Anda bisa memberikan sedikit sayuran kepada anak. Cobalah memberikan beragan sayuran bersama si kecil hingga terbiasa dalam memakan sayur.

    1. Beri Reward kepada si kecil

    Anak kecil sering memilih bermain dari pada makan. Hal ini tentu menjadi masalah sehingga sering kalah si kecil malah fokus bermain dari pada makan. Berilah reward kepada si kecil ketika makan anda bisa memberi hadiah yang iya inginkan ketika dia bisa menghabiskan seluruh makanan nya. Hal ini akan membuat anak termotivasi dalam menghabiskan makanan nya. 

    1. Bentuk tampilan makanan menjadi menarik

    Bentuk dari makanan akan membuat si kecil tertarik bentuklah makanan anda semenarik mungkin gunakan warna yang menarik dalam makanan anda sehingga yang tersaji dalam piring makanan akan membuat si kecil menjadi tertarik untuk memakan makanan tersebut.

    1. Peralatan makan yang menarik.

    Selain makanan yang menarik peralatan yang digunakan juga bisa membantu memotivasi dan menyemangati anak ketika memakan makanan.

    1. Libatkan anak membuat makanan

    Proses makan akan menjadi lebih menarik jika makan yang ketika sediakan dibuat bersama si kecil, anak akan lebih tertarik memakan makanan yang di buat sendiri. Buatlah bentuk-bentuk yang menarik misalkan membuat bentuk hati sehingga anak lebih menyukainya

    1. Menjadikan sayur makanan pendamping

    Jika si kecil suka memakan daging seperti daging ayam. Bentuk lah sayur menjadi makanan pendamping. Anda dapat menggabungkan daging ayam tersebut dengan sayuran sehingga menghasilkan rasa yang lebih enak.

    1. Membentuk sayur menjadi cemilan sehat

    Cemililan sehat bisa menjadi solusi bagi si kecil yang masih tidak mau memakan sayur pilih menu cemilan menarik yang di sukai oleh si kecil. Sehingga si kecil bisa memakan cemilan tersebut ketika bermain.Itu dia informasi cara membuat anak memakan sayur. Semoga informasi yang di berikan bermanfaat bagi si kecil yang masih sulit dalam memakan sayur.(Zulkarnain)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Membiasakan Anak Makan Sayur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar