Makanan Berbahan Dasar Sagu Diharapkan jadi Pendapatan Baru Keluarga

Daftar Isi

    SIAK-Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Siak menggelar lomba cipta menu festival pangan lokal dengan bahan dasar sagu, dari makanan tersebut diharapkan kedepan bisa menjadi pendapatan baru bagi keluarga.

    Hal itu disampaikan ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri, saat menghadiri acara tersebut di bawah Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah Siak Sri Indrapura, Selasa (23/7/19).

    "Dari kemasan dan tekstur makanan dari 14 Kecamatan yang disajikan tadi sangat menarik dan enak-enak," kata Rasidah.

    "Kita juga berharap, kedepannya, bisa dari Dinas-dinas untuk memesan makan ini," terang guru SMA di Siak itu.

    Rasidah berpesan, agar ibu-ibu rumah tangga terus melakukan inovasi dalam bidang makanan, agar bisa menambah pendapatan keluarga, selain itu bisa juga masyarakat Siak memakan makanan pokok selain makanan dari beras.
    Terkait hal itu, Rasidah akui tidaklah mudah untuk menarik minat bagi para ibu-ibu, namun ia mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait peluang pendapatan dari makanan berbahan dasar non beras ini.

    "Kita dari PKK terus melakukan sosialisasi, terutama sebelum perlombaan ini di lombakan, PKK bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait makanan berbahan dasar non beras ini," kata Rasidah.

    "Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias dengan kegiatan ini," terang Rasidah.

    Sementara itu, Kabid  Kosumsi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau Fetri Yenni mengatakan, saat ini di Riau sudah banyak produk-produk berbahan dasar sagu berkembang, apalagi di Siak antusias masyarakatnya sangat tinggi terhadap olahan makanan berbahan dasar sagu ini.

    "Apa salahnya kita manfaatkan sagu ini sebagai makanan alternatif pengganti karbohidrat dari beras, kita berharap kegiatan seperti ini juga digandeng asosiasi-asosiasi, apakah asosiasi tataboga, atau bisa juga usaha yang bidang olangan, baik itu yang menyediakan bentuk makanan jadi atau dalam bentuk olahan snak," kata Fetri.

    Dalam perlombaan itu kata Fetri, para juri akan menilai makann tersebut dari bentuk kreasi makan, rasa dan tampilan.

    "Kalau terkait pangsa pasar makanan berbahan dasar sagu sangat baik di Riau saat ini, karena sampai saat ini peminat makanan berbahan dasar sagu ini sangat banyak, malahan hari ini ketersediaan makanan berbahan dasar sagu yang sangat sedikit saat ini," tutur Fetri. (LK/Gus_li)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Berbahan Dasar Sagu Diharapkan jadi Pendapatan Baru Keluarga
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar