Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharmasraya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharmasraya atau sering disebut dengan STIKES Dharmasraya beralamat di Jalan. Lintas Sumatera Km No.18, Sijunjung, Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya. STIKES Dharmasraya berdiri pada tanggal 11 September 2006 dan tanggal SK 10 Oktober 2005. Perlu diketahui betapa pentingnya sebuah pendidikan, pendidikan merupakan salah satu bentuk tindakan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, maka sering kali menjadi tolak ukur dalam menentukan perkembangan dan kemajuan di suatu bangsa ditentukan dengan tingkat pendidikan dan kualitas dari warga negaranya.

    Semakin tinggi dan bagus kualitas pendidikan yang tersedia di suatu bangsa yang diberikan kepada warga negara maka bangsa tersebut akan mempunyai potensi yang baik pula dalam bidang material dan spritual. Kabupaten Dharmasraya  merupakan salah satu kabupaten baru hasil dari pemekaran Kabupaten Sawahlunto / Sijunjung sesuai dengan undang-undang Nomor 38 tahun 2003.

    Dari Hal tersebut dikaitkan dengan Sejarah STIKES Dharmasraya yang pada saat itu Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatra Barat mulai berkembang, yang terlihat adanya suatu kebutuhan yang pesat diantaranya yaitu sektor Pendidikan membutuhkan potensi yang   cukup tinggi dalam upaya pembangunan Khususnya Pendidikan tinggi seperti tenaga-tenaga pengajar di perguruan tinggi, pada saat ini jumlah mahasiswa yang ada di STIKES Dharmasraya yaitu sekitar 319 orang dengan 20 orang tenaga pengajar. Perguruan tinggi Swasta di kabupaten Dharmasraya berjumlah tiga yaitu:

    • Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK)  Dharamasraya
    • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Dharmasraya
    • Sekolah tinggi keguruan dan ilmu Pendidikan  (STKIP) Dharmasraya

    Tiga perguruan tinggi swasta tersebut didirikan oleh Yayasan Amanah Ampang Kuranji, dan  STITNU Sakinah Dharmasraya. Yayasan Amanah Ampang Kuranji melakukan perubahan dari bentuk perguruan tinggi swasta dengan menggabungkan STMIK Dharmasraya, Dhamasraya STIKES, dan  STMIK Dharmasraya menjadi Universitas Dharmas Indonesia.  Universitas Dharmas Indonesia memperoleh izin dari mentri Ristek Dikti Republik Indonesia.  Denga nomor SK 70/KPT/I/2015 tanggal 2 Oktober 2015. Pada tanggal 12 oktober 2015 Universitas Dharmas Indonesia diresmikan oleh Bapak Prof. Intan Ahmad, Dirjen Belmawa Kementerian Riset dan Teknologi.

    Universitas Dharmas Indonesia mempunyai 3 fakultas yaitu Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

    Berikut informasi jurusan yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharmasraya atau yang sekarang telah menjadi fakultas Ilmu Kesehatan

    Program Studi

    Strata

    No.SK

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Daluarsa

    Keperawatan

    S1

    451/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014

    2014

    C

    2019-11-14

    Kebidanan

    D-III

    489/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/XII/2014

    2014

    C

    2019-12-28

    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharmasraya memiliki berbagai fasilitas yaitu:

    • Lapangan futsal
    • Bus kampus
    • Klinik rumah sehat amanah
    • Ambulance
    • Auditorium
    • Copy Center
    • Fitness Center
    • Hotspot Area
    • Kantin
    • Klinik Pratama
    • Laboratorium Keperawatan
    • Laboratorium Kebidanan
    • Lapangan Volley Ball
    • Laboratorium Komputer
    • Perpustakaan
    • Ruang Kuliah

    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan juga memiliki lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) dan Lembaga penjaminan mutu Internal (LPMI).

    Perlu kita ketahui kenapa kita perlu kuliah? Karena dengan berkuliah kita dapat melakukan diskusi dan bertukar pikiran serta dapat memperluas jaringan wawasan dalam menuntut ilmu.  Perguruan tinggi maupun pendidikan tinggi diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki intelektual yang berkualitas serta dapat membantu perkembangan dan pembangunan di suatu bangsa.

    Perlu diketahui bahwa banyak sekali peluang pekerjaan dari lulusan kebidanan dan keperawatan, selain bisa kerja di rumah sakit namun juga bisa mendirikan praktek sendiri jika sudah memiliki izin praktek. Pada saat ini kebidanan dan keperawatan juga bisa bekerja di perusahan-perusahaan yang memiliki produk Asuransi Kesehatan ataupun Asuransi jiwa.

    Bagi kamu yang berminat menjadi seorang perawat maupun bidan maka bisa mencoba mendaftar di STIKES Dharmasraya berikut informasi lengkapnya dapat mengunjungi halaman di bawah ini.(Risma)

    Sumber : www.undhari.ac.id

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharmasraya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar