Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bulungan Tarakan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sekolah Tinggi Ekonomi Bulungan Tarakan (STIE) adalah sekolah perguruan tinggi pertama di Kalimantan Utara. STIE Bulungan Tarakan adalah peningkatan dari Akademi Administrasi Bisnis Tanjung Selor (AMP) yang didirikan pada 1980 di Tanjung Selor. Organisasi STIE Bulungan Tarakan dimulai pada tahun 1992 di Tarakan berdasarkan Keputusan dan mendapatkan status terdaftar di tahun berdasarkan Keputusan.

    Nama Bulungan yang terlampir pada Fakultas Ekonomi menunjukkan bahwa pendirian universitas ini diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten Bulungan, yang pada saat itu masih bertanggung jawab atas beberapa kecamatan, termasuk Kotif Tarakan, kabupaten Malinau, Nunukan, Tana Tidung dan beberapa kecamatan lainnya.

    Badan penyelenggaraan STIE Bulungan Tarakan sejak adalah Yayasan Pendidikan daerah Bulungan (YAPENDAP) berdasarkan keputusan Bupati Bulungan tingkat Kabupaten: Nomor 2 / a 1996 YAPENDAP dengan Presiden Diario R. Anang Dachlan Djauhari, SE dengan diberlakukannya Undang-Undang nomor tentang pemerintah daerah, maka pada tahun badan penyelenggara STIE Bulungan Tarakan dikirim ke Yayasan Pendidikan Bulungan, karena pemerintah daerah dilarang memiliki Yayasan sesuai dengan artikel  Nomor Hukum  Pemerintah Daerah.

    Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia, STIE Bulungan Tarakan memiliki pendidikan di Program Sarjana dengan 144-160 Unit Kredit Semester (SKS) yang dapat diselesaikan dalam 4 (empat) tahun untuk siswa berprestasi. Proses belajar mengajar di STIE Bulungan Tarakan didampingi oleh 33 Profesor Tetap dan Profesor Tidak Tetap dengan gelar doktor dan magister yang ahli di bidangnya masing-masing.

    Untuk meningkatkan kualitas implementasi Tri Dharma College, sejak 1996, STIE Bulungan Tarakan telah bekerja sama dengan Universitas Mulawarman di bidang Pendidikan, Pengajaran dan Penelitian yang ditandatangani oleh Kanselir Universitas Mulawarman, Prof. Doctor HM Yunus Rasyid , MA dan Presiden Bulungan Tarakan STIE, Drs. Niklas Mou pada 11 Mei 1996.

    Upaya meningkatkan kualitas implementasi Tri Dharma College, yang terus dilakukan, membuat STIE Bulungan Tarakan diakui oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) dari tahun 2002 hingga sekarang. Kualifikasi akreditasi program studi STIE Bulungan Tarakan adalah sebagai berikut:

    Program Studi Manajemen, terakreditasi sebagai "B" berdasarkan Keputusan Dewan Akreditasi Nasional Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 118 / SK / BAN-PT / Terakreditasi / S / III / 2015

    Program Studi Ekonomi Pembangunan, terakreditasi dengan "C" berdasarkan Keputusan Dewan Akreditasi Nasional Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 1064 / SK / BAN-PT / Terakreditasi / S / IV / 2017

    Pada tahun akademik 2018/2019, ada 1.700 siswa aktif dari semua generasi, yang terdiri dari 920 siswa Program Studi Manajemen dan 874 siswa Program Studi Ekonomi Pembangunan.

    Jumlah mahasiswa STIE Bulungan Tarakan hingga 2018 adalah 3.160 Sarjana Ekonomi, yang kini telah diperluas di beberapa lembaga pemerintah, sektor swasta dan beberapa dari mereka memiliki karir sebagai pengusaha.

    Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ekonomi Bulungan Tarakan sebagai berikut:

    Program Studi

    Strata

    No. SK

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Daluarsa

    Manajemen

    S1

    118/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2015

    2015

    B

    2020-03-28

    Ekonomi Pembangunan

    S1

    1064/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2017

    2017

    C

    2022-04-11

    Visi dan Misi Kampus Sekolah Tinggi Ekonomi Bulungan Tarakan sebagai berikut:

    "Menjadi universitas yang unggul dan berperan aktif dalam pembangunan nasional dengan memberdayakan potensi ekonomi daerah dan perbatasan di Kalimantan Utara pada tahun 2030"

    Misi:

    1. Mengadakan Tridharma universitas berkualitas untuk mengoptimalkan potensi ekonomi wilayah dan perbatasan di Kalimantan Utara

    2. Membentuk lulusan yang berkualitas tinggi, kompetitif dan berbudi luhur, dan yang dapat berperan aktif dalam pembangunan regional dan nasional

    3. Membangun kerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan potensi ekonomi wilayah dan perbatasan di Kalimantan Utara.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bulungan Tarakan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar