Strategi Menguatkan Brand

Daftar Isi

    LancangKuning.comBrand merupakan elemen yang menunjukkan identitas pada suatu bisnis baik dari bisnis baru ataupun yang sudah lama berdiri. Brand juga sering disebut persepsi seseorang atau perwujudan image tentang produk atau perusahaan. Brand itu sendiri bisa dibilang aset terpenting yang bisa dimiliki perusahaan yang memberikan nilai, menciptakan diferensiasi dan memberikan hasil yang dapat dirasakan jangka panjang.

    Apakah kamu mempunyai “brand awareness yang benar?. Brand awareness merupakan salah satu indikator tingkatan yang mana brand milik kamu dikenal oleh masyarakat atau target market. Hal ini lah yang dapat meningkatkan dan menguatkan brand kamu. Yuk simak rangkuman tentang Strategi Menguatkan Brand dibawah ini.

    1. Buatlah Desain Logo Yang Sesuai Dengan Bisnis Kamu

    Perlu kamu pertimbangkan untuk membuat sebuah desain logo, seperti menyesuaikan tema brand yang ingin kamu buat dengan bisnis kamu. Contohnya perusahaan kamu bergerak di bidang pakaian, maka brand yang dibangun harus mencerminkan produk serta image perusahaan yang meliputi layanan dan produk yang akan diperoleh pelanggan.

    2. Pilih Alat Marketing

    Alat marketing tersebut adalah branding melalui website. Pada saat ini, website sudah menjadi hal yang wajib bagi brand-brand yang ada baik dalam skala besar maupun kecil. Dengan website, bisnis yang kamu jalankan akan dapat dikenali dengan cepat di tengah target market. Pada saat ini, website sudah menjadi pintu gerbang masyarakat untuk mengenal bisnis kamu, mengenali produk kamu dan akhirnya terjadilah transaksi. Dengan branding melalui website, artinya kamu telah mengembangkan sayap terhadap bisnis kamu.

    3. Berinteraksi melalui Sosial Media

    Tak disangka, sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dan Google+ dapat meningkatkan kualitas kehidupan, terlebih kepada kalangan pebisnis yang ingin bisnisnya berkembang dengan cepat. Penggunaan sosial media dapat digunakan sebagai bentuk kegiatan komunikasi, interaksi dan pemasaran bisnis yang pada saat ini sudah sangat wajib.

    4. Gunakan Blog untuk Meningkatkan Branding Bisnis Anda

    Dengan menciptakan sebuah blog dimana bisnis kamu bisa memberikan informasi-informasi lainnya dan tidak hanya terbatas dengan apa yang bisnis kamu lakukan, tetapi Anda bisa memberikan tips- tips yang berguna untuk para pengikut kamu. Dengan adanya blog, kamu dapat menyediakan konten-konten yang menarik untuk pengikut kamu, sehingga akan meningkatkan “brand awareness” bisnis kamu. Bahkan, melalui blog, kamu juga dapat mendapatkan kesempatan bertambahnya pelanggan karena adanya follower yang menjadi pelanggan.

    5. Buatlah Pesan yang Sifatnya Menyebarkan

    Kita bisa membuat sebuah pesan yang membuat orang ingin menyebarkannya. Salah satunya dengan mengadakan event giveaway dengan syarat-syarat tertentu dan cara yang gampang. Dengan syarat yaitu orang yang ikut giveaway tersebut harus menyebarkan kampanye brandnya. Hal itu bisa membuat brand kamu lebih dikenal oleh banyak orang. 

    6. Hargai Superfans Anda

    Kita tentu tau, menjadi fans dari brand itu sangatlah mudah. Namun jika kamu mempunyai fans dari bisnis kamu, hargailah dan perhatikanlah superfans kamu. Sebab, hanya superfanslah yang setia mempromosikan dan menyebarkan brand favorit mereka dan menciptakan free marketing yang tidak ada batasnya. Tak hanya itu, superfans tersebut juga selalu setia bertransaksi kepada bisnis kamu. Jangan lupa untuk memberikan reward kepada superfans kamu, tak perlu mahal tetapi harus memiliki makna tersendiri.

    7. Tetap Konsisten

    Konsistenlah dalam hal apapun, konsisten dalam menggunakan berbagai perlengkapan desain untuk bisnis kamu juga sangat berpengaruh terhadap bisnis kamu. Selama kamu tetap konsisten, hal itu bisa menambah “brand awareness” terhadap produk kamu. Perubahan pada desain logo/brand bisnis kamu dapat mempengaruhi brand kamu di mata publik.

    Itulah strategi untuk menguatkan Brand kamu. Jika kamu menerapkan cara diatas, maka kesuksesan akan menunggu bisnis kamu. Semoga bermanfaat.(Raihan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Strategi Menguatkan Brand
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar