Pentingnya Menjaga Kesehatan Usus

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sistem pencernaan merupakan bagian penting dari kesehatan tubuh manusia. Pencernaan juga bisa kita ibaratkan sebagai dapur rumah. Yang lebih sekedar memberi rasa enak maupun tidak apa yang kita makan atau kita konsumsi. Saluran satu ini yang akan membawa makanan dari mulut ke perut dan mengubahnya menjadi nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh dan menjadi energi. Dalam beberapa tahun terakhir ini, para ilmuan telah menemukan kalau sistem pencernaan mempunyai tugas yang lumayan luas dan lebih kompleks dari pada yang kamu ketahui sebelumnya.

    Pencernaan lah awal dari apa yang kita makan dan diproduksi oleh enzim yang terdapat pada liur. Semakin bagusnya makanan yang kita konsumsi dan semakin bagus dan lengkap penyerapan oleh dara di lambung dan usus. Sistem pencernaan sangat terkait dengan berbagai masalah kesehatan tubuh yang tampaknya tidak berhubungan dengan pencernaan, mulai dari tekanan emosional, kekebalan, penyakit kronis, termasuk juga termasuk kanker dan juga bisa menyebabkan diabetes tipe dua, yaitu seperti yang dilaporkan dalam TIME.

    Mungkin kita sudah mengetahui bahwa saluran pencernaan itu penuh dengan triliunan bakteri yang hanya membantu kita mencerna makanan, tetapi juga menolong tubuh mempertahankan homeostasis dan kesehatan secara umum. Menurut ahli Tara Menon dia adalah ahli pencernaan di Wexner Medical Center Ohio State University. Bahwa “orang yang sehat mempunyai organisme yang berbeda, yang kebanyakan adalah bakteri, tetapi juga terdapatnya virus, mikroba, jamur, dan yang lainnya.

    Dan menurut ahli Dr. Gail Hecht, presiden Pusat Asosiasi Gastroenterologi Amerika. Bahwa : orang yang tidak sehat, varietasnya akan jauh lebih rendah dan tampaknya ada peningkatan jumlah bakteri yang kita kaitkan pada penyakit ini.

    Pada saat bayi, gangguan pencernaan dapat terjadi hanya karena kekeliruan pada pemberian makanan. Seperti terlalu cepat memberi makanan yang padat, pencernaan bayi untuk menerima makanan yang padat pada usia 6 bulan, supaya pencernaannya tidak memiliki gangguan.

    Diare sering terjadi karena salahnya pemberian makanan terhadap bayi dan kekurangan higienis. Penyakit ini dikarenakan bahwa yang terlau seringnya memberikan minuman yang sudah tercemar dan kebiasaan tidak mencuci tangan. Usus yang telah mulai tercemar akan menimbulkan bibit penyakit, dan terlebih dalam waktu yang lama akan menimbulkan kondisi jonjot usus. Kerusakan ini terbawa sebagai tidak sempurnanya kerja usus. 

    Pencernaan membutuhkan waktu yang serap yang cukup dati menu harian. Mulai dari serat yang kasar dan tidak kasar. Hal ini juga dapat membantu melancarkan pembentukan tinja, dan merangsang peristaltik usus. Apabila kelebihan menu protein dan tidak diimbangi dengan sayur-sayuran dam buah- buahan akan menyebabkan sembelit. Hal ini dapat menyebabkan tinja tertahannya lebih lama dan dapat menyebabkan kanker usus.

    Supaya usus kita anda terhindar dari berbagai penyakit dan menjaganya agar tetap sehat, lebih baik kamu menghindari antibiotik, karena antibiotik bisa mengeluarkan bakteri yang baik di dalam tubuh. Karna 50% dari antibiotik yang diberikan tidak diperlukan. Jadi sebelum kamu menggunakannya, alangkah baiknya kamu menanyakan kepada dokter apakah kamu benar- benar membutuhkannya. Anda juga bisa mengonsumsi minuman atau yoghurt probiotik karena itu juga salah satu alternatif minuman yang dikonsumsi supaya terjaganya usus.

    Selain dari makanan penyebab terjadinya penyakit di usus disebabkan oleh pola hidup kita yang tidak bagus (tidur yang tidak cukup, stres, olahraga, tidak menambah suplemen pendukung, dan yang lainnya) ucapan dari ahli die McKel Hill.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pentingnya Menjaga Kesehatan Usus
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar