Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Industri di bidang media adalah salah satu industri yang terbesar di masa sekarang ini, dengan perkembangan tersebut terjadi akibat karena ulah manusia yang semakin harus dengan namanya informasi.  Yaitu seperti industri media lainnya, tentu ada ada juga jumlah besar dari tenaga kerja yang akan menjadi penggerak industri tersebut. Tenaga kerja dari industri ini yang sangat dibutuhkan untuk industri media ini adalah wartawan.

    Kemampuan paling utama yang harus dimiliki oleh seorang wartawan yaitu menulis, karena dengan keahlian menulis wartawan tersebut sudah siap untuk terjun langsung kelapangan untuk bekerja dan membahas liputan-liputan terkini.

    Menjadi seorang wartawan tidak harus juga lulusan jurusan jurnalistik, bahkan ada juga yang bepikir bahwa perusahaan-perusahaan yang lebih cenderung dengan mempekerjakan wartawan tanpa ada latar belakang jurnalistik. Jadi apakah anda harus masuk jurusan jurnalistik, jawabannya simple yaitu tidak.

    Tetapi jika anda ingin menjadi seorang wartawan anda harus lebih profesional bekerja, dan mempelajari jurnalistik lebih mendalam karena kuliah dengan kuliah jurusan jurnalistik adalah salah satu cara yang termudah. Wartawan dengan mempunyai latar belakang jurnalistik akan lebih memahami dengan namanya kode dan sikap dari jurnalistik. Berprofesi sebagai wartawan dengan lulusan jurnalistik juga bisa mempunyai kepercayaan diri yang lebih dan juga tentunya mendalam.

    Kita semua tentunya pasti tahu bahwa jurusan kuliah jurnalistik akan menghasilkan orang-orang yang berkemampuan, akan dibutuhkan menjadi seorang bagian di dunia media. Dengan berhubungan dengan media lainnya lulusan jurnalistik tentu bisanya menjadi seorang wartawan yang akan menjadi wartawan media cetak, media online, dan juga media elektronik.

    Jurnalistik adalah sebuah kegiatan yang mengumpulkan informasi dan juga menghubungkan informasi dengan suatu kejadian dan setelah itu akan di laporkan peristiwa tersebut dengan melalui pengumpulan, seleksi informasi, penulisan, penafsiran, pemrosesan, dan juga penyebar informasi yang tersebut bisa di percaya dengan cara yang objektif dan akan diterbitkan pada surat kabar, majalah, dan juga dipublikasikan pada media online lainnya.

    Dalam dunia jurnalistik tentunya memiliki jenjang karir yang dapat dijalani oleh lulusan jurnalistik, seperti reporter, wartawan, menjadi editor, dan hingga menjadi seorang pemimpin redaksi, bahkan tentunya bisa menjadi seorang pemilik perusahaan media

    Berikut ini adalah Prospek kerja lulusan dari jurusan jurnalistik:

    1. Bidang pemerintahan

    Terlepas dari pertanyaan dari apakah menjadi PNS/ASN lulusan dari jurusan jurnalistik mampu atau bisa bekerja di bidang pemerintahan. Setiap instansi dari pemerintahan saat ini mempunyai website yaitu lembaga dari media informasi dan komunikasi. Dan adanya undang-undang keterbukaan informasi yang mewajibkan setiap lembaga negara akan membuka keran informasi untuk publik.

    1. Penulis

    Prospek kerja dari jurusan ini yaitu menulis, menulis adalah kemampuan yang sangat besar dimiliki oleh seseorang dengan lulusan jurnalistik. Karena menjadi seorang penulis bisa memilih profesi yang cenderung relatif mudah untuk lulusan tersebut, lulusan jurnalistik isa menjadi penulis buku, media online, dan lain-lainnya.

    1. Sektor swasta

    Sama dengan namanya lembaga-lembaga pemerintahan yang dimiliki website unuk mempublikasikan informasi, sektor swasta pada umumnya juga mempunyai website dan majalah internal, yaitu lulusan jurnalistik juga mempunyai peluang menjadi penanggung jawab dan aktivitas pengelolaan media tersebut.

    1. Profesi lainnya dari lulusan jurnalistik

    Ilmu yang bisa di dapatkan oleh kuliah jurnalistik bisa dipublikasikan dalam berbagai bidang yaitu di bidang bisnis, konsultan media, politik dan lain-lain.

    Nah, dari ke empat dari Prospek kerja jurusan jurnalistik diatas menyimpulkan bahwa semangat yang diminati oleh anda tidak akan surut dikarenakan pendapat-pendapat mengatakan bahwa menjadi seorang jurnalistik akan bermasa depan suram, apapun prospek kerja yang anda pilih adalah tujuan anda untuk menjadi komitmen yang lebih baik.(Adam)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar