Kenali Tanda dan Gejala Kanker Pankreas

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Diambil dari Mayo Clinic, 1 dari 10 penyakit kanker pankreas disebabkan oleh faktor keturunan. Akan tetapi, risiko terjadinya kanker pankreas terhadap anda bisa terjadi atau bisa meningkat pada usia 50 tahun ke atas, Perokok, dan atau yang memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti diabetes, infeksi, pylori, tekuk kambung, dan pankreatitis kronis.

    Apabila tidak ditindak lanjuti atau diobati, kanker bisa menyebar dengan sangat cepat pada tubuh kita dan pembuluh darah yang ada di sekitarnya. Karna dari itu, kamu harus mengenali berbagai tanda dan gejala kanker pankreas sejak sekarang untuk mendapatkan pengobatan lebih cepat dan tidak terjadi kesalahan yang sangat fatal.

    Gejala Kanker Pankreas Yang Mungkin Terjadi

    Kanker ini kadang ia tidak menimbulkan gejala apapun pada awalnya sehingga sulut untuk ditentukan kalo anda mengalami penyakit tersebut. Gejala dari kanker ini biasanya kanker sudah masuk pada stadium lanjut, dan apabila sel kanker sudah menyebar  pada organ atau bagian dan sel tubuh, gejala kanker bis berbeda dan tergantung pada jenisnya.

    Gejala Kanker Pankreas Adenokarsinoma

    Kanker ini merupakan kanker yang terbuat di saluran pankreas dan menyerang kelenjar eksokrin. Kalenjar ini merupakan kalenjar yang memproduksi dan mengeluarkan zat ke permukaan epitel dengan cara melewati saluran.

    Gejala Kanker Pankreas Karsinoma :

    1. Sakit perut dengan ditandai dengan nyeri tumpul pada perut atas. Rasanya nyerinya bisa menyebar dengan cepat hingga ke punggung. Gejala ini memiliki sifat kambuhan atau akan terjadi lagi, bisa datang dan pergi begitu saja dan hal ini sering terjadi.
    2. Perut kembung. Kalo yang ini terdapatnya tumor pada pankreas yang menyebabkan perut terasa tidak nyaman dan mudah kembung, dan sangat mudah merasa kenyang. Dan juga terjadi mual dan muntah.
    3. Penyakit kuning ( jaundice). Sel kanker bisa menyumbat aliran empedu dalam darah. Pada saat ini kondisi tubuh seperti mata dan kulit akan berubah menjadi kuning. Dan warna urin pun akan menjadi gelap. Terdapat gejala lainnya adalah gatal-gatal dan feses berwarna terang.

    Ketika sudah menyebar, gejala kanker ini  akan mempengaruhi seluruh tubuh yang meliputi :

    • Turunnya berat badan
    • Rasa tidak nyaman
    • Hilangnya selera makan
    • Gula darah meningkat karena kemampuan pankreas untuk menjalankan insulin terganggu.

    Gejala kanker Pankreas Neuroendocrine ( tumor sel islet)

    Kanker ini merupakan jenis kanker yang menyerang kelenjar produsen hormon. Kanker ini disebut tumor sel islet atau tumor neuroendocrine. Gejala kanker ini hampir menyamai dengan kanker pankreas adenokarsinoma, seperti sakit perut, berkurangnya berat badan hingga mual dan muntah. Hormon yang dilepaskan oleh tumor sel islet bisa juga menyebabkan beberapa gejala.

    • Insulinoma ( kelebihan insulin ), dengan tanda berkeringat, cemas, pusing, dan pingsan akibat gula darah rendah.
    • Glukagonoma ( kelebihan glukagon ) dengan tanda diare, haus yang berlebihan, sering buang air kecil, dan berat badan yang berkurang drastis.
    • Gastrinoma ( kelebihan Gastrin ) dengan tanda mudah sakit perut seperti maag, namun mengeluarkan darah, dan berat badan yang berkurang drastis.
    • Somatoststinsmo ( kelebihan somatostatin ) dengan ditandai sering diare, perut nyeri, fases berlemak dan baunya busuk, dan penurunan berat badan.
    • VIPomas ( kelebihan Putida usu vasoaktif ) dengan tanda sering diare, sakit perut, dan wajah berwarna kemerahan.

    Semua gejala kanker tersebut yang muncul bisa menyamai gejala banyak penyakit lainnya . Karna dari itu, apabila kamu mengalami gejala-gejala diatas, sebaiknya kamu pergi ke dokter atau rumah sakit untuk pemeriksaan dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Kalau anda menunda pemeriksaan dan pengobatan, anda bisa membuat tubuh anda menjadi lebih parah dan menyulitkan pengobatan yang dilakukan.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kenali Tanda dan Gejala Kanker Pankreas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar