Bandung di Guncang Gempa 9 Skala Richter

Daftar Isi

    Foto: Wahana Rumah Gempa di Floating Market Lembang

    LancangKuning.Com, Bandung - Pernah membayangkan berada di sebuah ruangan yang digoyang gempa berkekuatan 9 Skala Richter? Kalau mau coba sensasinya, traveler mesti liburan ke Bandung.

    Buat Anda yang penasaran, ada satu wahana di Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang menghadirkan sensasi guncangan gempa dari 5 hingga 9 SR. Wahana edukasi itu bernama Rumah Gempa.

    Rumah Gempa merupakan sebuah ruangan simulasi yang terletak di Kota Mini, Floating Market. Cirinya, bangunan luar wahana ini berbentuk seperti rumah yang retak.

    Di sini pengunjung masuk ke dalam sebuah ruangan seluas 3x5 meter yang didekorasi mirip dengan ruangan di rumah, lengkap dengan meja, kursi dan lampu gantung.

    Sebelum simulasi dimulai, pemandu wahana akan menjelaskan tata cara keselamatan dan kekuatan gempa apa saja yang akan dirasakan pengunjung.

    "Nanti kita akan merasakan gempa seperti yang terjadi di Aceh hingga Myanmar," ujar pemandu wahana, melansir dari detik.

    Simulasi pun dimulai, pada goncangan 5 SR tampak ekspresi pengunjung masih datar. Namun, saat masuk ke 9 SR, jeritan dari pengunjung tak tertahankan. Lampu dan vas bunga yang berada di atas meja bergoyang kencang.

    Untuk menambah kesan nyata, pengunjung juga dihadapakan dengan layar yang menampilkan benda-benda berjatuhan, selaras dengan goncangan yang dirasakan pengunjung.

    "Deg-degan pas masuk ke delapan SR, baru pas masuk ke 9 SR jadi membayangkan dulu bagaimana paniknya kawan-kawan di Aceh, jadi lebih menghargai dan dapat pengetahuan juga," ujar Viryal Fairuz (18), pengunjung wahana.

    Untuk masuk ke wahana ini, pengunjung cukup membayar Rp 25 ribu dan membayar Rp 20 ribu untuk masuk ke kawasan wisata Floating Market.

    "Memang agak pusing juga, tapi 'worthed' karena menambah pengetahuan juga dari video yang ditampilkan," katanya. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bandung di Guncang Gempa 9 Skala Richter
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar