Jokowi Resafle Mentri Jilid II, Berikut Mentri yang dimaksud

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Presiden Jokowi akan melantik 13 mentri yang berhasil mendepak mentri lainnya. Sesuai rencan presiden pelntikan akan dilakukan hari ini, Rabu (27/7/2016) sekitar pukul 14.00 do istana Negara. Dari berbagai sumber yang ada, akan ada sembilan nama baru yang akan masuk ke dalam cabinet kerja jokowi. Dan ada empat mentri yang berpindah posisinya.

    Berikut nama mentri yang dimaksud,

    1. Budi Karya Sumadi

    Menduduki posisi Menteri Perhubungan yang menggantikan Ignasius Jonan. Di mana sebelumnya adalah Menteri Perhubungan, ia saat ini juga merupakan Direktur Utama Angkasa Pura II.   

    2. Archandra Tahar

    Archandra Tahar mendapatkan posisi sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Yang mana Archandra menggantikan sudirman said Mentri ESDM sebelumnya.

    3. Airlangga Hartarto

    Airlangga Hartarto menjadi pengganti saleh husin di posisi mentri perindustrian. Ia merupkan representasi dari Partai golkar

     4. Prof. Muhajir

    Prof. Muhajir seorang mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Menggantikan anis baswedan sebagai mentri Pendidikan Nasional

    5. Eko Putro Sanjoyo

    Eko Putro Sanjoyo seorang politisi partai kebangkitan bangsa (PKB). Menggantikan Marwan Jafar –rekan partainya-, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Desa, dan Transmigrasi.

    6. Asman Abnur

    Asman Abnur adalah representasi dari Partai Amanat Nasional. Yang akan Asman dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menggantikan, pengganti mentri Yuddy Chrisnandi

    7. Sri Mulyani Indrawati

    Sri Mulyani mendapat posisi Menteri Keuangan, menggantikan bambang brodjonegoro. Sri mulyani pernah berkiprah di direktur pelaksana bank dunia.

    8. Enggartiasto Lukita

    Enggar adalah politisi Partai Nasdem, dan juga seorang pengusaha. Mendapat posisi Menteri Perdagangan. Menggantikan Thomas Lembong yang kini menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

    9. Wiranto

    Wiranto, ketua umum partai Hanura, mendapatkan jabatan sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan yang menggeserkan Luhut Binsar Pandjaitan.

    10. Sofyan Djalil

    Sofyan mendapatkan kepercayaan kembali menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional. Yang menggantikan Ferry Mursidan Baldan.

    Sebelum mendapat posisi baru ini, Sofyan menjabat sebagai Kepala Bappenas. Jabatan itu didapatnya juga hasil dari reshuffle jilid I. Pada pembentukan kabinet di awal pemerintahan Jokowi, Sofyan sempat didaulat menjadi Menteri Koordinator Perekonomian.

    11. Thomas Lembong
    Tom Lembong akan bergeser posisi menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), menggantikan Franky Sibarani. Dimana sebelumnya, Thomas menjabat sebagai Menteri Perdagangan. Dia masuk ke dalam kabinet saat reshuffle jilid I pada bulan Agustus 2015. 

    12. Franky Sibarani
    Kepala BKPM itu kini diangkat menjadi Wakil Menteri Perindustrian (posisi baru).

    13. Luhut Binsar Pandjaitan
    Luhut akan didaulat menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman, menggantikan Rizal Ramli. Sebelumnya ia menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Dia juga sempat menjadi Kepala Staf Presiden pada masa awal pemerintahan Jokowi.

     

    Sumber : Kompas.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jokowi Resafle Mentri Jilid II, Berikut Mentri yang dimaksud
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar