Kopi, Buah, dan Sayuran Ampuh Tangkal Kanker Payudara

Daftar Isi

     
    Foto: Ilustrasi. Konsumsi kopi, buah, dan sayuran dapat mengurangi risiko kanker payudara. (Barn Images)
     
     
    LancangKuning.Com, JAKARTA -- Mengonsumsikopi, buah, dan sayuran baik untuk kesehatan. Secara lebih spesifik, konsumsi kopi, buah, dan sayuran dapat mengurangi risiko kanker payudara.
     
    Penelitian terbaru dari University of Navarra dan University of Jaen di Spanyol, menemukan bahwa kopi, buah, dan sayuran dapat melindungi tubuh dari kanker payudara pascamenopause. Kandungan asam fenolik yang ada di dalamnya ampuh melawan sel kanker.
     
    Asam fenolik banyak ditemukan dalam berbagai makanan nabati seperti biji-bijian, blueberry, buah jeruk, gandum, dan beras. 
     
    Mengutip The Independent, penelitian yang dipresentasikan di European Congress on Obesity ini menganalisis hubungan asam fenolik dan kanker payudara pada 11.028 perempuan. 
     
    Peneliti memeriksa asupan asam fenolik pada setiap perempuan selama 12 tahun. Selama itu, peneliti menemukan 101 kasus kanker payudara. Para perempuan itu juga diminta untuk melaporkan asupan konsumsi makanan mereka.
     
    Hasilnya, peneliti menemukan orang yang mengonsumsi jenis asam klorogenik yaitu asam fenolik yang terjadi secara alami dan banyak terdapat di kopi, buah, dan sayuran, memiliki penurunan risiko kanker payudara paling tinggi yakni 65 persen.
     
    Sementara orang yang mengonsumsi asam hidroksisinamat tertinggi, bentuk asam fenolik lainnya, mendapatkan manfaat penurunan risiko kanker payudara sebesar 62 persen dibandingkan dengan yang mengonsumsi asam fenolik paling sedikit.
     
    "Asupan yang tinggi dari asam hidroksikinamat, terutama dari asam klorogenik, hadir dalam kopi, buah-buahan dan sayuran, dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara pasca-menopause," kata peneliti. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kopi, Buah, dan Sayuran Ampuh Tangkal Kanker Payudara
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar