Prospek Kerja Jurusan Perminyakan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bagi yang tertarik  dengan hal yang berbau alam dan suka Travelling. Jurusan Teknik Perminyakan bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Banyak juga yang menyukai dengan jurusan Perminyakan ini dikarenakan Prospek kerja yang begitu luas. Lulusan dari Perminyakan ini biasanya mempunyai penghasilan yang begitu banyak di dunia pekerjaan. 

    Salah satunya di Amerika, lulusan Teknik Perminyakan ini rata  – rata dapat mempunyai  penghasilan sekitar $120.000 / tahun. Walaupun masih banyak yang ragu terhadap jurusan ini, karena mengingat sumber daya minyak di Indonesia ini terbatas. Akan tetapi, hal tersebut sangatlah tidak benar. Sumber daya minyak ini sangat banyak dibutuhkan dari jurusan Perminyakan, supaya dalam mencari sumber daya minyak akan meningkat.

    Dalam mengambil jurusan Perminyakan ini, terdapat beberapa kemampuan diri yang perlu dikembangkan. Dikarenakan Jurusan Perminyakan ini sering memperbarui ilmu. Dalam Jurusan Teknik Perminyakan ini biasanya yang dipelajari adalah tentang Fisika dan juga Kimia serta teknik dasar dalam mengambil Konsentrasi. Di dalam dunia pekerjaan, di haruskan untuk dapat bekerja sama di dalam tim, membuat laporan serta proposal, dan kemampuan dalam komunikasi juga harus baik. Berikut ini Prospek kerja Jurusan Perminyakan, antara lain :

    Ahli Geologi

    Dalam hal ini harus melakukan pencarian minyak tanah dan juga gas alam dengan mempelajari bentuk batuan dan potongan situs pengeboran, agar mudah untuk menganalisis hasil survei geologi, peta lapangan dan juga studi Seismik.

    Insinyur Pengeboran

    Operasi pengeboran ini pada umumnya menghabiskan biaya yang lumayan banyak. Karena tantangan bagi Insinyur ini yaitu bagaimana cara mengoperasikan Pengeboran supaya lebih Ekonomis. Maka dari itu, kerja ini bekerja sama dengan Kontraktor Pengeboran untuk mengkonfirmasikan lokasi dan juga prosedur yang sangat Efisien.

    Reseirvoir Engineer

    Dalam sebuah Perusahaan selalu berusaha untuk membawa minyak hingga kepermukaan, agar mendapatkan keuntungan yang besar. Oleh karena itu, Reservoir ini bekerja sama dengan Insinyur Produksi untuk melakukan penelitian tekanan dan juga Distribusi cairan di lapangan sehingga sesuai dengan apa yang diinginkan.

    Petroleum Landman

    Sebelum pengeboran dilakukan, perusahaan harus mendapat izin dari pemilik tanah. Hal ini adalah termasuk tanggung jawab dari Petroleum Landman. Untuk itu, secara jelas, pihak perusahaan yang bekerja haru mendapatkan  izin dari Pemerintah untuk sama – sama dalam menegosiasikan petani, Peternak, maupun yang memilki tanah sekitar (Pemilik tanah). Selain itu juga, yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini yaitu kemampuan dalam berkomunikasi antar sesama, Negosiasi serta penelitian.

    Well – Log Analyst

    Walaupun sebelum, sesudah maupun selama dalam pengeboran minyak, Well-Log Analyst ini bertanggung jawab dalam memperoleh sampel inti serta menganalisa potensi diri dari sampel tersebut. Selain itu juga, bertanggung jawab untuk menafsirkan data yang dapat direkomendasikan.

    Safety Engineer

    Dalam pekerjaan ini seseorang yang bekerja bertugas untuk memastikan keselamatan seseorang dalam melakukan pekerjaan pada Pertambangan Minyak dan juga gas. Safety Engineer ini biasanya mempelajari keselamatan kerja serta memastikan proyek agar bisa berjalan dengan apa yang diinginkan.

     Energy Economist

    Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk menganalisis kondisi bisnis serta mengembangkan strategi keuangan demi tercapainya keberhasilan di sebuah  Perusahaan. Pekerjaan di bidang ini harus mengerti keuangan maupun minyak bumi.

    Tenaga Pengajar

    Selain itu juga, lulusan dari Perminyakan ini juga bisa menjadi tenaga pengajar( Dosen). Selain Dosen dapat juga mengajar di sebuah Perusahaan yang berhubungan dengan perminyakan maupun pertambangan. 

    Wirausaha

    Setiap lulusan jurusan apa pun pasti bisa menjadi seorang pengusaha. Seorang lulusan perminyakan ini juga bisa menjadi seorang pengusaha yang sangat sukses. Misalnya slah satu usaha yang mengenai tentang minyak. (Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Jurusan Perminyakan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar