Tips Tetap Bugar Bekerja Saat Puasa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tetap bugar saat berpuasa  adalah hal yang diinginkan setiap orang, apalagi jika ia seorang pekerja. Dalam bekerja, kita harus tetap semangat walaupun sedang berpuasa. Ketika berpuasa, sahur sama halnya dengan sarapan pagi. Makan sahur berfungsi untuk menjaga sumber energy kita agar tidak habis ketika berpuasa.

    Dalam sahur, kita harus menyeimbangi sumber energy yang kita konsumsi. Asupan karbohidrat, lemak, serat dan vitamin harus seimbang agar puasa berjalan lancar walaupun sedang bekerja. Perbanyak makan sahur agar sistem pencernaan kita tetap lancar.

    Tanpa berlama-lama, kami akan memberitahu tips tetap bugar bekerja saat puasa :

    1. Sahur

    Hal ini merupakan hal yang wajib anda lakukan jika tidak ingin lemas saat puasa. Walaupun sahur tidak diwajibkan, namun untuk anda yang ingin tetap fit saat puasa rasanya harus sahur. Sahur membantu anda untuk menjalankan aktivitas seperti biasa. Agar kenyang lebih lama, anda bisa mengonsumsi nasi, gandum atau oat. Jangan lupa menyeimbanginya dengan makanan berserat sepertii yang ada di sayur dan buahan.

    1. Atur jumlah dan jenis makanan

    Ketika sahur, kita harus pandai memilih makanan yang cocok untuk berpuasa. Jika anda salah-salah, makan akan sangat berpengaruh bagi  puasa anda. Mengatur jumlah atau porsi makanan juga sangat penting. Jika terlalu banyak makan dalam sahur, kemungkinan anda akan merasa ngantuk ketika sedang bekerja.

    Untuk menghindari itu, maka kamu harus mengatur jumlah dan jenis makanan yang kamu konsumsi. Ini berguna untuk membuat badan kamu agar terasa sehat dan bugar serta nyaman ketika beraktivitas.

    1. Perbanyak konsumsi air putih

    Selama berpuasa, kita akan kehilangan cairan tubuh. Untuk memenuhi itu semua, kita harus perbanyak konsumsi air putih. Sebaiknya anda konsumsi 8-12 gelas pada sahur dan berbuka. Banyak minum air putih berfungsi untuk menjaga konsentrasi pada saat bekerja.

    1. Olahraga ringan

    Puasa bukanlah penghambat untuk tidak olahraga. Jika anda hanya dikantor duduk seharian dan anda lakukan setiap hari tanpa ada kegiatan lain, itu akan membuat badan kalian terasa lemas. Untuk menghindari itu, bisa dilakukan olahraga ringan.

    Olahraga ringan ini bermanfaat untuk membakar kalori dan juga menghilangkan rasa stres serta menyegarkan badan.

    1. Istirahat

    Pada saat bulan puasa, waktu kita untuk tidur lebih sedikit disbanding bulan biasa. Pada bulan puasa, anda bangun jam 3 atau 4 untuk melaksanakan sahur. Paling tidak sahur sekitar 1 sampai 2 jam sekaligus menjalankan solat subuh. Tentu itu akan memakan waktu yang mengurangi waktu tidur anda.

    Waktu tidur anda sangat terbatas pada bulan puasa ini. faktanya kekurangan tidur dapat menyebabkan kinerja otak yang melambat. Hindari tidur terlalu larut untuk hal yang tidak penting.

    1. Hindari sinar matahari saat siang hari

    Pada saat berpuasa, sinar matahari saat siang hari akan terasa menyuruh kita untuuk berbuka. Namun, itu bukanlah suatu penghalang dalam berpuasa. Untuk itu hindarilah sinar matahari pada siang hari. Tak hanya itu, kulit kamu pun akan terasa kusam dan kering.

    1. Jaga kesehatan

    Menjaga kesehatan sangat penting, apa rasanya ketika sedang berpuasa tapi kita malah sakit. Mau tidak mau kita harus tidak puasa. Hindari makanan yang tidak sehat dan cepat saji.

    Bekerja saat puasa merupakan hal yang tidak bisa dihindari, jadi tetap semangat menjalani ibadah puasa.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Tetap Bugar Bekerja Saat Puasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar