Tips Berpuasa untuk Penderita Diabetes

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berpuasa adalah ibadah yang wajib dilakukan di bulan ramadhan. Tak hanya bulan ramadhan, pada bulan-bulan biasa juga ada puasa yaitu puasa sunnah, berbeda dengan puasa di bulan ramadhan yang wajib dilaksanakan. Namun akan menjadi sedikit hambatan jika anda menderita suatu penyakit tertentu, seperti diabetes. Pengidap diabetes harus mengatur jenis makanan, jumlah kalori pada makanan, dan harus menjadwalkan kapan harus makan demi menjaga kadar gula dalam darah.

    Pengidap diabetes boleh berpuasa dengan syarat harus menjaga dan mengatur pola makan saat menjalankan puasa. Penting untuk mengatur pola makan pada saat berpuasa. Anda harus memilih makanan yang dapat membantu mengisi dan menstabilkan gula darah anda.

    Diabetes bisa mempengaruhi sel yang ada di tubuh, jantung, otak, ginjal, pembuluh darah, dan saraf. Kerena hal itu, diabetes harus diobati dengan jangka yang panjang agar gula darah terkontrol.

    Kadar gula darah pada saat berpuasa adalah tidak lebih dari 100mg/dl, pada saat 2 jam setelah makan adalah kurang dari 140 mg/dl.

    Untuk dapat berpuasa agar lebih semangat dan optimal, kami akan memberikan tips puasa untuk penderita diabetes yang harus anda perhatikan :

    1. Hubungi dokter

    Kamu harus mengkonsultasikan ini kepada dokter kamu. Pada penderita diabetes tipe 1, biasanya tidak dianjurkan berpuasa oleh dokter, tetapi jika fase 2 diperbolehkan puasa dengan syarat mengikuti aturan yang diberikan dokter.

    1. Makan dan minum dengan porsi pas

    Konsumsilah makanan dan minuman dengan jumlah yang pas pada saat sahur dan berbuka puasa. Ini harus dijadikan perhatian anda terus selagi berpuasa. Makan dan minum yang cukup dapat membantu anda beraktivitas dengan normal karena memiliki persediaan tenaga yang optimal. Jangan juga makan dengan berlebihan karena itu hanya memicu kadar gula darah untuk naik.

    1. Makan yang mengandung banyak serat

    Konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat, contohnya sayur, nasi merah, buah atau oatmeal. Ini sangat direkomendasikan dikarenakan serat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Tak hanya itu, serat juga dapat membantu anda untuk mengontrol gula darah.

    1. Jangan langsung berbaring

    Ketika selesai makan, jangan biasakan langsung tidur atau baringan. Usahakan anda duduk bersantai dulu. Jangan mengonsumsi karbohidrat kompleks secara bersamaan.

    1. Konsumsi protein

    Tak hanya serat, anda juga harus mengonsumsi banyak protein pada makanan. Daging, tahu, tempe, ikan dan susu yang bebas lemak sangat baik dikonsumsi agar nutrisi yang anda terima dapat membantu anda kuat menjalankan puasa.

    1. Minum air putih lebih banyak

    Saat sahur, banyaklah minum air putih. Begitu juga pada  saat berbuka puasa. Air putih dapat bermanfaat untuk menstabilkan gula darah.

    1. Hindari gorengan

    Jangan makan gorengan. Makanan yang cara pembuatannya digoreng tidak dianjurkan bagi pengidap diabetes. Hal ini dikarenakan gorengan mengandung banyak lemak jahat. Apabila kamu tetap mengkonsumsinya, kamu bisa berisiko terkena penyakit jantung.

    1. Pantau gula darah

    Hal ini perlu rutin kamu laksanakan untuk menjaga kadar gula tetap stabil. Pada saat kamu berpuasa, kadar gula yang berada di darah akan turun drastis yang dapat menyebabkan kamu pingsan atau komplikasi.

    1. Memperhatikan dosis obat-obatan yang dikonsumsi

    Jika anda seorang penderita diabetes yang sedang melakukan pengobatan, anda harus memperhatikan dosis obat yang digunakan. Ada obat-obatan yang diperbolehkan dikonsumsi dan juga tidak jika anda melakukan puasa. Obat jenis SGLT2 contohnya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Dosis yang digunakan umumnya diturunkan dari biasanya. Jika pengobatan pada saat berpuasa tidak dilakukan dengan tepat, anda bisa terkena komplikasi yang sangat berbahaya bagi anda.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Berpuasa untuk Penderita Diabetes
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar