Tips Puasa Bagi Ibu Hamil Trimester Pertama

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Puasa pada saat ibu hamil muda boleh saja dilakukan oleh ibu. Akan tetapi bagaimana dengan kandungan sang ibu dan bagaimana kondisi kehamilan yang masih di trimester pertama?

    Ibu Hamil Membutuhkan Nutrisi Di Awal Kehamilan

    Di trimester awal kehamilan dari usia kandungan 1-13 minggu pada umumnya ibu hamil sering mengalami masalah dan keluhan yang sudah biasa dialami oleh ibu. Diantaranya mual-mula, muntah, lemas, pusing, dan ibu hamil masih terus beradaptasi dengan berubahnya hormonal yang sedang terjadi.

    Mual atau muntah sering di alami pada ibu hamil, sehingga hal tersebut secara berlebihan pada trimester awal dan menyebabkan kurangnya nutrisi yang masuk kedalam tubuh ibu. Karena nutrisi yang cukup adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kandungan pada bayi. hal yang sangat di butuhkan pada ibu yaitu janin di awal masa pembentukan, pertumbuhan dan penyempurnaan organ tubuh sang ibu.

    Sebenarnya puasa pada iu hamil tidak ada pantangannya, walaupun pada umumnya ibu hamil tidak diwajibkan untuk berpuasa dan boleh menggantinya ketika ibu merasa tidak sanggup dan khawatir akan terjadi sesuatu pada kandungannya.

    Sebelum puasa saat hamil, konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan.

    Dari beberapa sumber menyatakan bahwa puasa yang paling aman dilakukan pada saat usia kandungan dari 4-7 bulan. Kurang dari usia 4 bulan dikhawatirkan kandungan rentan terhadap keguguran, sedangkan usia lebih dari 7 bulan biasanya hal yang sering dirasakan yaitu, kelelahan dan membutuhkan makanan yang lebih.

    Kekurangan cairan dan dehidrasi akan menyebabkan kontraksi, oleh sebab itu apabila ibu hamil sedang berpuasa dan mengalami kontraksi dan mengalami keluhan, sebaiknya sang ibu segera ke dokter untuk mencari pertolongan.

    Kekurangannya cairan atau dehidrasi yang akan menyebabkan kontraksi, oleh karena itu ketika ibu hamil berpuasa setelah itu akan terjadi kontraksi atau keluhan lain, jika hal itu terjadi segeralah berhenti berpuasa dan segeralah pergi ke dokter untuk mencari pertolongan.

    Berikut ini adalah tips aman puasa saat hamil trimester pertama

    1.  Atur kecukupan gizi yang akan di konsumsi sang ibu, meskipun hanya yang didapatkan adalah 50% protein, 10-15% lemak sehat, dan jangan lupakan asupan vitamin dan mineral.
    2. Selalu perhatikan kenaikan berat badan sang ibu sebelum dan ketika sedang berpuasa, karena dengan turunnya berat badan akan mengakibatkan resiko pada janin. Pertahanan berat badan dan lakukan konsultasi dengan dokter sesuai jadwal.
    3. Rutin memeriksa kehamilan untuk mengetahui janin agar bisa beradaptasi dengan asupan nutrisi di bulan puasa.
    4. Ketika berbuka pilihlah menu yang tepat ketika berbuka dan sahur dan bermanfaat agar perkembangan janin terjaga dengan baik.
    5. Aturlah kesehatan dengan baik sehingga tidak akan menimbulkan stres dan mengganggu kesehatan pada ibu yang sedang hamil.
    6. Jika kondisi tidak memungkinkan jangan lanjutkan puasa karena ketika puasa sering kali mengalami muntah-muntah, mual, pusing, lemas dan lain-lain.
    7. Batasi makanan dengan rasa yang memiliki cita rasa manis, karena makanan yang memiliki cita rasa yang manis akan meningkatkan kadar gula darah pada tubuh. sehingga menurun saat menjalani ibadah puasa dan kadar gula darah akan turun drastis.
    8. Batasi makanan berlemak tinggi sebaiknya ibu hamil harus menghindari makanan seperti. Gorengan, donat, cake, pizaa, kulit ayam, daging berlemak. Agar lebih terjaga sebaiknya ganti makanan yang mengandung lemak yang baik seperti, kacang, alpukat, minyak ikan, keju, ikan dan lain-lain.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Puasa Bagi Ibu Hamil Trimester Pertama
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar