Tips Untuk Mencegah Berat Badan Naik Saat Berpuasa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Puasa semestinya bisa saja menjadi waktu yang tepat untuk anda menurunkan berat badan. Namun, ada saja orang yang mengeluhkan soal berat badan mereka saat berpuasa walaupun waktu makannya hanya dua kali sehari. Naiknya berat badan seseorang biasanya karena kebiasaan makan kalap yang manis-manis dan gorengan saat berbuka puasa. Lantas bagaimanakah cara mencegah berat badan agar tidak naik pada saat puasa?

    Bisakah mencegah berat badan naik saat puasa?

    Benar, Berat badan naik karena banyaknya jumlah kalori yang masuk dari makanan yang dikonsumsi lebih besar daripada yang dibakar pada saat beraktivitas, maka untuk mencegahnya anda perlu memperhatikan betul pola makan dan aktivitas badan anda selama berpuasa.

    Aturan Pola Makan saat Sahur dan Berbuka

    Berbuka puasa memang dianjurkan untuk makan yang manis-manis untuk mengembalikan energi dengan cepat. Namun, hal ini juga berpengaruh terhadap kenaikan berat badan jika diterapkan setiap hari selama bulan Ramadhan. Makanan dan minuman manis itu tidak memberikan rasa kenyang sehingga kita bakal terus mengkonsumsinya, dan tanpa disadari anda telah kelebihan asupan kalori di tubuh anda. Hal itu belum termasuk jika kita mengkonsumsi gorengan yang mempunyai banyak kalori serta dengan melanjutkan dengan makan nasi yang memiliki porsi besar. Coba bayangkan berapa kalori anda yang masuk pada saat berbuka puasa?

    Untuk mencegah naiknya berat badan, disarankan anda untuk tetap mengontrol asupan kalori yang masuk saat sahur dan berbuka puasa. Makanlah sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan.

    Beberapa hal yang dapat anda lakukan pada saat sahur dan berbuka untuk mencegah naiknya berat badan saat berpuasa yaitu:

    1. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi yang manis-manis walaupun berbuka dengan yang manis sudah dianjurkan agar energi yang sudah habis saat berpuasa bisa balik lagi dengan cepat.

    2. Kurangilah mengkonsumsi gorengan atau makanan yang mengandung banyak minyak. Berbuka dengan gorengan memanglah lezat namun hal ini perlu dihindari mengingat banyaknya kalori yang dikandung dalam gorengan.

    3. Konsumsilah makan yang mengandung sumber karbohidrat pada saat sahur dan berbuka, seperti roti dan nasi . Dan lebih baik lagi jika anda mengkonsumsi karbohidrat yang kompleks, karbohidrat ini biasanya memiliki lebih banyak serat yang berguna untuk mempertahankan energi serta anda akan kenyang lebih lama. Sehingga anda tidak akan makan berlebih.

    4. Konsumsilah makan dengan sumber protein, antara lain ikan, ayam, daging, serta telur. Dan akan lebih baik apabila dimasak dengan metode kukus, rebus, dan dibakar, sehingga kalori yang ada tidak bertambah banyak. Protein membantu kita merasa kenyang dengan lebih lama.

    5. Konsumsilah makanan yang mengandung sumber vitamin dan mineral, contohnya yaitu sayuran dan buah buahan. Dengan lima porsi sayuran dan buah buahan saat sahur dan berbuka puasa yang sesuai dengan yang dianjurkan, sehingga membuat kita akan mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat dalam waktu sehari.

    6. Dengan membatasi konsumsi minuman manis, seperti es teh manis, dan es sirup. Tanpa disadari, hal ini memiliki banyak sekali kalori berlebih yang masuk kedalam badan anda.

    7. Nah yang terakhir batasi juga minum minuman yang berkafein, seperti kopi dan minuman bersoda. Mengkonsumsi minuman berkafein bisa membuat tubuh anda berisiko dehidrasi karena kafein akan membuat tubuh anda kehilangan cairan lebih banyak.

    Aktivitas Fisik

    Sebaiknya bermalas malasan karena alasan berpuasa tidak dianjurkan, selain kita harus mengontrol asupan makan, berolahraga saat puasa juga dapat membantu anda dalam mempertahankan berat badan

    Akan tetapi, pilihlah waktu yang pas untuk melaksanakan olahraga pada saat berpuasa. Anda bisa berolahraga ringan setelah habis sahur, sebelum berbuka atau setelah sholat tarawih.

    Saat berpuasa, anda bisa saja berolahraga dengan tingkat intensitas yang cukup ringan sampai sedang, seperti jalan santai, berenang, bersepeda, yoga, atau Tai chi. Hindari berolahraga dengan tingkat intensitas yang berat biar tubuh tidak berisiko kelelahan serta dehidrasi.(Raihan)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Untuk Mencegah Berat Badan Naik Saat Berpuasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar