Waspadai Efek Perang Dagang AS-China bagi Indonesia, Ini Kata Darmin

Daftar Isi

    Foto: Istimewa

    LancangKuning.Com, JAKARTA -  Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan dampak memanasnya tensi perdang perdagangan antara Amerika Serikat (AS) versus China tidak hanya akan dialami oleh Indonesia tetapi juga dunia.

    Seperti diketahui hubungan AS-China tengah memanas seiring tudingan Presiden Donald Trump bahwa China telah melanggar komitmen negosiasi perdagangan.

    "Kalau soal Trump dan China, itu urusannya dunia bukan cuma Indonesia. Artinya, kalau Trump kan kadang-kadang enggak bisa diduga, tapi intinya kalau mereka bisa menyelesaikan perang dagang ini, semua akan lebih baik, dunia akan normal. Kalau tidak, ya akan ada tekanan bagi dunia, tidak hanya bagi Indonesia," kata Menko Darmin di Jakarta, Kamis (9/5) dikutip dari IDX Channel.

    Diungkapkan Darmin, akan masih menunggu perundingan yang akan dilakukan oleh beberapa negara mengenai kenaikan tarif impor. Sebelumnya AS mengancam bakal kembali menerapkan tarif tinggi bea impor terbaru terhadap produk-produk asal China senilai USD200 miliar yang mulai berlaku Jumat ini apabila negosiasi AS dan China menemui titik buntu.

    "Orang kita belum tahu seperti apa persisnya ini semua. Kita tunggu aja dulu. Jangan ditebak-tebak deh. Yang jelas sekarang ini ekonomi dunia sedang melambat dan bisa melambat lagi kalau dia (Trump) menaikkan tarif ke China,” jelasnya.

    Selain itu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menekankan, Indonesia selalu mewaspadai perkembangan ekonomi global imbas kelanjutan konfiik dagang AS dengan China, yang bisa mempengaruhi ekonomi dalam negeri.

    "Kita melihat perekonomian Amerika Serikat positif dan di sisi lain terjadi pelemahan di negara-negara Iain (emerging markets) semakin terlihat, kita harus semakin waspada." pungkas Sri Mulyani. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Waspadai Efek Perang Dagang AS-China bagi Indonesia, Ini Kata Darmin
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar