Beberapa Tips Agar Tetap Fit Selama Berpuasa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bulan Ramadhan telah datang. Saatnya bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia menjalani ibadah dengan kewajibannya, berpuasa selama sebulan penuh. Saat berpuasa, tubuh yang tidak mengonsumsi makanan dan minuman tentu akan terasa lemas dan lesu. Seakan tidak punya energi untuk melakukan  aktivitas bahkan jatuh sakit karena tidak terbiasa.

    Namun, tenang saja! Karena, ada berbagai macam cara agar tubuh tetap fit atau semangat saat melakukan puasa sebulan penuh. Selain kamu mengonsumsi makanan yang sehat, kamu juga bisa berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh.

    Nah, kami mempunyai informasi tentang cara agar tubuh tetap fit saat berpuasa.

    1. Utamakan Makanan Yang Berserat, Hindari Pedas Dan  Berminyak

    Sebagai sumber energi bagi tubuh yang fit, kamu sangat butuh mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat saat sahur dan berbuka puasa. Makanan yang mengandung serat juga memakan waktu yang lama untuk diserap sehingga rasa lapar pun bakal tertunda. Dan hindari makanan pedas dan berminyak agar lambung tidak bekerja keras mencerna makanan.

    2. Perbanyak Minum Air Putih

    Aktivitas selama berpuasa mungkin menguras tenaga, makanya kamu wajib mengonsumsi air putih baik saat sahur maupun berbuka puasa. Air putih bisa menetralisir bakteri organisme pada luka di lambung. Selain itu, air putih juga bisa membersihkan dan mendorong sisa makanan yang menempel pada dinding lambung.

    3. Cukup Istirahat

    Saat kamu beraktivitas sambil berpuasa, tubuh kamu bekerja 2x lebih keras dari pada biasanya. Tidur selama 6 hingga 8 jam di malam hari dapat mengembalikan energi yang terkuras. Jika sempat, kamu juga bisa melakukan tidur singkat selama 10-15 menit di siang hari agar dapat memulihkan kesegaran tubuh anda. Misalnya, saat di perjalanan berpindah tempat wisata ke tempat yang lainnya.

    4. Mengkonsumsi Multivitamin

    Terkadang, makanan sehat saja belum cukup lho. Kamu dapat menambahkan konsumsi multivitamin sebagai simpanan energi tambahan. Untuk wanita, kamu bisa memilih multivitamin yang banyak mengandung asam folat dan zat besi, sedangkan untuk pria yang banyak mengandung vitamin dan mineralnya lebih tinggi.

    5. Jangan Memaksakan Tubuh

    Satu hal yang sangat penting dilakukan untuk membantu penurunan berat badan adalah dengan cara berolahraga. Namun, di saat kamu sedang puasa, alangkah lebih baik kalau kamu mengurangi berolahraga tersebut. Kamu dapat menggantinya dengan jalan sehat atau jalan santai, atau melakukan olahraga ringan di tempat gym 15 menit sampai setengah jam sebelum berbuka puasa. Kalau tetap memaksakan tubuh saat puasa, kamu bakal merasa kelelahan, lemah dan justru bisa menimbulkan potensi cedera, lho.

    6. Menjaga Pola Makanan Sehat

    Setelah melakukan beberapa hari puasa, kemungkinan besar dan berat badan kamu akan berkurang dengan sendirinya. Tapi, kamu harus mengetahui kalau penurunan berat tubuh ini belum tentu terjadi secara terus menerus. Supaya berat badan tetap stabil dan tidak berkurang dan tubuhmu tetap sehat, kamu tetap perlu menjaga pola makanan agar sesuai dan tidak berlebihan.

    7. Makan Secara Beraturan

    Ketika kamu berbuka puasa telah tiba, biasakanlah untuk memakan makanan secara beraturan. Hal ini bertujuan untuk sistem pencernaan kamu agar tidak kaget, apalagi kamu langsung mengonsumsi makanan yang berlemak dalam porsi yang besar. Alangkah baiknya kamu memakan makanan yang ringan, seperti buah-buahan, setelah beberapa saat, kamu bisa memakan makanan utama dengan porsi yang secukupnya. kamu juga bisa mengimbanginya dengan menambahkan dengan berbagai macam jenis sayuran hijau pada menu sahur dan berbuka puasa. Makanan seperti sayuran hijau, buncis, dan asparagus bisa membantu membakar lemak dalam tubuh, menambah cairan, bayam, brokoli yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Jadi, puasa dan dietnya tetap lancar.

    8. Tetap Beraktivitas Dan Berolahraga

    Lemas dan Lelah sih, tapi memang harus dilaksanakan. Beraktivitas dan berolahraga saat berpuasa memiliki berbagai manfaat. Salah satunya mengusir bau mulut dan menyehatkan tubuh. Bagaimana caranya? Begini, saat tubuh kita berolahraga, dan tubuh kamu keringat mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Hal ini ternyata juga akan menyeimbangi bau mulut dari gas negatif yang berlebihan di siang hari. Jadi, beraktivitas dan berolahraga lah jelang menunggu waktu berbuka puasa.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Beberapa Tips Agar Tetap Fit Selama Berpuasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar