Tips Ampuh Menghindari Rasa Kantuk Saat Sholat Tarawih

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sholat Tarawih merupakan salah satu cara untuk mendapatkan amalan yang sangat istimewa pada saat bulan suci ramadhan. Sholat ini dikerjakan di malam hari pada waktu selesai sholat Isya. Karena merupakan amalan yang sangat istimewah, tak heran jika banyak orang berbondong bondong menuju masjid/musholla untuk melaksanakan sholat tarawih ini.

    Berhubung Sholat Tarawih ini dilaksanakan pada malam hari, tentu saja ada orang yang merasa ngantuk pada saat pelaksanaan sholat ini, sehingga tak sedikit orang yang tertidur atau kehilangan kontrol tubuhnya. Hal ini bukanlah perkara  yang nikmat pada saat melaksanakan sholat Tarawih. Dan juga, sholat dalam keadaan terkantuk-kantuk bisa saja mengurangi nilai ibadah kita karena kita sudah tidak khusyuk lagi. Hal ini tidak boleh dianggap sepele karena kita sedang berhubungan dengan sang maha pencipta.

    Rasa kantuk ini sesungguhnya mempunyai nilai yang baik dalam kehidupan kita ini. Rasa kantuk juga sebagai tanda atau pengingat bahwa sudah waktunya untuk beristirahat. Dengan adanya rasa kantuk tadi membuat kita tertidur untuk memulihkan tenaga kita.

    Rasa kantuk yang datang secara tiba-tiba datang apalagi pada saat kita melaksanakan sholat taraweh sudah menjadi masalah tersendiri bagi kita. Lantas bagaimana mengatasi rasa kantuk pada saat sholat tarawih.

    Mari kita cari tahu penyebabnya

    Rasa Kantuk ini berlangsung karena beberapa sebab, yakni rasa kantuk alami atau yang datang pada saat kita benar-benar butuh istirahat. Dan, rasa kantuk yang datang pada saat kita melakukan kegiatan produktif. Rasa kantuk yang datang secara tidak tepat itu disebabkan karena lelahnya tubuh akibat aktivitas yang berat, juga disebabkan oleh penyakit ataupun kekenyangan.

    4 Tips yang Sangat Ampuh Agar Kita Tidak Mengantuk Pada Saat Shalat Tarawih

    1. Niat dan Tekad

    Karena kurangnya niat dan tekad , ini juga bisa menjadi penyebab mengantuk pada saat sholat tarawih. Oleh karena itu, marilah kita tanamkan di dalam diri kita masing-masing untuk membulatkan niat dan tekad.

    Niat dan tekad akan hadir ketika kita memahami apa yang sedang kita perbuat, dengan mengetahui keutamaan dari sholat tarawih akan membuat kita semangat untuk melaksanakannya, sehingga niat dan tekad tertanam dengan sendirinya

    1. Berdoa Kepada Allah dari Godaan Setan

    Siapa sangka di bulan suci ramadhan ini masih ada yang namanya setan. Juga di dalam hadis sudah dikabarkan bahwa rasa ngantuk yang Allah berikan ketika kondisi karunia yang datang dariNya, dan rasa ngantuk yang melanda ketika sholat itu datangnya dari setan.

    Mari kita lebih sering untuk menyebut taawud yaitu Doa berlindung dari Setan ketika kita melakukan sholat. Karena bisa saja rasa ngantuk yang melanda kita itu datangnya dari setan.

    1. Berwudhu diantara Pergantian Sholat Tarawih

    Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kita untuk selalu khusyuk ketika melaksanakan sholat, disarankan kita mengambil wudhu di saat kita mulai mengantuk. Dengan kita berwudhu kita akan menjadi lebih segar dan rasa kantuk akan hilang dengan sendirinya.

    1. Istirahat yang Cukup serta Menyederhanakan dalam Berbuka

    Manfaatkan waktu istirahat kita dengan lebih efisien agar kita tidak kelelahan, dan juga usahakan jika tidak ada kegiatan yang bermanfaat lebih baik tidur saja supaya besoknya tidak mengantuk. Jika pada saat siang hari merasa lelah dengan aktivitas kita maka lebih baik istirahatlah sejenak supaya lebih fokus pada saat melaksanakan tarawih di malam harinya.

    Makan terlalu banyak juga merupakan salah satu penyebab yang paling sering dijumpai bagi mereka yang mengantuk pada saat sholat tarawih. Oleh karena itu, jika kamu tidak ingin mengantuk, maka sebaiknya sederhanakanlah pada saat berbuka puasa agar perut kamu tidak penuh, maka udara akan lebih bebas masuk dan oksigen akan tersalurkan ke otak dengan baik

    Itulah beberapa tips ampuh untuk menghindari rasa kantuk pada saat sholat tarawih. Semoga bermanfaat.(Raihan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Ampuh Menghindari Rasa Kantuk Saat Sholat Tarawih
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar