Tips Puasa Agar Berat Badan Tetap Ideal

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Selain harus menjaga berat badan tetap ideal pada saat puasa. Kalian juga harus bisa tampil prima pada saat bulan puasa. Jadi saya akan berbagi tips supaya kalian bisa menjaga berat badan dan kondisi badan tetap prima.

    1. Sahur dan buka dengan makanan yang penuh dengan protein dan kaya serat.

    Karena tubuh akan butuh waktu yang lama dalam mencerna makanan. Jadi kalian tetap bisa prima dalam menjalankan ibadah puasa. Dan makanan yang kayak protein dan serat ini juga bisa menambah nafsu makan kalian.

    1. Hindari makanan yang manis-manis

    Sering kita lihat kalau orang berbuka puasa dengan yang manis-manis, tapi sebaiknya makan-makanan yang manis kita hindari karena tubuh akan menyimpannya sebagai lemak dan kalian akan jadi gagal diet.

    1. Berolahraga

    Walaupun kalian berpuasa tapi kalian harus tetap berolahraga. Karena kalau kalian berolahraga pada saat bulan puasa malah akan lebih efektif untuk diet atau menjadi lebih ideal.

    1. Perbanyak Minum Air

    Sebaiknya kalian minum air 8 gelas setiap hari pada bulan puasa. Karena dengan banyak meminum air putih pada bulan puasa itu akan menambah metabolisme tubuh sampai dengan 30% jadi metabolisme tubuh akan membakar lemak.

    1. Hindari makanan berminyak saat sahur dan berbuka

    Makanan berminyak sering kali menjadi menu pembuka pada saat sahur ataupun pada saat berbuka. Karena itu kalau bisa cobalah untuk memakan kacang-kacangan untuk menu pembuka pada saat sahur maupun pada saat berbuka.

    1. Tidur Cukup

    Karena selama bulan puasa kita banyak kegiatan jadi waktu tidur pasti berkurang. Karena kurang tidur bisa menambah nafsu makan.

    1. Harus menjaga porsi makan

    Walaupun kalian berpuasa tapi pada saat sahur dan berbuka jangan terlalu banyak makan atau menjaga porsi makan kalian pada saat berbuka dan sahur. Untuk menjaga pola makan gunakanlah piring yang kecil supaya kalian bisa mengurangi pola makan.

    1. Tetap makan sayur-sayuran dan buah

    Selama bulan puasa kalian harus makan buah atau sayur karena tubuh selama 12 jam tidak mendapatkan apa-apa. Jadi kalo kalian tidak makan buah dan sayur maka bisa menyebabkan kalian sakit.

    1. Batasi gula

    Kalau kalian ingin makan makanan manis terlebih dahulu sebelum buka puasa silahkan saja tapi ingat jangan terlalu berlebihan.

    1. Jangan tidur setelah sahur

    Bangun tidur di saat sahur memang berat dan susah. Tapi sebaiknya jangan tidur lagi setelah sahur karan itu bisa menumpuk lemak di dalam badan, jadi sebaiknya kalian pada malamnya jangan begadang supaya tidak tidur lagi setelah sahur.

    1. Memakan kurma

    Kalian bisa berbuka dengan 1 atau sampai 3 biji kurma, setelah itu barulah kalian solat dan setelah baru kalian makan makanan berat.

    1. Hindari makanan yang berkarbohidrat yang tinggi

    Pada saat makan malam kalian bisa memilih makanan yang lebih baik. Contohnya sup daging dan jika kalian memilih makanan yang tinggi karbohidratnya maka itu akan membuat kalian cepat merasa lapar.

    1. Minuman sehat saat sahur

    Sebaiknya saat sahur kalian tidak hanya meminum air putih tapi bisa juga meminum jahe, susu atau sejenisnya yang lebih sehat.

    1. Perhatikan konsumsi gula

    Karena gula dapat mengembalikan kadar gula di darah. Tapi kalian jangan terlalu berlebihan dalam mengkomsumsi gula karena bisa menambah berat badan.(Ridwan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Puasa Agar Berat Badan Tetap Ideal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar