Tips Agar Puasa Lancar Saat Menyusui

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Puasa Merupakan salah satu termasuk rukun Islam dan kewajiban bagi setiap muslim. Puasa Ramadhan ini sangat ditunggu oleh umat Islam salah satunya pada Ibu Menyusui. Walaupun dalam kondisi menyusui. Akan tetapi ibu yang sedang menyusui tetap bersemangat dalam menjalankan ibadah Puasa Ramadhan. Tetapi, ada beberapa kesulitan dalam berpuasa untuk ibu menyusui. Agar ibu Menyusui tetap lancar dalam melakukan Ibadah puasa, berikut ini Tips agar puasa tetap lancar pada saat, antara lain :

     Tidak melewatkan atau menunda Waktu Sahur

    Ibu yang sedang menyusui ini sangat dianjurkan untuk melakukan sahur. Dikarenakan ibu yang sedang menyusui ini harus memiliki nutrisi lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak menyusui, maka hal itu sangat penting untuk menambah Stamina dalam berpuasa.

    Makan Makanan yang Mengandung Gizi

    Bukan hanya sahur saja, ibu yang sedang menyusui ini juga harus sahur dengan menggunakan makanan yang mengandung gizi. Selain mengandung gizi, harus juga makan makanan yang mengandung serat, protein, Vitamin maupun Kalsium agar dapat menambah Nutrisi pada saat puasa bagai ibu hamil dan dapat membantu kelancaran ASI dan dapat memenuhi Kebutuhan Nutrisi pada Janin.

    Harus memperbanyak minum air puih

    Bagi Ibu yang sedang menyusui ini harus banyak mengkonsumsi air putih supaya ASI tetap lancar sehingga puasa pun dapat berjalan dengan baik. Maka dari itu, Ibu yang sedang menyusui ini harus banyak mengkonsumsi air putih pada sahur maupun berbuka Puasa. Air Putih tersebut berfungsi untuk memenuhi kebutuhan Cairan.

    Mengkonsumsi Susu

    Agar kebutuhan pada Ibu yang sedang Menyusui ingin terpenuhi, sebaiknya Ibu yang menyusui harus mengkonsumsi susu Pada saat sahur. Dikarenakan susu ini mengandung banyak nutrisi yang sangat penting untuk diperlukan bagi Ibu yang sedang menyusui.

    Harus memperbanyak mengkonsumsi Buah buahan   

    Ibu yang sedang menyusui ini sangat dianjurkan untuk menkonsumsi buah-buahan pada saat puasa agar puasa tetap lancar. Karena buah ini juga dapat membantu ketebalan tubuh agar tidak lemah dalam berpuasa.

    Mengkonsumsi Kurma pada saat Sahur Maupun Berbuka Puasa

    Kurma ini sangat baik untuk dikonsumsi Ibu yang sedang menyusui. Dikarenakan Kurma ini mengandung Karbohidrat yang sangat tinggi sehingga bisa menggantikan Energi pada saat puasa. Berbuka dengan Kurma ini juga termasuk salah satu sunnah Rasulullah.

    Mengkonsumsi Madu

    Madu ini sangat baik bagi Ibu yang sedang Hamil terutama pada Ibu yang sedang menyusui. Selain Kurma, Madu ini juga dapat menggantikan energy yang telah hilang pada dan mampu membangkitkan lagi energy atau stamina pada saat Puasa.    

    Istirahat yang cukup

    Ibu yang sedang menyusui ini harus menjaga waktu tidurnya supaya tetap bisa melakukan puasa dengan baik dan lancar.

    Perbanyak Doa

    Supaya ibadah Puasa berjalan dengan lancar, sebaiknya perbanyaklah berdoa kepada Allah agar diberi kemudahan dan juga kelancaran dalam berpuasa.

    Tidak memaksakan diri

    Ibu yang sedang hamil ataupun menyusui sebaiknya tidak boleh memaksakan diri dalam berpuasa. Apabila tidak mampu melakukan puasa maka jangan berpuasa lagi.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Agar Puasa Lancar Saat Menyusui
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar