Ibu Menyusui Boleh Puasa, Asal Memenuhi Syarat Ini

Daftar Isi

    Foto: Pada saat berpuasa di Bulan Ramadhan, tubuh memerlukan asupan nutrisi lebih banyak dan yang pasti bergizi. Begitu pula dengan ibu menyusui yang ingin berpuasa. Foto: iStock


    LancangKuning.Com, Jakarta - Pada saat berpuasa di Bulan Ramadhan, tubuh memerlukan asupan nutrisi lebih banyak dan yang pasti bergizi. Begitu pula dengan ibu menyusui yang ingin berpuasa.

    Dokter gizi dr Jovita Amelia, MSc, SpGK memperbolehkan ibu menyusui jika ingin ikut berpuasa. Namun ada syaratnya, yaitu memenuhi asupan air lebih banyak dari orang lain sekitar tiga liter per hari.

    Baca Juga: Pilihan 5 Menu Sahur Sehat untuk Ibu Menyusui yang Berpuasa

    "Kualitas ASI nggak berubah, tapi kuantitas bisa berubah. Sahur dan buka harus dipenuhi (asupan airnya) untuk mempertahankan jumlah ASI lebih banyak. Cuma cairan harus cukup 3 liter," ujarnya saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, dilansir dari DetikHealth.

    Agar kualitas ASI juga tetap baik, ibu harus tetap mengonsumsi makanan-makanan bergizi seperti karbohidrat kompleks, seperti gandum utuh. Disertai juga dengan protein baik hewani maupun nabati, kemudian lemak sehat yang berasal dari ikan atau kacang-kacangan.

    "Makanan pas sahur iya, tinggi serat, karbohidrat kompleks biar bisa menahan lapar lebih lama," imbuh dr Jovita.

    Selain itu, asupan sayur dan buah pun harus rutin dikonsumsi setiap sahur dan berbuka agar kebutuhan vitamin dan mineral tubuh terpenuhi dan kualitas ASI tetap baik. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ibu Menyusui Boleh Puasa, Asal Memenuhi Syarat Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar