Pilihan 5 Menu Sahur Sehat untuk Ibu Menyusui yang Berpuasa

Daftar Isi

    Foto: Freepik

    LancangKuning.Com - Saat menyusui dan memutuskan untuk tetap berpuasa, Mama perlu lebih ekstra memerhatikan pilihan menu saat sahur dan berbuka. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi dan mineral dalam tubuh Mama akan tetap seimbang.

    Ingatlah bahwa selama menyusui, tubuh Mama memerlukan asupan nutrisi guna memproduksi air susu ibu (ASI).

    Baca Juga: Kurma Bisa Menunjang Kecantikan Selama Puasa

    Dengan begitu, agar Mama tidak jadi lemas dan produksi ASI tetap lancar, yuk pilih menu sahur yang lebih sehat. Berikut Popmama.com rangkum rekomendasi menu sahur sehat untuk ibu menyusui yang berpuasa:

    1. Nasi Merah Campur Sayuran

    Supaya kebutuhan energi Mama tetap terpenuhi dan tubuh jadi tidak lemas seharian berpuasa, saat sahur jangan lupa mengonsumsi makanan tinggi energi dan serat. Di antaranya seperti roti gandum atau nasi merah.

    Sumber karbohidrat kompleks ini padat energi dan kaya akan serat lho, Ma. Sehingga sangat baik untuk dijadikan olahan menu sahur.

    Apabila kebutuhan energi Mama tetap terjaga, Mama akan lebih kuat berpuasa dan produksi ASI tetap lancar. Yuk coba membuat Nasi Merah Campur Sayuran ini, Ma!

    Bahan-bahan:

    Beras merah 150 gram, cuci dan tiriskanBawang merah 2 buah, iris tipisBawang putih 1 siung, iris tipisCabai hijau keriting, potong-potongCabai merah, potong-potongWortel 1 buah, iris tipis memanjangBuncis 50 gram, potong sesuai seleraMargarin secukupnyaGaram dan merica secukupnya

    Cara membuat:

    Masak beras merah menjadi nasi, kemudian sisihkan. Panaskan margarin di wajan, tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu dan wangiMasukkan cabai hijau dan cabai merah, aduk kembaliTambahkan wortel dan buncis, aduk sampai sayuran matang dan berubah warna. Masukkan nasi, garam dan merica. Tentukan sampai rasanya pasAduk-aduk kembali sampai matang seluruhnya, sajikan hangat

    2. Ikan Gurame Asam Manis

    Selain karbohidrat, konsumsi menu berprotein juga penting bagi kesehatan tubuh Mama selama menyusui. Terutama untuk proses pergantian fungsi sel yang maksimal.

    Protein bisa didapat dari lauk hewani seperti daging sapi, daging ayam, telur, susu dan daging ikan. Nah, jika Mama punya daging ikan, yuk diolah dengan cara sederhana tapi tetap enak.

    Salah satunya adalah Ikan Gurame Asam Manis. Siapkan bumbu saus asam manis simpel seperti bawang putih, bawang merah, cabai, saus tomat, tepung kaji dan cuka, Mama pun bisa mengolahnya menjadi makanan lezat. Intip resepnya di PopMama.com ya ma!

    3. Bubur Kacang Hijau

    Tak cuma dari lauk hewani, protein tinggi juga bisa Mama dapatkan dari kacang-kacangan dalam bentuk utuh. Misalnya dari kacang kedelai, kacang hijau atau kacang merah.

    Nah, agar asupan protein nabati Mama dapat terpenuhi dalam waktu singkat, lebih baik menu ini dikonsumsi setelah ibadah tarawih atau sebelum makan menu utama sahur, ya.

    Olahan simpel yang bisa Mama buat salah satunya adalah Bubur Kacang Hijau. Yuk coba membuatnya!

    Bahan-bahan:

    Kacang hijau 250 gram, cuci bersih dan rendam di air matang selama 1 jamAir 2 literGula merah 100 gram, cincang halusSantal kental 150 mlGula pasir 4 sendok makanGaram secukupnyaJahe 2 cm, geprekDaun pandan 2 lembar

    Cara membuat:

    Setelah kacang hijau direndam, rebus dengan 1,5 liter air sampai matang dan empuk, kemudian sisihkanMenggunakan sisa 500 ml air, rebus gula merah dan gula pasir. Setelah larut dan mendidih, tuang larutan gula ke air rebusan kacang hijau dengan menggunakan saringanRebus kembali kacang hijau, masukkan daun pandan dan santan. Aduk rataTerakhir, masukkan jahe dan sedikit garam. Aduk sampai santan berbusa. Setelah rasanya pas, bubur kacang hijau siap disajikan

    4. Jus Wortel Apel Lemon

    Komposisi utama dari ASI adalah cairan. Oleh sebab itu, saat sahur Mama tak boleh lupa minum air putih. Konsumsi juga buah-buahan yang mengandung tinggi air. Ini akan membantu Mama memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa.

    Buah-buahan yang baik dikonsumsi saat sahur untuk ibu menyusui di antaranya lemon, apel, buah beri, jeruk, semangka dan melon.

    Selain dikonsumsi langsung, buah-buahan ini juga bisa Mama olah menjadi jus segar. Agar manfaatnya lebih maksimal, segera habiskan jus setelah dibuat ya, Ma. Yuk buat Jus Wortel Apel Lemon segar untuk menu sahur!

    Bahan-bahan:

    Wortel 400 gram, kupas, cuci dan potong kecil-kecilLemon, kupas kulitnyaApel 1-2 buahMadu secukupnya

    Cara membuat:

    Potong-potong kecil semua buah, kemudian masukkan seluruhnya ke dalam juicer. Proses sampai mencapai kehalusan yang pas, segera minum saat sudah jadiApabila dirasa kurang manis, Mama bisa menambahkan sedikit madu atau menambahkan apel lagi

    5. Sayur Bening Daun Katuk

    Nah, salah satu jenis sayur yang baik juga untuk dikonsumsi ibu menyusui selama sahur adalah daun katuk. Sayuran ini mengandung vitamin A, B, C, K dan pro vitamin A (betakaroten). Selain itu, katuk juga tinggi kalsium, fosfor, zat besi dan serat.

    Seluruh komponen ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Daun katuk bahkan juga mengandung polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin, yakni hormon pelancar ASI.

    Oleh sebab itu, yuk membuat Sayur Bening Daun Katuk untuk jadi menu sahur Mama kali ini!

    Bahan-bahan:

    Daun katuk 75 gramJagung manis 70 gram, pipilTomat ¼ buahBawang merah 1 buah, iris tipisTemu kunci 1 ruas, memarkanGaram dan gula secukupnyaAir 400 ml

    Cara membuat:

    Didihkan air dalam panci, rebus jagung pipilMasukkan bawang merah, temu kunci, tomat, garam dan gula sampai jagung matang. Sesuaikan bumbu dengan selera rasaMasukkan daun katuk dan tutup selama 2 menitJika daun katuk sudah matang, segera sajikan hangat

    Nah, berbagai pilihan menu sahur sehat untuk ibu menyusui ini bisa Mama jadikan alternatif tambahan nutrisi selama berpuasa. Jangan lupa tetap minum air putih secukupnya supaya Mama terhindari dari dehidrasi, ya. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pilihan 5 Menu Sahur Sehat untuk Ibu Menyusui yang Berpuasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar