Istri Gubernur Riau Sajikan Makanan Khas

Daftar Isi

     

    Foto: Misnarni Syamsuar sedang mengikuti demo masak dalam acara Festival Jajanan Sumatera yang diselenggarakan Dispar Provinsi Riau, di Jalan Sumatera, Pekanbaru, Sabtu (27/4).

    LancangKuning.Com, PEKANBARU - Istri Gubernur Riau, Misnarni Syamsuar, menyajikan makanan khas Riau asam pedas ikan senangin dan bakwan dalam acara demo masak yang diselenggarakan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau. Demo masak tersebut dalam rangka memeriahkan acara wisata halal Jajanan Kuliner Sumatera di Jalan Sumatera, Pekanbaru yang berlangsung dari tanggal 27-28 April.

    Misnarni menyebutkan, bahwa asam pedas ikan senangin merupakan makanan khas Riau yang bisa cepat disajikan namun tetap enak ketika dimakan. Selain itu, pemilihan ikan senangin untuk dijadikan asam pedas karena ikan senangin merupakan salah satu ikan khas Riau.

    Baca Juga: Kebiasaan Kecil yang Membuat Anda Tetap Sehat dan Hidup Seimbang

    Selain ikan senangin, yang khas dari masakan Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Riau ini yaitu bumbu dan resep yang digunakannya. Ia mengatakan, khas makanan itu dari rempah dan bahan yang digunakan.

    “Ini makanan khas Riau, ikan senangin dari Riau juga. Bumbu yang kita gunakan ada bawang merah, bawang putih, cabe halus, daun kunyit, sereh, daun jeruk, daun salam, asam pipih, serta kincung yang menjadi makanan khas Riau,” katanya, Sabtu (27/4).

    Selain itu, Misnarni juga memperkenalkan bakwan. Ia menjelaskan bakwan yang dibuatnya tersebut merupakan bakwan yang "sebenarnya" bakwan. Adapun bahan yang digunakannya yaitu kentang, wortel dan buncis. Semua bahan dipotong dadu lalu dicampur tepung.

    “Ini baru bahan bakwan sesungguhnya, campuran sayur mayur seperti ini,” tambahnya.

    Istri Gubernur Riau ini juga menjelaskan apapun yang dimasaknya tidak pernah menggunakan penyedap. Ia mengganti penyedap dengan menambahkan sedikit gula pada masakannya.

    “Micin itu tidak sehat, baik kita tambahkan sedikit gula, tetap enak dan gurih,” jelasnya.

    Baca Juga: Fashion Show Busana Daur Ulang Ramaikan Penutupan Vegan

    Misnarni menambahkan, Gubernur Riau Syamsuar sangat menyukai asam pedas ikan. Ia juga mengaku sering masak asam pedas khas Riau tersebut.

    “Suami suka sekali dengan asam pedas, jadi sering masak itu,” tutupnya. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Istri Gubernur Riau Sajikan Makanan Khas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar