Buah Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes Melitus

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Diabetes adalah sebuah kondisi dimana kadar gula darah mengalami ketidak stabilan pada tubuh manusia. Banyak yang mempengaruhi ketidak stabilan kadar gula darah di dalam tubuh salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi. Biasanya para pengidap diabetes mempunyai pantangan – pantangan terhadap makanan yang mereka konsumsi, makanan yang dijadikan pantangan biasanya merupakan makanan yang mengandung gula dimana salah satunya adalah makanan pokok masyarakat Indonesia yaitu nasi.

    Nasi adalah makanan yang banyak mengandung gula, sehingga sangat menjadi pantangan bagi pengidap diabetes. Akan tetapi tahukah kamu bahwa ada juga buah-buahan yang menjadi pantangan bagi orang-orang pengidap diabetes. Berikut adalah beberapa buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes melitus, berikut pembahasannya:

    1. Buah Melon

    Buah satu ini adalah salah satu buah yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Buah yang banyak mengandung air ini berbeda dengan buah segar yang lainnya. Jika pada buah segar biasanya memiliki kandungan vitamin dan juga serat, maka beda halnya dengan buah melon. Buah melon memiliki kandungan kandungan gula yang tinggi, sehingga bagi penderita diabetes dianjurkan untuk membatasi asupan atau tidak mengkonsumsi buah ini sama sekali.

    2. Buah Mangga

    Buah hijau yang kaya akan vitamin C dan juga serat ini juga harus menjadi pantangan bagi anda yang mengidap diabetes. selain karena kandungan gula yang tinggi, pada buah ini juga terdapat kandungan kalori yang tinggi yang akan memicu naiknya kadar gula darah pada tubuh.

    3. Buah Strawberry

    Buah yang mempunyai ciri khas berwarna merah dan berbintik ini juga wajib anda hindari, memang rasa dari buah ini tidaklah manis atau bisa dibilang rasa buah ini asam akan tetapi kadar gula buah strawberry sangatlah tinggi. Buah ini mengandung glukosa dan juga sukrosa yang sama – sama tinggi, sehingga sangat wajib anda hindari.

    4. Buah Alpukat

    Memang, ketika buah ini kita konsumsi tidak terlalu terasa rasa manis yang mendominasi yang berbeda dengan buah – buah sebelumnya. Sehingga banyak para pengidap diabetes beranggapan bahwa buah tidak berbahaya untuk mereka konsumsi. Faktanya, alpukat adalah salah satu buah yang sangat dilarang untuk dikonsumsi bagi pengidap asam urat dan juga diabetes. kandungan gula yang ada pada buah alpukat ini akan membuat kadar gula dalam tubuh sangat tidak stabil.

    5. Buah Nangka

    Buah yang mempunyai tekstur hampir mirip dengan durian ini memiliki rasa dan juga harum yang khas, membuat buah satu ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia khususnya. Biji dari buah ini juga bisa anda konsumsi dengan cara merebusnya dan setelah itu mengupas kulitnya. Namun, tahukah anda kadar gula yang terdapat pada buah ini sangatlah tinggi dan akan sangat membahayakan bagi pengidap diabetes. pada 100 gram buah nangka saja sudah terdapat 19 gram kandungan gula.

    Sekianlah artikel kali ini tentang buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh para penderita diabetes. ada baiknya buah tersebut anda hindari walau kondisi diabetes anda masih pada keadaan stabil, namun jika anda merupakan penggemar buah dan salah satu buah kegemaran tersebut ada pada daftar buah yang tidak boleh anda makan, maka anda bisa mengurangi jumlahnya untuk anda konsumsi. Jagalah kadar gula darah anda sebaik mungkin karena diabetes tetaplah penyakit yang cukup berbahaya. (Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Buah Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes Melitus
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar