Bahaya Buah Semangka

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Semangka adalah buah yang berada dari daerah gurun di afrika bagian selatan. Buah semangka ini memiliki warna merah dan memiliki rasa yang manis. Buah semangka ini memiliki 2 bentuk yaitu bulat dan lonjong dan memiliki 2 warna yaitu warna merah dan warna kuning. Buah semangka banyak mengandung vitamin diantaranya vitamin A, B6 dan vitamin c yang baik bagi tubuh. Buah semangka memiliki berat buah yang bervariasi bahkan buah semangka juga memiliki berat sampai 30 kilogram dan bisa lebihnya.

    Buah semangka selain dapat di makan secara langsung juga dapat di jadikan dan di buatkan menjadi jus semangka. Buah semangka memiliki banyak manfaat diantaranya, menjaga kelembapan kulit, anti penuaan dini, memelihara kesehatan tulang dan jantung, menangkal kanker dan masih banyak lagi manfaatnya. Selain memiliki banyak manfaat ternyata buah semangka juga memiliki bahaya jika mengkonsumsinya secara berlebihan. Di sini saya akan memberikan bahaya mengkonsumsi buah semangka jika secara berlebihan.

    1. Meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh

    Buah semangka tidak baik di konsumsi secara berlebihan oleh penderita penyakit diabetes karena buah semangka yang segar ini mempunyai kadar glikemik yang tinggi yang dapat menyebabkan kadar gula yang berada di dalam tubuh. Maka dari itu konsultasikan kepada dokter sebelum memakan buah semangka secara rutin.

    2. Menyebabkan Diare dan gangguan pencernaan

    Jika anda mengkonsumsi buah semangka secara berlebihan dapat menyebabkan diare dan dapat menimbulkan gangguan di pencernaan. Hal ini karena buah ini juga memiliki manfaat dapat membantu buang air besar dan buah semangka ini memiliki kadar air dan serat yang cukup tinggi. Selain itu, buah semangka juga memiliki kandungan gula yang dapat meningkatkan kandungan gas yang berada di dalam perut. Jadi anda harus dapat mengatur pola makan anda ketika mengkonsumsi buah semangka secara rutin.

    3. Meningkatkan risiko terjadinya inflamasi pada hati

    Selain dapat meningkatkan kadar glukosa dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan semangka juga dapat mengningkatkan terjadinya inflamasi. Jika anda mengkonsumsi alkohol maka anda harus menghindari untuk mengkonsumsi buah semangka dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini karena lycopene di dalam buah semangka dapat menimbulkan inflamasi pada hati ketika anda mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

    4. Membuat tubuh menjadi terlalu terhidrasi

    Jika kondisi tubuh anda terlalu terhidrasi merupakan kondisi yang mana kandungan air yang berada di dalam tubuh cukup banyak. Hal ini dapat menghilangkan sodium yang berada di dalam tubuh yang akan berujung pada peningkatan aliran darah. Akibatnya akan membuat tubuh kelelahan, membuat ginjal lemah dan dapat membuat kaki menjadi bengkak. Jika anda mengalami hal tersebut secara berlebihan maka konsultasikan kepada dokter supaya dokter dapat memberikan obat untuk mengatasinya.

    5. Dapat menyebabkan gangguan pada jantung

    Selain dapat meningkatkan risiko terjadinya inflamasi pada hati, buah semangka juga dapat menyebabkan gangguan pada jantung. Buah semangka mengandung kalium yang berguna dan baik bagi pertumbuhan tulang. Kandungan kalium yang terlalu banyak dapat menimbulkan berbagai macam masalah pada jantung. Akibatnya akan membuat detak jantung yang tidak biasa dan dapat membuat denyut nadi yang melemah.

    Itulah bahaya yang dapat di timbulkan ketika mengkonsumsi buah semangka secara berlebihan dan juga perlu di perhatikan supaya tidak memakan dengan bijinya karena semangka memiliki banyak biji yang di kandungnya.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bahaya Buah Semangka
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar