Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Biaya kuliah yang tinggi saat sekarang membuat banyak orang berfikir dua kali untuk kuliah. Sebagai anak kamu harus bisa membantu orang tua untuk biaya kuliah dengan mendapatkan beasiswa. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa. Pemerintah menyediakan banyak beasiswa yang bisa kamu dapat untuk jenjang kuliah. Untuk mendapatkan beasiswa ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Untuk itu kamu bisa mempraktikkan beberapa tips berikut ini untuk memperoleh beasiswa.

    1. Bertanya kepada guru atau staf TU di sekolah

    Untuk mengetahui ada atau tidak peluang untuk beasiswa kamu bisa bertanya kepada guru atau staf TU yang da di sekolah kamu. Biasanya mereka mengetahui ada atau tidaknya beasiswa yang bisa kamu peroleh untuk kuliah.

    1. Mencari info dari teman atau saudara

    Apabila kamu mempunyai teman atau saudara yang sedang mendapatkan kuliah gratis atau beasiswa kamu bisa bertanya kepada mereka. Karena mereka sudah mempunyai pengalaman mendapatkan beasiswa. Kamu bisa menanyakan secara langsung atau menggunakan alat komunikasi.

    1. Menangkan perlombaan di Universitas terkait

    Tidak hanya mencari informasi beasiswa kamu juga bisa memperoleh beasiswa dengan cara mengikuti dan juara lomba yang diselenggarakan oleh Univesitas. Terdapat beberapa universitas yang menyediakan beasiswa seperti UI dan ITB.

    1. Menguasai bahasa Inggris dengan baik

    Apabila kamu ingin kuliah keluar negeri dan mendapatkan beasiswa kamu bisa memperolehnya dengan menguasai bahasa inggris. Karena untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri kamu harus memiliki skor TOEFL yang cukup tinggi paling bawah 500.

    1. Menentukan pilihan Universitas

    Saat ingin mengajukan beasiswa pastikan bahwa universitas dan jurusan sesuai dengan apa yang kamu minati. Karena jika kamu salah jurusan maka kuliah akan terasa berat untuk kamu lalui. Jadi pertimbangkan jurusan sesuai dengan minat kamu.

    1. Mengusakan masuk kampus ikatan dinas

    Kamu juga bisa mendapatkan beasiswa dengan masuk ke kampus ikatan dinas seperti STIS, IPDN, STSN, dan STAN. Di kampus ikatan dinas tidak hanya menawarkan beasiswa namun kamu juga bisa langsung bekerja. Kampus ikatan dinas ini sangat disarankan untuk kamu coba.

    1. Mendaftar beasiswa bidikmisi

    Untuk kamu yang ingin kuliah diploma 1-4 dan S1 pemerintah sudah menyediakan beasiswa kuliah gratis yang dikenal dengan nama bidikmisi. Beasiswa ini akan kamu dapatkan selama kamu kuliah, dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Selain kuliah gratis dengan beasiswa bidikmisi ini kamu juga mendapatkan uang saku setiap bulan.

    1. Melengkapi semua persyaratanUntuk mendapatkan beasiswa biasanya banyak persyaratan yang harus kamu penuhi. Ini akan menguras waktu dan tenaga kamu untuk mengurus

    persyaratan yang diperlukan. Untuk memperoleh beasiswa yang kamu inginkan kamu harus memenuhi persyaratan yang ada.

    1. Menyiapkan diri dengan baik untuk tes

    Setelah kamu lolos seleksi berkas kamu harus mempersiapkan diri dengan baik untuk tes. Tes biasanya berupa tes tertulis dan wawancara. Sebelum tes berlangsung pastikan kamu menguasai tes yang akan diujikan.

    1. Berkata jujur

    Pada dasarnya beasiswa di berikan untuk mahasiswa yang kurang mampu. Ketika seleksi beasiswa jangan sampai ada kebohongan mengenai keadaan kamu yang sebenarnya. Jika kamu terbukti berbohong maka kamu akan ditolak untuk mendapatkan beasiswa.

    Nah itulah beberapa cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi untuk mendapatkan beasiswa saat kuliah.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar