Tips Puasa untuk Penderita Sakit Maag

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sakit maag juga disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Saat puasa Ramadhan kamu hanya makan saat sahur dan berbuka, ternyata berpuasa bisa mengurangi sakit maag, dengan makan sahur dan berbuka dengan makanan yang sehat.  Berikut ini tips puasa bagi penderita sakit maag.

    1. Wajib makan sahur

    Bagi kamu yang menderita sakit maag kamu wajib untuk makan sahur. Dengan makan sahur akan mempertahankan kenormalan asam lambung dan menghindari kembung perut saat berpuasa. Meski tidak lapar saat sahur sebaiknya kamu makan untuk menjaga asam lambung tetap normal.

    1. Akhiri waktu sahur, awali waktu berbuka

    Untuk penderita sakit maag dianjurkan untuk makan sahur di akhir waktu, sedangkan untuk berbuka saat di awal waktu. Dengan makan sahur yang lambat bisa memperpendek mempersingkat waktu berbuka. Hal ini sangat berpengaruh bagi penderita sakit maag apalagi yang kronis.

    1. Makan sahur dengan kandungan serat dan karbohidrat yang baik

    Beberapa makan yang mengandung serat yang tinggi yang bagus untuk kamu konsumsi saat sahur seperti buah pisang, oatmeal, kentang, almond, dan gandum utuh. Selain itu sebaiknya konsumsi buah kurma saat waktu puasa, ketika sahurdan berbuka. Kurma bisa mempertahankan rasa lapar lebih lama, untuk itu kurma sangat baik untuk penderita sakit maag yang ingin berpuasa penuh selama satu bulan tanpa harus terganggu oleh sakit maag yang derita.

    1. Hindari makan pedas

    Makan pedas merupakn salah satu penyebab sakit maag. Jika kamu menderita sakit maag hindari untuk mengkonsumsi makan pedas apalagi saat bulan puasa. Karena makan pedas yang mengandung lada dan merica bisa membuat perut kamu menjadi iritasi dan menurunkan fungsi dinding lambung yang sangat berbahaya untuk penderita sakit maag.

    1. Hindari mengkonsumsi kopi

    Kopi merupakan salah satu minuman yang tidak boleh diminum oleh penderita sakit maag kronis yang ingin berpuasa.Jangan minum kopi ketika sahur.Konsumsi kopi saat tidak puasa saja sudah membuat maag kambuh apalagi jika kamu puasa. kopi dapat menaikkan asam lambung dan mengganggu puasa kamu. Tidak hanya kopi teh dan soda tidak dianjurkan untuk di konsumsi saat puasa Ramadhan.

    1. Hindari tidur sesaat setelah makan sahur

    Untuk kamu penderita sakit maag tidak dianjurkan untuk tidur setelah makan sahur karena akan meningkatkan asam lambung dan akan menyebabkan mual. Bagi penderita sakit maag dianjurkan mengakhiri sahur agar bisa langsung beraktivitas bukan melanjutkan tidur.

    1. Hindari mengkonsumsi makan yang mengandung gas

    Bagi penderita sakit maag hindari makan sayur yang mengandung gas seperti kol yang akan menyebabkan asam lambung menjadi naik dan maag menjadi kambuh tidak hanya kol saja terdapat sayuran, dan buah lain yang mengandung gas seperti sawi, nangka, pisang ambon.

    1. Hindari makan yang mengandung lemak tinggi

    Bagi penderita sakit maag perhatikan makan yang di konsumsi jangan sampai memperlambat kerja lambung. Jangan konsumsi makan seperti keju, gorengan, cokelat, kue kering yang dapat mengosongkan lambung dan membuat asam lambung menjadi naik. Saat puasa kamu tidak dapat mengkonsumsi obat di siang hari maka hindarilah konsumsi makan yang mengandung lemak yang tinggi karena akan membuat maag menjadi kambuh.

    Itulah beberapa tips puasa bagi penderita sakit maag. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan agar puasa kamu menjadi lancar selama bulan Ramadhan.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Puasa untuk Penderita Sakit Maag
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar