Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Hak Pilih Saat Pemilu

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pemilu merupakan singkatan dari Pemilihan Umum adalah proses memilih orang yang akan dijadikan sebagai pengisi jabatan-jabatan politik tertentu, mulai dari Presiden, Wakil rakyat ataupun tingkat pemerintahan dan sampai pemilihan kepala desa juga. Pemilu juga bisa diartikan sebagai upaya untuk mempengaruhi rakyat secara tidak memaksa dengan adanya komunikasi massa, lobi, aktivitas retorika dan aktivitas lainnya.

    Pemilu ini memiliki tujuan diantaranya sebagai kedaulatan rakyat sebagai wujud menghasilkan pemerintahan negara yang berdasarkan atas pancasila. Selain mempunyai tujuan, pemilu juga memiliki asas-asas yang mungkin anda sudah mengetahuinya yaitu umum, langsung, bebas, rahasia, adil, dan jujur.

    Tetapi banyak sekali masyarakat yang tidak antusias terhadap pemilu dan banyak juga masyarakat yang tidak menggunakan surat suaranya. Memang itu sangat pengaruh besar jika kita tidak menggunakan hak suara kita, satu suara itu sangat berharga, begitulah kata kebanyakan orang. Mungkin ada beberapa keuntungan dan kerugian jika kita menggunakan hak suara saat pemilu

    1. Suara anak muda akan menentukan bangsa ke depannya

    Indonesia sebagian besar penduduknya adalah anak muda dan generasi milenial ini sangatlah besar jumlahnya, sehingga jika suara ini dikumpulkan maka bisa akan menentukan atau bahkan mengubah hasil akhir. Begitu juga sebaliknya jika tidak digunakan maka akan sayang sekali suara anak muda.

    1. Banyak promo untuk yang mencoblos

    Jika kamu menggunakan hak suara kamu, maka akan banyak tempat-tempat makan yang menyediakan promo bagi yang sudah menggunakan hak pilihnya, jadi sangat sayang sekali jika tidak menggunakan kesempatan ini. Tetapi anda jangan pura-pura untuk menggunakan tinta di jari anda.

    1. 5 menit akan menentukan nasib 5 tahun ke depan

    Hanya dengan waktu 5 menit menggunakan hak pilih, maka akan menentukan nasib dan sangat berdampak 5 tahun ke depannya. Karena pemimpin yang terpilih akan men jalankan masa jabatan selama 1 periode yaitu 5 tahun. Jadi gunakanlah waktumu dengan sangat bijak dan baik.

    1. Belajar Berdemokrasi

    Sebagai generasi muda, mungkin anda tidak ingin atau masih polos untuk hal politik atau memilih pemerintahan seperti ini. Namum sebagai warga negara yang baik dan telah memiliki hak suara maka itu adalah sudah menjadi hak dan kewajiban kita untuk memilih yang terbaik demi kemajuan bangsa dan negara kita.

    1. Bila anda tidak menggunakan hak suara, maka calon akan mudah mobilisasi suara

    Jika anda tidak menggunakan hak suara maka itu adalah hal yang tidak masalah, karena tidak ada denda atau saksi yang anda dapatkan. Tetapi jika kamu tidak memilih maka kamu akan bersiap siap untuk memberikan peluang kepada orang yang mobilisasi suara dan belum tentu dia itu calon yang terbaik

    1. Memilih adalah tanggung jawab anak bangsa terhadap kehidupan bersama

    Kita sudah diberikan tanggung jawab untuk memilih dan diberi tanggung jawab,sebagai bangsa yang baik kita harus menjalankannya untuk kehidupan bangsa dan negara yang lebih baik. Oleh karena itu jangan pernah menyia-nyiakan hak pilih yang sudah diberikan kepada anda, dan gunakan tanggung jawab yang sudah diberikan itu untuk bangsa dan negara kita yang lebih baik, karena suara anda sangat menentukan sekali negara kita. Dan bagi kamu bangsa yang baik gunakan lah hak pilih kamu dan jangan pernah golput apalagi untuk memilih calon pemimpin negara yang akan datang.(Nisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Hak Pilih Saat Pemilu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar