Takjil Buka Puasa Khas Padang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sama pada umumnya halnya seperti di daerah lainnya di Indonesia , saman juga halnya dengan Sumatera Barat yang memiliki berbagai macam kuliner yang mengugah selera. Tidak hanya makanan berat seperti sate padang, rendang, atau sebagai nya Padang juga memiliki kuliner yang berupa kue yang menyimpan sejumlah kekayaan yang unik. Jika anda sedang berlibur atau berkunjung di Sumatera Barat, dan pada saat bulan ramadan, cobalah kue dan takjil yang akan menjadi santapan buka puasa.

    Berikut ini adalah takjil yang dijual saat bulan puasa (ramadan).

    1. Bubur Kampiun

    Bubur kampiun ini memiliki berbagai macam varian jenis rasa, mulai dari bubur sumsum, kacang hijau, kolak candil, dan ketan hitam, kemudian disiram kuah santan dan gula merah. Karena dengan berbedanya jenis bubur tersebut, tidak heran lagi jika bubur kampiun ini cukup membuat kenyang saat berbuka puasa.

    1. Lemang Tapai

    Lemang ini bahan dasarnya adalah beras ketan dan santan kelap ayang sudah dimasak terlebih dahulu dengan menggunakan batang bambu dan di masak di atas bara api.

    Sedangkan toping atasnya, diberi tape ketan yang sudah dibuat terlebih dahulu dan bahan dasarnya adalah ketan hitam dan gula aren.

    1. Sarabi Kuah

    Sarabi kuah ini sama dengan serai buatan khas Solo ataupun Ambarawa, yang dibuat sarabi khas Minang ini mempunyai rasa yang sama dan berbentuk sama hanya olahannya saja berbeda daerah dan tempat.

    Sarabi kuah ini biasanya di makan hanya menggunakan kuah saja, dan ditemani santan kelapa manis dan ditambahkan gula aren.

    1. Lapek Bugih.

    Lapek bugih ini adalah takjil yang sering dipasarkan oleh kota Padang, lapek bugih ini atau lepat bugis yang bahan dasarnya terbuat dari beras ketan dan santan kelapa yang dibungkus menggunakan daun pisang dan dibungkus rapi berbentuk kerucut.

    Di berbagai daerah Sumatera Barat ini, lapek bugih warna pada kue tersebut akan diberi warna hijau ataupun warna merah, agar kue tersebut lebih menarik.

    1. Lompong Sagu

    Sesuai dengan sebutan lompong sagu, yang bahan dasarnya terbuat dari tepung sagu, pisang, dan gula merah, yang akan dimasak dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang. Dan dimasak menggunakan metode pembakaran.

    Dengan rasa yang gurih dan manis, lompong sagu ini mempunyai tekstur yang lembut dan tentunya akan membuat perut anda puas.

    1. Gandus

    Kue ini bisa juga dibilang dengan “talam ebi”, gandus ini dibuat bahan dasarnya yaitu campuran tepung beras, tapioka dan santan, tekstur kue ini kenyal dan warnaya putih. Dimasak dengan cara dikukus.

    1. Sala Lauak

    Sala lauak ini adalah gorengan favorit orang Minang, sala lauak ini berbentuk bulat dan bahan dasarnya adalah tepung terigu dan di campur menggunakan ikan, bumbu-bumbu dapur.

    1. Kue 8 Jam

    Kue ini proses pembuatannya menggunakan waktu selama 8 jam. Cara pembuatan kue ini mirip dengan pembuatan rendang. Yaitu kue yang dikukus di dalam dandang.

    1. Benjak Enjak

    Benjak enjak ini adalah kue buatan dari Padang. Yang dibuat dengan ketan putih, pisang raja, dan campuran gula. Kue ini di bungkus dengan daun pisang dan di kukus hingga Benjak enjak matang.

    Nah ke 9 jenis kue ini adalah takjil yang biasanya di pasarkan saat bulan puasa, bagi anda yang ingin membeli takjil ini ayo liburan sambil puasa ke Padang. Karena kue-kue khas Sumatra Barat ini lebih khas rasa dari pada kue yang biasanya.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Takjil Buka Puasa Khas Padang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar