Kuliner Khas Daerah Muara Teweh

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin dari anda para pembaca tidak terlalu kenal dengan nama Muara Taweh. Muara Taweh adalah merupakan salah satu kota yang terletak di Kalimantan Tengah, dimana kota ini menjadi ibu kota dari Kabupaten Barito Utara. Suku Dayak Taboyan dan Suku Dayak Maanyan merupakan suku asli dari Muara Taweh ini. Jika anda pergi dengan pesawat dari Jakarta akan menempuh kira-kira 2 jam perjalanan untuk menuju ke Palangkaraya, lalu dilanjutkan dengan perjalanan darat dengan waktu tempuh sekitar 8 jam.

    Jika anda ingin berkunjung ke daerah Muara Taweh ini, pasti akan kurang lengkap tanpa menikmati kuliner khas daerah satu ini. Ya, pada kali ini kita akan membahas tentang kuliner khas yang ada di Muara Taweh. Berikut adalah ulasannya:

    1. Keripik Kalakai

    Masyarakat keturunan Dayak memang sudah menetap di daerah Kalimantan Tengah sejak zaman nenek moyang mereka, karena itulah kebanyakan masyarakat di daerah ini merupakan keturunan dari Suku Dayak. Hutan adalah sumber daya Suku Dayak yang paling berguna untuk mereka bertahan hidup pada zaman dahulu. Mereka menggunakan flora dan fauna yang terdapat di hutan sebagai bahan untuk membuat rumah dan juga makanan, dan keripik kalakai ini salah satunya.

    Kalakai merupakan tanaman yang dipercaya dapat mengobati diare, menjaga kulit, dan menambah darah. Kebanyakan masyarakat sekitar mengolah kalakai menjadi cemilan seperti keripik. Untuk membuat keripik kalakai pun juga tidak terlalu sulit. Untuk membuat keripik kalakai biasanya masyarakat Kalimantan Tengah menggunakan bagian daun yang masih muda, setelah itu daun dibersihkan lalu dilumuri dengan adonan tepung bumbu, lalu setelah itu digoreng. Rasa dari kalakai ini cukup gurih dan renyah, berminat?

    2. Bangamat

    Mungkin bagi anda yang ingin mencoba kuliner yang agak ekstrim dan jarang dijual didaerah kebanyakan, maka di daerah ini anda bisa mendapatkannya. Bengamat merupakan sebuah masakan yang menyajikan daging kelelawar. Daging kelelawar yang disediakan disini sudah dibersihkan sebelum bumbu dimasak.

    Daging kelelawar yang disajikan biasanya diolah dan dimasak bersama sulur kelari, atau biasanya kita sebut dengan sayur hati batang pisang.

    3.  Kalumpe

    Makanan ini merupakan makanan khas Suku Dayak yang ada di Kalimantan Tengah. dari tampilannya, sayur ini mirip dengan daun singkong yang biasanya kita temui. Sayur kalumpe ini memang berasal dari daun singkong, hanya saja bedanya dengan olahan daun singkong yang biasa kita temui adalah daun singkong kalumpe ditumbuk hingga halus sebelum diolah dan juga disajikan.

    Kalumpe ini juga menggunakan kuah kental dari campuran bumbu rempah dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, kayu manis dan juga cabai. Lalu sebagai penyedap ditambah dengan terong. Cita rasa dari terong yang pedas dan juga asam.

    4. Juhu Umbut Rotan

    Daerah Pulau Kalimantan memang sebagian besar didominasi oleh hutan tropis yang sangat berpengaruh terhadap kulinernya. Jika biasanya kita sering mendengar rebung, di daerah ini juga terdapat makanan yang sejenis dengan rebung yaitu Juhu Umbut Rotan.

    Makanan khas satu ini menggunakan ujung rotan muda sebagai bahan utamanya. Butuh tenaga esktra untuk menghilangkan duri yang ada pada batang rotan ini. Umbu rotan biasanya dimasak menggunakan santan dan juga tanpa santan, dan biasanya penyajian dari umbut rotan ini dilakukan bersama kuliner yang lainnya seperti ikan nila bakar atau pun ikan patin.

    Itulah beberapa makanan yang bisa anda temui ketika mengunjungi daerah Muara Taweh, jadi jangan lupa untuk mencicipi makanan khas dari daerah ini ya. semoga bermanfaat!(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kuliner Khas Daerah Muara Teweh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar