Kerugian Fatal Akibat Kurang Tidur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kamu sering merasa pusing dan perasaan tidak menentu? Hal ini mungkin disebakan kulitas tidur kamu yang menurun seperti kamu kurang tidur. Kurang tidur memiliki banyak pengaruh terhadap hidup kamu seperti daya ingat, penampilan, kesehatan, bahkan bisa membuat tubuh kamu menjadi melar.

    Pada artikel ini kita akan membahas beberapa kerugian yang disebabkan oleh kurang tidur.

    1. Kecelakaan

    Kurang tidur menjadi salah satu faktor bencana terbesar dalam sejarah seperti kecelakaan nuklir di Three Mile Insland pada tahusn 1979. Kamu harus tau kurang tidur akan berdampak pada keselamatan kamu di jalan. Mengantuk saat berkendara akan mengakibatkan lambat dalam berkendara.

    Penelitian di Lembaga Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika menunjukkan kelelahan merupakan penyebab 100.000 kecelakaan mobil dan 1.500 kematian selama setahun di Amerika Serikat. Apabila kamu kurang tidur atau punya kualitas tidur yang rendah, itu akan menyebabkan kecelakaan dan cedera saat bekerja. 

    1. Konsentrasi menurun

    Tidur yang baik dan berkualitas berpengaruh pada cara pikir dan belajar kamu. Apabila kamu kurang  tidur maka banyak aktivitas kamu yang akan terganggu seperti menurunkan kewaspadaan, penalaran, konsentrasi dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Ini akan membuat belajar menjadi sulit dan tidak efisien. Tidak hanya itu tidur pada malam hari berpengaruh dalam memperkuat ingatan dalam pikiran. Apabila kamu kurang tidur, maka itu akan menyebabkan kamu sulit  untuk mengingat mengingat apa yang kamu pelajari dan apa yang kamu alami selama seharian.

    1. Masalah kesehatan serius

    Kurang tidur akan membuat kamu memiliki risiko untuk menderita beberapa penyakit seriusberikut ini:

    • Penyakit jantung
    • Serangan jantung
    • Gagal jantung
    • Detak jantung tidak teratur
    • Tekanan darah tinggi
    • Stroke
    • Diabetes

    Menurut penelitian penderita isomnia atau sulit tidur memiliki risiko untuk kesehatan.

    1. Menyebabkan Depresi

    Pada studi tahun 1997, peneliti yang berasal dari Universitas Pennsylvania melaporkan bahwa orang yang waktu tidurnya kurang dari 5 jam per hari selama tujuh hari akan menimbulkan stres, sedih, marah dan mental akan lemah. Tidak hanya itu, kurang tidur dan gangguan tidur akan menyebabkan gejala depresi. Kurang tidur akan meningkatkangejala depresi depresi akan membuat kamu kesulitan untuk tidur. Pola tidur yang baik akan membantu kamu untuk terhindar dari depresi. 

    1. Mempengaruhi kesehatan kulit

    Banyak orang mengalami kulit pucat dengan mata bengkak setelah kurang tidur beberapa malam, hal ini terjadi karena kurang tidur yang cukup lama akan mengakibatkan kulit kusam, garis halus pada wajah, dan hitam dibawah mata seperti mata panda. Jika kamu kurang tidur, maka tubuhmu akan banyak menghasilkan dan melepas hormon stres.

    1. Meningkatkan risiko kematian

    Orang yang waktu tidurnya kurang 5-7 jam sehari akan mengalami risiko kematian yang lebih tinggi akibat berbagai faktor. Keadaan tubuh yang tidak fit ditandai dengan lemas akan membuat kamu tidak bisa menilai situasi secara benar. Kamu yang kurang tidur sangat rentan terhadap penilaian yang salah ketika kamu melakukan penilaian terhadap sesuatu.

    1. Gairah seks menurun

    Kurang tidur akan menurunkan tingkat libido dan dorongan melakukan hubungan seksual pada pria dan wanita. Hal ini disebabkan oleh energi terkuras, tensi naik, dan mengantuk. Prian yang menderita sleep apnea (masalah pernapasan yang mengganggu saat tidur) kurang tidur akan menyebabkan  gairah seksual menurun.

    Itulah beberapa akibat dari kurang tidur yang bisa kamu alami. Semoga bermanfaat.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kerugian Fatal Akibat Kurang Tidur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar